12/7/16

INI ALASAN KENAPA KAMU HARUS BELANJA DI PASAR TRADISIONAL !!

          



            Kegiatan belanja merupakan kegiatan rutin yang harus kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sebagai manusia yang tidak dapat melakukan semua kegiatan produksi secara mandiri, olehkarenanya setiap orang pasti membutuhkan oranglain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya , salahsatunya adalah belanja...
        Seiring berkembangnya kebudayaan,teknologi dan strategi ekonomi marketing, dewasa ini banyak berdirinya minimarket-minimarket modern yang menawarkan inovasi blanja yang dianggap modern yaitu mengacu pada gaya belanja yang efesien baik itu untuk konsumen maupun untuk pihak pemilik minimarket karena konsumen bebas memilih dan mengambil barang yang di inginkan tanpa harus mengantri untuk di ambilkan seperti gaya warung tradisional yang memakan waktu dan pemborosan tenaga kerja.
       Tentu saja dengan gaya baru yang tampak lebih praktis dan modern ini  menjamurnya minimarket seperti Alf***rt  dan Ind***rt  membuat sebagian besar konsumen/pelanggan warung dan pasar beralih ke toko modern tersebut.
Namun dalam prosesnya banyak orang tidak menyadari bahwa ada hal-hal yang hilang ketika belanja di toko modern di bandingkan dengan di pasar.. berikut ini adalah hal-hal yang tidak akan kamu temukan di minimarket dan hanya di temukan di warung/pasar tradisional.
  • 1.       INTERAKSI yang masif, ketika anda berbelanja di pasar anda akan berinteraksi melalui percakapan misalnya saja tawar menawar, hal ini akan menumbuhkan interaksi yang masif dan apabila dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan ikatan antaera konsumen dan pedagang.
  • 2.        Terbentuknya Modal sosial.  yang dimaksud modal sosial di sini adalah perasaan saling mempercayai dan rasa saling terikat sehingga antara penjual dan pembeli memiliki semacam keterikatan emosional, keuntungan dari adanya modal sosial ini adalah pelanggan bisa saja diperbolehkan untuk berhutang ketika membawa uang yang kurang.
  • 3.       Arus informasi. dari proses interaksi salahsatunya akan menghasilkan pertukaran informasi. terlebihlagi bila anda membeli di pasar atau warung langganan banyak ibu-ibu maka informasi yang di dapat biasanya bahkan melebihi informasi FBI/CAI hahahaha tau sendiri lah emak-emak kalo ngerumpi kaya gimana.
  • 4.       Bonus dan THR, satu lagi yang pastinya tidak kamu dapatkan ketika berbelanja di supermarket / toko modern adalah bonus.
  • 5.       Pengurangan harga/ diskon tanpa harus menunggu periode tertentu atau jumlah nominal blanja tertentu melalui proses tawar menawar
  •  


        Sebenarnya masih banyak lagi manfaat belanja di pasar daripada di minimarket,  misalnya saja senyum dan sapa yang tulus tanpa terpaksa oleh hrd dan tuntutan peran pekerjaan. Akantetapi akan lebih dapat di rasakan apabila anda mencoba sendiri untuk beralih belanja di pasar, karena sebuah hal yang sulit ketika harus menjelaskan manisnya madu ketika anda tidak pernah mencobanya sendiri... okeehhh .. hidup pasar tradisional dan sampai jumpa di curhatan ga jelas lainnya...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya