4/4/17

10 trik Berjualan di Facebook agar laku keras


 10 trik Berjualan di Facebook agar laku keras.


Karna semua ada ilmunya !

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu saja yang harus kita persiapkan sebelum membuat produk adalah pasar, pasar itu senddiri dapat diartikan secara umum sebagai tempat bertemuanya penjual dan pembeli. Padamulanya pasar terjadi secara konvensional, diman pembeli dan penjual padaa suatu tempat tertentu dan waktu tertentu untuk melakukan kegiatan jual beli. Sedangkan dengan berkembangnya teknologi, pasar menjadi semakin mudah di temukan bahkan dalam jangkauan genggaman tangan kita sendiri.
Perkembangan teknologi yang pesat memang melahirkan banyak sekali modernisasi baru, salahsatu prodaknya adalah internet dan sosial media, sosial media sendiri umum juga di sebut dengan dunia maya, dimana interaksi terbentuk secara firtual, teks maupun audio, namun tidak ada interaksi secara fisik, salahsatu nya adalah Facebook. Sejak pertama di luncurkan facebok memang menarik minat banyak sekali pengguna internet untuk memiliki facebook, hingga sekarang facebook merupakan jejaring sosial yang hampir menjadi  copy an dari dunianyata itu sendiri, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa memiliki facebook.
Berkaitan dengan pasar, kita dapat memanfaatkan facebook itu sendiri sebagai sarana melakukan bisnis, salahsatunya adalah “Berjualan Online” . untuk hal tersebut bahkan facebook menyediakan fasilitas seperti grup jual beli dan fanspage yang dipadukan dengan jasa pengiklanan. Berikut ini adalah tips cara berjualan di facebook.
1.       Membuat fanspage.
Fanspage adalah sebuah halaman yang di kelola untuk kepentingan tertentu, biasanya fanspage disediakan secara gratis oleh facebook, anda juga dapat mengiklankan barang dagangan anda melalui jasa pengiklanan berbayar melalui fanspage facebook.
2.       Manfaatkan semua fitur.
Tawarkan barang dagangan anda pada semua fitur facebook, logikanya adalah semakin banyak anda menawarkan semakin banyak orang yang melihat. Misalnya saja pada status facebook dan pad chat facebok, grup dan sebagainya.
3.       Bergabunglah dengan grup yang sesuai.
Grup facebook telah di modifikasi oleh facebook dan dapat di gunakan untuk keperluan forum jual beli.  Pada umumnya jual beli yang dilakukan di facebook adalah jual beli barang bekas, manfaatkan fitur ini dengan sebaik mungkin, akantetapi anda harus pintar memilah grup sesuai dengan barang yang ingin anda jual, karna tidak akan nyambung apabila anda menjual handpone di forum otomotif.
4.       Biarkan omdo bicara.
Omdo atau singkatan dari omong doang/ wartawan biasanya seringkali muncul pada grup forum jual beli, akantetapi kesalahan yang sering dilakukan penjual adalah tidak memanfaatkan oknum ini dengan baik, biarkan semua orang berkomentar, ntah itu serius atau sekedar bertanya, seperti yang kita tahu bahwa pembeli adalah raja, dan facebook memiliki sistem diman sebuah postingan dengan komentar yang banyak akan menjadi postingan yang opuler dan semakin banyak di lihat orang lain, yang artinya barang anda berkesempatan di lihat banyak orang.
5.       Bersikap ramah.
Dalam menanggapi komentar bersikaplah dengan ramah dan menarik , usahakan gunakan bahasa yang mudah di pahami dan tanamkan kepercayaan pada pembeli.
6.       Gunakan akun asli.
Seperti yang di singgung di poin nomer 5, untuk menjadi pedagang yang baik maka kita harus membangun citra yang baik, maka gunakanlah akun asli sehingga pelanggan menjadi tidak segan untuk membeli.
7.       Manfaatkan edgrank/bangun interaksi.
edgrank adalah sistem algoritma facebook yang membuat filter tentang jangkauan postingan anda di facebok. Sederhananya apabila anda memiliki 4000 teman di facebook, maka yang biasanya lewat pada beranda anda hanya orang-orang yang anda kenal, itulah yang di sebut edrank, biasanya karena insensitas hubungan anda di facebok baik itu komen,like dan chat, oleh karena itu perluas lingkaran edrank anda.
8.       Jangan terlalu banyak posting dan manfaakan waktu tertentu.
Jangan terlalu sering memposting jualan anda. Tetapi banyaklah berkomentar seperti trik pada nomer 4.  Lebih baik posting dilakukan secara rutin pada waktu yang strategis, dimana orang-orang biasanya membuka facebook, misalnya saja pagi hari jam 6-jam 8. Siang jam 12- jam 1. Dan jam 4 sampai jam 7 malaam.
 Cukup satu postingan namun dengan banyak komentar akan lebih baik.
9.       Arahkan menuju web.
Apabila anda termasuk pembisnis serius maka buatlah sebuah web dan facebook sebagi sarana promosi nya. Ketika anda mengarahkan pembeli pada web maka pembeli akan lebih percaya dan web anda secara otomatis terpromosikan.
10.   Paca dan pahami aturan yang berlaku.
Ketika anda memutuskan untuk berjualan di grup facebook, maka pahamilah aturan yang dibuat oleh admin agar postingan anda tidak di spam dan menjadi sia-sia.

Demikian adalah beberapa tips berjualan melalui facebook, semoga bermanfaat dan apabila ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan komentar.  Selamat mencoba dan semoga sukses J
 


Please share.....  :-) 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya