11/11/17

Pesona Curug Jenggala (catatan traveler)

CURUG JENGGALA..

Banyumas ternyata memang layak di juluki sebagai surganya wisata alam, selain penduduknya yang ramah, Banyumas juga terkenal dengan objek wisata alam-nya yaitu komplek wisata Baturaden yang terletak dikaki Gunung Selamet, tapi ternyata masih banyak wisata alam yang terdapat di banyumas loh selain dari wisata  Baturaden.
Tidak jauh dari kompleks lokasi wisata baturaden teman-teman pembaca dapat dengan mudah menemukan banyak curug, misalnya saja, curug gede, curug bayan, curug telu dan curug lainnya, tapi secara khusus tulisan ini akan membahas mengenai Curug Jenggala :

Baca Juga : Curug Tonjong Majalengka fasilitas, akses dan harga tiket masuk.


LOKASI CURUG.
Curug jenggala ini terletakdi dusun Kalipagu, ketengger .Baturaden, Banyumas Jawa Tengah. Sebenarnya jika pembaca pernah berkunjung ke baturaden, lokasi curug ini searah dengan kompleks wisata baturaden tersebut, kira-kira sebelum memasuki kompleks wisata baturaden aka nada gapura kecil bertuliskan DUSUN KALIPAGU, atau untuk lebih mudah pembaca dapat bertanya dengan penduduk local di sekitar objek wisata batuaden. Lokasi curug jenggala ini tergolong dapat di katakana sebagai paket lengkap dan sangat strategis, Karena lokasinya yang melewati Curug gede, dan curug bayan membuat para pembaca yang sedanng berlibur dapat menikmati semuanya sekaligus, disamping itu pembaca akan melewati pinggiran hutan damar yang biasa di gunakan untuk ngecam.

AKSES MENUJU CURUG :

Temen-temen dapat dengan mudah menemukan curuh ini dengan menggunakan Google map, atau apabila bingung silakan bertanya dusun Kalipagu pada pendudk sekitar kemudian masuk ke area pemukiman dan menuju arah curug gede, setelah itu aka nada jembatan di depan curug gede, untuk menuju curug jenggala silahkan belok ke kanan dan melewati jalan menanjak, jalnnya cukup miring jadi disarankan untuk menggunakan motor yang masih kenceng yaaa hehehehe 😊 ikuti saja jalannya nanti bakalan ada mbak cantic atau mas ganteng yang nyetop motor/ mobil kalian . nah di situ deh tempat bayar karcis masuk, kalo ga salah harganya 5000/0rang, setelah itu traveler bisa nitipin motor di rumah penduduk dn mulai trakc jalan kaki, yang di temenin sama pemandangan yang masih asri, cukup ikutin aja plangnya deh, kuranglebih 30 menit dari lokasi parkir. Dari trek ini traveler bisa liat pancuran 7 baturaden, perbukitan hijau, hutan pinus dan petakan swah yang pastinya juga instagramable.


FASILITAS DI CURUG JENGGALA :

Nih buat yang ga sabar pngen tau di sana ada apa aja. Yang jelas di sana ada curug yang sueerrr, ciamik bangettt.. for u information, curug ini dulunya namanya bukan curug jenggala, nama jenggala di putuskan setelah musyawarah pengelola dan warga. Dulu nama curug ini berkaitan dengan posisi curug yang merupakn titik temu dari banyak sungai. Jenggala ini punya 3 air terjun di satu tempat lohh. Selain itu jika temen-temen kuat buat jalan jauh bisa juga sekalian ke curug penganten tanpa harus ada biaya tambahan, curug jenggala ini punya banyak taman, sampe saya sendiri lupa nama tamanya apa aja, punya beberapa sendang dan banyak banget tempat duduk. Juga ada bale buat yang rame-rame ke tempat ini, sumpah kretif banget pokonya, ada musolah dan beberapa pedagang.  Dan untuk para pemburu foto, curug ini instagramable bangettt. Ada beberapa spot foto di curug ini. Selain dengan bacgroun curug, ada juga kreasi bentuk hati di depan curug dan di pingir tebing, pokoknya asal sudut potonya tepat bakalan jadi foto yang ga bakal mengecewakan.




Okehh, sedikit tentang curug jenggala berdasarkan pengalaman saya main ke curug tersebut, apabila ada yang salah mohon di maklumi, dan jika teman-teman berkenan silahkan berkomentar atau berbagi pengalaman atau pertanyaan juga boleh. Terimakasih..









untuk informasi tambahan, pihak pengelola curug juga punya official instagram lohh. search aja @curug jengala :D suport by @wonderfulindonesia
thank you for reading.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya