2/4/18

Cara mencangkok dengan metode hidroponik dengan keberhasilan tinggi

Metode pertanian hidroponik dewasa ini telah banyak di kenal dan di gunakan oleh masyarakat di indonesia, khususnya para petani dan penghobi berkebun namun memiliki keterbatasan lahan yangbterbatas. Yang menarik dari metode hidro ponik ini. Tanaman tidak memerlukan tanah, melainkan hanya dengan air yag di beri nutrisi, selain itu metode ini biasanya dapat menghemat tempat karena bisa di rangkai bertumpuk.

Inovasi lainnya yang berkembang di dalam sistem pertanian hidroponik ini, antara lain adalah kemudahan bercocok tanam dan memanen, yang lebih mengejutkan, selain dari menanam tanaman sayur sayuran, ternyata metode hidroponik ini dapat di gunakan untuk mencangkok tanaman buah atau tanaman berbatang keras lainnya. 
Jika anda terkejut dan penasaran, begitu pula dengan saya ketika saya mendengar hal tersrbut dan tertarik untuk mempelajarinya, baiklah, untk mempersingkat waktu kita akan memulai step by stepnya.



Perlengkapan dan alat yang kita butuhkan 

1. Pisau
2. Botol bekas
3.tali 
4.air +nutrisi hidroponik. (Opsional)
5. Pohon yang akan di cangkok



1. Menyayat batang pohon
Berbeda dengan metode mencangkok dengan tanah atau serat kelapa dengan cara mengelupas kulit batang pohon yng akan di cangkok. mencangkok dengan metode hidripoenik ini dilakukan dengan cara menyayat batang pohon yang akan di cangkok seperti ketika ingin menyambung dengan metode sambung susu, batang di sayat dari bawah ke atas hingga 4-10 cm seperti pada gambar berikut ini.



2. Melubangi atau memotong botol yg akan di gunakansebagai media tanam.
Pelubangan ini bertujuan untuk jalur masuk sayatan tadi , dapat di lubangi dengan pisau atau gunting



3. Menempelkan pohon ke batang yang akan di cangkok, bisa dengan bantuan tali plastik atau hanya sekedar menjepitnya di antara batangbsayatan pohon.
Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di gambar berikut ini



4. Mengisi botol dengan air secukupnya.
Penggunaan air ini berfungsi untik media tanam pohon yg baru kita sayat tafi, akar akan tumbuh pada bagian yangtergenang, untuk mengoptimalkan pertumbuhan akar bisa di tambahkan nutrisi hidroponik, yang banyak di juak di toko obat tanaman/prtanian



5. Jaga jangan sampai boyol kering/kehabisan air. Jika sudah banyak tumbuh akar pada batang , maka langkah selanjutnya adalah anda dapat memotong batang tersebut untuk kemudian bisa di pindahkan.


Selamat mencoba metode praktis dan tutorial singkat saya , semoga tanaman yang anda uji coba berhasil 100% dan dapat menjadi ilmu yangbermanfaat untuk kita semua, mohon untuk saling berbagi pengalam dan masalah selama melakukan cangkok hidroponik di komentar dibawah ini.

1 comment:

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya