11/14/17

Download PDF Agama Jawa, Cliffor Geertz

Cliffor Geertz menulis sebuah buku yang sampai saat ini masih bisa di rasakan manfaatnya baik untuk pembaca umum maupun para akademisi, sejauh ini buku yang berjudul asli The religion of jave dengan cetakan pertama pada tahun 1960-an ini telah menjadi bagian dari identitas orang-orang jawa untuk memahami dirinya sendiri. Dalam suatu pengantar dibuku ini Cliffor Geertz berharap buku ini dapat menjadi rujukan untuk mengantarkan kemajuan dalam masyarakat untuk mengapai Indonesia baru.

#download Pdf agama jawa , Download ebook agama jawa, download ebook cliffor geertz agama jawa

Secara singkat dalam penelitiannya di Mojokerto, cliffor Geertz membagi masyarakat jawa dalam 3 lapisan berdasarkan sudut pandangnya terhadap keagamaan, . pertama ialah masyarakat abangan dimana dalam sistem sosial kelas abangan ini pada umumnya merupakan penganut agama islam kelas bawah dimana masih memadukan antara islam dan hindu/budha serta masih sangat meyakini ritual medis yang mengaitkan animism, magi, dan mistisme. Sedangkan klasifikasi yang kedua adalah masyarakat santri, dimana lapisan masyarakat ini banyak menguasai sector ekonomi pasar tradisional dan memiliki instansi Pendidikan islam, yang terakhir adalah priyayi, suatu golongan yang di angkat oleh pemerintah colonial sebagai kariawan dan di gaji, golongan kerah putih ini di angkat berdasarkan sistem keturunan yang memerintah sebelum di taklukan kolonialisme, berbeda dengan klasifikasi dua masyarakat sebelumnya, para priayai ini lebih cenderung mempraktikan nilai2 budhaisme dan hinduisme dalam kehidupannya.


Buku ini pertama kali di terbitkan pada tahun 1960 oleh Massachussets Institute of Tecnologi (MIT)
Yang kemudian di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh pustaka jaya pada tahun 1985
Penulis                 : Clifford Geertz
Penerjemah       : Aswab Mahasin & Bur Rasuanto
Penyunting         : Moh.Zaki
Desain sampul  : Hartanto 'Kebo' Utomo
Desain isi             : Sarifudin

Cetakan Pertama, Pustaka Jaya, 1985
Cetakan Pertama, Komunitas Bambu, Februari 2013
Cetakan Kedua, Komunitas Bambu, Januari 2014

Untuk mendownload versi E-book / PDF silahkan KLIK di bawah ini.





Terimakasih, silahkan share jika bermanfaat dan tinggalkan komentar.

1 comment:

  1. gan ada nggak pdf nya buku "interprestasi budaya " dari cliford geertz?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya