12/10/17

Akses Wisata Curug Tonjong Majalengka, Fasilitas Dan Harga tiket.


Curug tonjong merupakan sebuah curug yang berlokasi di Desa Teja kecamatan Rajagaluh, Majalengka. Curug tonjong ini sangat potensial sebagai tempat wisata di majalengka, meskipun curug tonjong ini pernah di tutup pada beberapa tahun yang lalu akibat pengelolaan dan penyalahgunaan oleh wisatawan. Namun dengan trend traveling atau sering di sebut juga ngetrip oleh kalangan remaja saat ini. Curug ini kembali di buka sebagai potensi wisata andalan di majalengka.


Tulisan ini merupakan catatan kecil saya selama berlibur beberapa waktu yang lalu ke curug tonjong ini. Pilihan untuk mendatangi curug ini terlintas akibat rasa jenuh karena menghadapi rutinitas yang monoton, dan saya pikir mungkin butuh berlibur sejenak untuk mengembalikan semangat bekerja seperti biasanya, saat itu wisata alam menjadi satu-satunya yang terpikirkan di kepala karna memang biasanya untuk menenangkan pikiran dan menyegarkan suasana kita harus kembali kepada alam, menikmati pemandangan hijau dan mendengarkan suara gemricik air di sungai yang jernih, awalnya beberapa lokasi wisata sempat terbesit seperti cipaniis, curug maja, dan tempat wisata populer lain di kaki gunung ciremai. Namun saya rasa tempat wisata tersebut sudah sering di kunjungi dan pasti ramai. oleh karena itu akhirnya saya mencari alternative lain yang tidak terlalu jauh dari Cirebon dan memiliki keindahan yang tidak kalah dengan yang lainnya. Akhirnya pilihan itu jatuh di curug tonjong.

Awal mula mengenal curug tonjong sebenarnya sejak dari tahun 2000an namun saat itu  belum di kelola secara maksimal seperti saat ini. Bahkan saat itu curug tonjong bisa di bilang belum di kelola dengan baik. Namun saat ini curug tonjong telah menjadi destinasi wisata unggulan di maja lengka.

Akses menuju curug :
Akses menuju curug dapat di tempuh dari jalan sumber-rajagaluh yang kemudian apabila anda berasal dari arah sumber Cirebon anda harus belok kiri di jembatan sebelum pasar rajagaluh, lalu ikuti jalan tersebut hingga memasuki desa teja dan anda akan menemui baliho curug tonjong, dan apabila anda menggunakan kendaraan umum maka yang bisa anda lakukan adalah menaiki angkutan umum arah sumber rajagaluh, biasanya berwarna kuning, dan berhenti di di pasar rajagaluh untuk selanjutnya menaiki ojeg hingga ke curug, perlu di garis bawahi bagi anda yang menggunakan kendaraan roda 4, akses menuju curug dari jalan raya cukuplah sempit sehingga pengguna roda 4 di himbau untuk berhati-hati ketika memasuki area curug.

Fasilitas di Curug Tonjong :
Curug tonjong sampai saat ini telah di kelola dengan baik, mulai dari lahan parkir dan toilet yang sudah ramah pengunjung hingga pengelolaan lokasi wisata secara rutin, terdapat berbagai fasilitas di lokasi curug diantaranya adalah musholah, panggung hiburan, warung, Gajebo, jembatan ke curug dan sebaginya. Namun yang lebih menarik dari semua itu selain terdapat curug, terdapat pula beberapa wisata lain seperti bukit garuda di curug tonjong yang patut anda kunjungi, namunn medan menuju puncak bukit ini cukup terjal seperti jalur mendaki gunung.

Biaya masuk curug :
Biaya masuk curug tonjong cukup terjangkau hanya sekitar 5000 -10.000 rupiah pada saat saya berkunjung, namun tarif mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.


Curug tonjong ini sangat di anjurkan untuk anda yang ingin mencari tempat pelarian sejenak dari rutinitas pekerjaan dan semrawutnya perkotaan, selain itu curug ini juga sangat cocok untuk anda yang mencari tempat berlibur keluarga. Selamat berlibur dan menikmati pesona alam majalengka.


Reaksi:

2 komentar:

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya