12/11/17

Cara Memulai Bisnis Tanpa modal

Carara memulai bisnis dengan tanpa modal, memulai usaha tanpa modal, cara memuali usaha kecil 

Cara Memulai Bisnis Tanpa modal

Apakah anda termasuk orang yang mencari cara bisnis dengan modal kecil bahkan bisnis tanpa modal ? ataukah anda ingin mencoba menambah penghasilan anda karena tidak cukup, fakta yang harus anda ketahui adalah indonesia tengah menuju ledakan jumblah usia kerja pada tahun 2025 yang artinya jumblah angkatan kerja akan semakin banyak menyebabkan kesulitan untuk mencari kerja, apabila anda tidak segera putar otak untuk antisipasi hal terburuk dalam persaingan tersebut maka anda akan tertinggal. Selain itu dengan disahkannya Mea (Masyarakat Ekonomi Asean) pesaing kerja dari luar negri pun akan semakin berdatangan, siapkah anda dengan hal itu. Oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk membantu anda mempersiapkan semua itu.

Baca Juga : 5 ciri orang yang pasti sukses selamanya

Banyak orang mengeluhkan tentang pekerjaannya saat ini karena tidak mampu mencukupi kebutuhan, sebagian lagi justru malah pengangguran, mereka semua seringkali bergumam ingin memulai usaha atau bisnis namun mengeluhkan kendala modal. Hanya sedikit sekali orang yang mengerti bahwa modal dalam bisnis bukanlah prioritas utama. Bahkan banyak orang sukses di dunia ini yang memulai usahanya hamper tanpa modal, seperti yang kita ketahui aple, Google, Facebook, dsb memulai usahanya dari garasi, dan masih banyak lagi. Meskipun modal tidak bisa di anggap sepele namun masih banyak faktor lain yang menentukan kesuksesan anda. Salahsatunya adalah kerja keras, komitmen, dan keberanian untuk mencoba hal yang baru. Namun tidak sedikit orang-orang yang memulai bisnis di luar sana yang justru bangkrut dan menjadikan hidupnya penuh hutang dan kesusahan. Itu semua karena mereka tidak mengerti poin penting sebelum memulai bisnis dari awal.
Apabila anda termasuk orang yang ingin memulai bisnis dari 0, atau memulai bisnis sampingan berikut ni adalah hal yang “Harus Anda perhatikan” agar usaha anda dapat berjalan lancer dan berkembang dengan baik.

  • Tetap Jaga pekerjaanmu

Memulai bisnis itu berisiko. Memulai bisnis tanpa uang bahkan lebih berisiko. Jangan membahayakan kesejahteraan finansial keluarga Anda. Semakin lama Anda mempertahankan pekerjaan Anda, semakin sedikit tekanan yang Anda berikan pada diri Anda sendiri. Ketika Anda memulai bisnis Anda, Anda tidak siap untuk meninggalkan gaji tetap. Memang benar bahwa Anda harus bekerja lebih keras, tapi Anda bisa terus membayar tagihan saat Anda mengembangkan bisnis Anda.Begitu bisnis Anda mulai menghasilkan pendapatan, Anda bisa mulai berpikir untuk beralih dari pekerjaan Anda. Jadi tetaplah bekerja dan jangan melepaskan pekerjaan anda secara penuh, cobalah bangun kerja sama dengan orang terdekat anda misalnya saja pasangan ataupun keluarga untuk membangun bisnis Bersama agar pekerjaan menjadi ringan dan anda masih tetap bekerja dengan nyaman sampai anda benar-benar siap untuk keluar.
  • Mulailah dengan sesuatu yang anda tahu dan kuasai.

Bangun hasrat usaha anda dengan sesuatu yang sudah biasa anda lakukan, Mempelajari keterampilan baru akan membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya tambahan. Anda mungkin harus mengikuti kursus, mendapatkan lisensi, membayar konsultan, dll. Memulai bisnis di bidang yang Anda kenal akan memberi Anda kepercayaan diri tambahan. Apalagi jika sesuatu itu menjadi kesenangan anda, misalnya saja hobi anda yang anda jadikan bisnis. Tidak perlu yang muluk-muluk tapi lakukanlah hal sederhana, karena tidak sedikit orang sukses dari bisnis yang sederhana. Dalam bisnis yang kita gunakan adalah prinsip kelipatan.
  • Lakukan Pekerjaan itu sendiri:

Karna apa yang anda lakukan itu di bangun dari awal, maka anda harus bekerja lebih keras untuk bisnis anda dengan melakukannya sendiri, hal ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran membayar kariawan dan untuk menguasai bisnis anda dengan lebih baik. Selain itu alokasi uang yang anda peroleh bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis tanpa modal anda.
  • Tawarkan layanan /jasa anda

Banyak orang memeiliki persepsi yang salah ketika memulai bisnis, mereka seringkali memulai dengan hal yang besar dan apabila memulai dengan hal yang kecil, kebanyakan dari mereka cenderung malu untuk mengatakannya pada keluarga dan tetangga, padahal untukmemulai bisnis tanpa modal, salahsatu bisa anda lakukan adalah menawarkan jasa, maka tawarkanlah jasa apapun yang anda kuasai pada orang-orang di sekitar anda. Misalnya saja jasa perbaikan, jasa penitipan anak, jasa pengetikan, jasa apapun yang anda bisa lakukan.
  • Bangun kepercayaan konsumen.

Salahsatu kunci sukses adalah kepercayaan, kepercayaan konsumen anda akan membangun nama anda semakin besar dan menjadikan bisnis anda semakin di kenal oleh orang banyak.
  • Berusahalah untuk berkomitmen.

Memulai bisnis tanpa modal adalah sesuatu yang sangat sulit karena tentu saja anda tidak bisa langsung memiliki banyak keuntungan, oleh karena itu cobalah untuk berkomitmen terhadap bisnis anda jalankan dengan kesungguhan dan teruslah berdoa.


Salam sukses dan selamat mencoba, nantikan postingan selanjutnya mengenai TIPS Enterpreuner, untuk membaca lebih banyak tentang artikel bisnis bisa anda ketik di pencarian dalam Blog dengan keyword Enterpreuner/Bisnis bisa juga anda klik label yang tersedia di atas. Terimakasih , bagikan apabila bermanfaat, jika ada yang di tanyakan silahkan berkomentar.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya