1/26/18

Mengenal Ikan Killifish Primadona Baru Aquascape

Ikan killifish ikan yang menjadi primadona baru penghobi ikan hias dan akuascape , mengenal ikan killifish, profil ikan killifish , killifish indonesia, harga ikan killifish, cara budidaya ikan killifish

Bagi para penghobi akuascape Ikan killifish sudah menjadi primadona penghuni akuarium. Ikan ini merupakan ikan hias kecil air tawar yang cukup populer di kalangan penghobi ikan hias, nama killifish sendiri berasal dari kata “kilde” yang dalam bahasa Belanda memiliki makna sungai kecil. Nama tersebut mungkin sebagai julukan dengan mengacu pada ukurannya yang kecil dan habitat aslinya yangmemang berada di sungai-sungai kecil, karena ikan ini ukuran tubuh rata-rata antara hanya 2,5-5 cm, dan maksimal ukuran tubuhnya tak lebih dari 15 cm. Di dalam sistem taksonomi, ikan killfish masuk dalam famili Cyprinodontidae dan masih berkerabat dekat dengan ikan molli dan guppi. Persebaran ikan ini hampir dapat di jumpai di semua wilayah sabuk katulistiwa kecuali di australia.

Baca juga :

 Inilah daftar ikan hias yang dilarang di indonesia !

Manfaat garam bagi pengobatan ikan dan cara menggunakannya

Jenis penyakit pada ikan gupy dan cara mengobatinya

Ikan ini sebenarnya masih berkrabat dengan ikan jenis live breader dan juga ikan gupy dan moly, meskipun ikan ini tidak sepopuler ikan-ikan hias tersebut namun sebenarnya ikan ini cukuo bagus untuk di jadikan ikan peliharaan, mungkin ketidak populeran ikan tersebut di kalangan penghobiikan hias akibat harganya yang masih cukup yinggi dikalangan penghobi ikan hias. Selain itu ikan ini bersifat terotorial dimana ikan jantan akan bersikap menjaga wilayah yang dia huni dari ikan lainnya, olehkarena itu tidak disarankan untuk memelihara ikan ini dalam jumlah jantan yg terlaku banyak di akuarium karena akan terjadi perebutan wilayah dan betina.

Perbandingan yang baik untuk ikan killfish yaitu satu jantan dengan tiga betina di dalam kolam yang sama. Ketika Anda memelihara ikan killfish dalam aquarium, maka pada bagian atas aquarium harus diberi tutup karena ikan ini dapat loncat dan keluar dari kolam. Kemudian air yang ada di dalam kolam sebaiknya dipertahankan suhunya tidak kurang dari 22 dan tidak lebih ari 26 oC serta pH antara 6,2 sampai 6,8.

Ikan ini memiliki keunikan lain dibidang berkembangbiak, bagi para penghobi telur ikan ini seringkali di sebut sebagi telur ajaib karena dapat bertahan di dalam tanah. Secara umum jenis perkembangbiakan ikan ini di bagi menjadi tiga jenis yaitu ;



1. Kelompok annuals (tahunan)
Kelompok annuals di alam bebas setiap harinya selalu bertelur, bahkan ketika memasuki musim kemarau dan air mulai mengering ikan ini tetap bertelur. Telur yang muncul saat kondisi air mengering akan masuk ke fase hibernasi, dan telur tersebut akan menetas kembali setelah tempat hidup mereka kembali dipenuhi air.

2. Kelompok semi annuals
Kelompok ikan killfish semi annual habitatnya di kolam yang kadang mengering airnya hingga hanya menyisakan lumpur. Jenis ikan ini biasanya bersifat substrat spawners, yakni meletakkan telur dalam substrat seperti lumut gambut, atau java moss. Periode hidup ikan ini lebih lama daripada kelompok annuals.

3. Kelompok non annuals
Kelompok ikan ini hidupnya harus selalu di dalam air, dan tidak bisa hidup di daerah yang sering kekurangan air atau bahkan berlumpur. Ikan ini bersifat plant spawners yakni meletakkan telurnya di tumbuhan. Ketika Anda memelihara ikan ini dalam aquarium, sebaiknya Anda memijahkan dengan menggunakan kain, selanjutnya telur dipindahkan dalam air inkubasi. Telur tersebut akan menetas setelah 21 hari.

Baca juga :

Cara mengkarantina ikan yang benar setelah pengiriman 

Demikian uaraian singkat mengenai ikan killifish ini, untuk menghargai penulis orisinil di sarankan unyuk mengunjungi laman di bawah ini, disamping itu informasi lain yg perlu kita ketahui adalah ikan ini masih belum banyak di budidayakan di indonesia sehingga masih memiliki harga yang relatif tinggi, ini adalah peluang menguntungkan bagi para pengusaha dan penghobi ikan hias.

Artikel ini bersumber dari..
https://www.segalahobi.com/mengenal-ikan-killfish-yang-eksotis/
http://www.aquascapeindo.com/killifish-profil-ikan-yang-indah-dan-eksotis.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya