-->

Penyebab Kegagalan Okulasi Tanaman dan Cara Mengatasinya.

tanaman jeruk yang sedang di okulasi
    
 penyebab kegagalan saat melakukan okuasi dapat terjadi karena banyak faktor, kegagalan ini biasanya mengakibatkan tanaman menjadi busuk, berjamur, kering, atau terlepas dari sambungan okulasi. nah untuk mengetahui faktor penyebab gagalnya okulasi ini bisa kita pelajari dari hasil ahir dari okulasi itu sendiri misalnya saja apabila objek tanaman yang di okulasi tersebut kering pada sambungannya maka penyebabnya adalah tanaman tersebut kekurangan air. berikut ini saya akan mengurai faktor penyebab kegagalan okulasi tanaman hias maupun tanman buah.

Apabila anda tidak memahami apa itu okulasi dan bagaimana caranya, anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya yaitu Cara Okulasi Tanaman HIas Anting Putri

    Kegagalan melakukan okulasi sangat mungkin di akibatkan oleh kkurangnya pengetahuan ketika melakukan okulasi, karna pada dasarnya okulasi adalah kegiatan oprasi sambung bagian tanaman hias yang cukup mudah di lakukan aabila di lakukan dengan benar dan pengetahuan yang cukup. salahsatu poin penting yang harus anda pahami dalam okulasi atau menyambung tanaman hias ini adalah tanaman yang anda sambung harus memiliki kemiripan karakteristik karna anda tidak mungkin bisa menyambung 2 tanaman yang berbeda samasekali, misalnya saja rambutan dengan pohon mangga yang di okulasi. hal ini tentu saja akan menyebabkan 99,9% kegagalan.  jikalaupun hal itu berhasil maka itu adalah keberuntungan dan anugrah tuhan yang maha esa . oke mari kita lanjutkan pembahasannya. ha lain yang sering lalai ketika melakukan okulasi tanaman baik itu tanaman hias atau tanaman buah adalah kita lupa untuk membuat pisau menjadi steril atau minimal bersih dari zat lain yang mungkin mengganggu proses penyambungan tanaman, tidak mengikat dengan kencang dan menyebabkan sambungan goyang . hingga perawatan tanaman pasca oulasi yang tidak di rawat dengan benar dan baik dapat mempengaruhi kegagalan saat melakukan okulasi.


yang penting saat melakukan perwatan ketika baru selesai di okulasi adalah memastikan tanaman di letakan di tempat yang aman, tidak panas, melainkan sejuk dan mendapat air yang cukup karna saat mengokulasi tanaman batang bawah harus memproduksi cukup cairan dan getah untuk terhubung dengan batang sambungan baru yang kita okulasi. dan setelah tanaman ini tumbuh hal yang bisa kita lakukan untuk merawatnya adalah bisa kita menjaga pencegahan tumbunya kuncup baru di batang bawah yang tidak di okulasi karna itu akan menghambat pertumbuhan bagian yang di sambung, jika anda mengokuasi tanaman bunga yang di inginkan untuk tumbuh banyak bagian bunga,  maka yang bisa anda lakukan adalah merawat terlebih dulu bagian yang sedang di okulasi dan melakukan penundaan pertumbuhan bagian lain yang tidak di okulasi, yang saya maksud adalah bunga seperti bunga kertas dan anting putri sengan wintaos yang biasanya di sambung agar memiliki beragam warna.


Penyebab lain gagalnya okulasi yang sering terjadi oleh pemula adalah pemilihan usia batang bawah dan batang sambungan yang tidak tepat, misalnya saja terlalu tua dan terlalu muda, batang yang terlalu tua akan memiliki pertumbuhan yang lambat dan produksi getah yang semakin berkurang, sedangkan batang yang terlalu mudah akan menyebabkan kesulitan ketika melakukan proses penyambungan?penempelan karena terlalu rapuh dan mudah patah. selain itu ketimpangan ukuran yang di sambung juga sangat mempengaruhi misalnya saja batang bwah terlalu kecil, hal ini akan menyebabkan penyambungan yangtidak sempurna.


Penyebab berikutnya yang juga umum di temu dalah proses pemotongan batang atas dan batang bawah yang tidak serasi sehingga saat melakukan penyambungan yang terjadi adalah sambungan tersebut tidak rapat dan masih memiliki banyak celah longgar ataupun semacam itu, ini akan menyebabkan proses perekatan tanaman menjadi terganggu dan mengakibatkan kegagalan.
contoh pemotongan kulit

Untuk Mengatasi kegagalan saat melakukan okulasi ada bberapa tips untuk anda agar bisa memperbaiki proses okulasi berikutnya yaitu :

1) usahakan untuk memilih batang yang tepat, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.
2) pastikan pohon yang anda okulasi merupakan dari golongann jenis yang sama
3) lakukan okulasi dengan cepat karna terlalu lama menyambungkan bagian pohon akan menyebabkan batang menjadi kering dan sulit tersambung
4) potong bagian yang akan di tempel dengan serasi
5) ikat dengan kencang agar tidak  berubah meskipun terkena angin atau tersenggol.
6) sterilkan peralatan okulasi anda
7) terus belajar dan evaluasi diri agar kita menemukan kesalahan saat melakukan okulasi dan bisa memperbaikinya.
8) rawatlah tanaman okulasi dengan baiak sebelum tersambung sempurna 


Cukup sekian tips dan panduan dari saya semoga setelah membaca artikel ini anda dapat menyambung tanaman dengan lebih baik da mengurangi kegagalan  yang di akibatkan oleh faktor teknis melakukan okulasi tersebut. apabila ada pertanyaan yang ingin anda ajukan, dapat berkomentar di bawah ini terimakasih.

2 Responses to "Penyebab Kegagalan Okulasi Tanaman dan Cara Mengatasinya."

  1. terimakasih caranya sangat membantu dalam melakukan budidaya tanaman buah/hias

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2