6/22/18

Daftar Perlengkapan Yang Harus Dibawa Ketika Mendaki Gunung


   olah raga outdor khususnya mendaki gunung tampaknya tidak mati di telan jaman, hal tersebut di buktikan dengan meningkatnya peminat olahraga ini dari tahun ke tahun, selain karena memang alam indonesia yang begitu indah dan asri, olah raga ini juga banyak di minati sebagai trend baru dalam dunia pariwisata.

dengan tingkat kepopuleran aktifitas alam bebas ini. akhirnya banyak orang orang menjadwalkan liburannya untuk mendaki gunung, tapi tahukah anda ada beberapa hal yang wajib di persiapkan sebelum menadki gunung baik itu perlengkapan pribadi maupun klompok, agar liburan anda di gunung tetap menyenangkan dan terhindar dari hal yang tidak di inginkan.
selain mempersiapkan fisik dan mental untuk perjalanan yang berat dan melalahkan ketika mendaki gunung, kita juga perlu mempersiapkan beberapa perlemgkapan berikut ini :

PERLENGKAPAN PRIBADI  :

Carrier/ daypack

Carrier atau biasa dikenal dengan sebutan tas gunung merupakan salah satu hal utama yang harus disiapkan sebelum mendaki gunung. Carrier dibutuhkan untuk menaruh berbagai perlengkapan. Carrier tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 40 L, 60 L, 90 L, hingga 100 L.
Pilihlah carrier yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda hanya ingin mendaki gunung dalam jangka waktu singkat, pilihlah carrier ukuran 40-60 L. Namun, apabila Anda ingin melakukan perjalanan cukup lama, berhari-hari, maka pilihlah carrier ukuran 90-100 L. Selain itu, bagi Anda para pendaki pemula, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk membawa carriersebelumnya agar Anda dapat tetap nyaman saat melakukan pendakian.

Sepatu dan sandal gunung

Dalam perjalanan mendaki gunung, tentu kita akan menemukan berbagai karakter medan. Alas kaki pun menjadi hal yang penting untuk membuat diri kita tetap terlindungi selama melakukan perjalanan tersebut. Untuk keamanan yang lebih ekstra, pilihlah menggunakan sepatu gunung dalam melakukan pendakian.
Dengan sifatnya yang tertutup, sepatu gunung akan membuat kaki kita lebih terlindungi dari benda-benda maupun hewan yang ada di medan pendakian. Namun begitu, sandal gunung tetap perlu untuk dibawa sebagai cadangan ketika sepatu rusak atau ketika kita ingin mengistirahtkan kaki ketika sudah sampai di puncak.
Kaki kita juga perlu diberi udara agar tetap terasa nyaman. Pilihlah sepatu gunung yang tidak licin agar tidak terpeleset saat berjalan di tanah yang basah.

Baca juga : Tips Memilih Sepatu Gunung yang Bagus

Pakaian

Selain alas kaki, pakaian juga menjadi barang penting yang tak boleh luput dari perhatian saat ingin mendaki gunung. Untuk pakaian, kita perlu menyiapkan beberapa macam jenis pakaian, seperti jaket, celana panjang, jas hujan, penutup kepala, sarung tangan, kaus kaki dan sebagainya. Jaket menjadi barang yang penting untuk melindungi tubuh, terlebih saat ingin mendaki gunung dengan ketinggian 1000 MDPL. Jaket diperlukan agar saat kedinginan, suhu badan kita tetap terjaga sehingga terhindar dari hipotermia.
Selain jaket, celana panjang juga penting untuk dibawa saat mendaki gunung. Pilihlah bahan yang nyaman sesuai kebutuhan. Jas hujan dan penutup kepala juga menjadi bagian dari pakaian yang tak boleh tertinggal untuk dibawa. Jas hujan atau ponco dapat digunakan tidak hanya untuk melindungi badan, tapi juga dapat untuk melindungi carrier karena ukuran jas hujan yang umumnya lebar.
untuk jumlah pakaian sendiri usahakan agar tidak terlalu banyak dan tidak juga kurang, biasanya saya akan membawa pakaian dengan jenis lapangan 1 stel dan pakaian untuk istirahat 1 stel dan cadangan satu stel , dengan semuanya terbuat dari bahan yg ringan dan mudah kering.

Makanan dan minuman

Pertimbangkanlah jumlah makanan dan minuman yang dibawa dengan rencana perjalanan pendakian Anda. Usahakanlah memilih makanan yang mengandung banyak karbohidrat dibanding instan semata.

Senter
Senter diperlukan untuk pendakian saat malam hari. (utamakan headlamp) Pilihlan senter dengan pencahayaan yang dapat menembus kabut. Saat ini, ada banyak jenis senter yang dapat ditemukan di pasaran. Untuk segi keamanan dan kepraktisan, pilihlah senter kepala agar tangan tidak terganggu saat harus fokus berjalan.

Pisau
Pisau perlu untuk selalu tersedia untuk membersihkan ranting-ranting pohon atau semak-semak. Selain itu, pisau juga dapat dimanfaatkan untuk pelindung diri dari bahaya binatang buas.

Matras
Matras berfungsi sebagai alas tidur saat perjalanan pendakian. Pilihlah matras dengan bahan yang nyaman, terlebih saat harus tidur di atas permukaan yang penuh dengan batu-batu.

Sleeping bag
Hampir mirip dengan matras, fungsi sleeping bag merupakan salah satu benda yang digunakan saat ingin istirahat atau tidur dalam perjalanan pendakian. Sleeping bag perlu dibawa untuk memberi kehangatan maksimal dalam menghadapi suhu gunung di malam hari yang dingin. Dengan menggunakan sleeping bag, kita dapat mengurangi risiko terjadi hipotermia.

Obat-obatan (P3K)
Obatan-obatan menjadi hal penting yang harus ada di carrier untuk mengatasi sakit atau cedera saat melakukan pendakian gunung. Obat-obatan yang sebaiknya ada di kotak P3K antara lain: obat penurun panas, obat pengurang nyeri, obat anti alergi, obat asma, obat diare, dan salep antibiotik untuk mengatasi luka lecet.

Alat komunikasi dan navigasi
Meski terkadang sinyal melemah saat di gunung, tapi alat komunikasi dan navigasi perlu dibawa selama perjalanan pendakian. Alat navigasi mempermudah kita untuk memberi petunjuk arah selama melakukan pendakian.

Trashbag
Trashbag perlu untuk selalu tersedia untuk meletakkan sampah-sampah selama perjalanan. Kebersihan selalu harus dijaga di manapun kita berada. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu membawa trashbag.

Survival kit
survival kit adalah perlengkapan bertahan hidup di hutan apabila terjadihal yang tidak di inginkan dalam melakukan kegiatan di alam bebas, yang tentu saja tidak bisa di prediksi kemungkinan apa saja yg akan terjadi, isi survival kit sendiri yaitu : silet, atau pisau tajam. jarum, benang jait, peniti.korek api.lilin dan bisa juga di lengkapi denga benang senar untuk membuat jerat dan kail pancing, atau perlengkapan lain yg sekiranya akan di butuhkan kerika anda dalam keadaan yang tidak di inginkan.

TIDAK KALAH PENTING dengan daftar perlengkapan pribadi tersebut terdapat beberapa perlengkapan klompok yang perlu di persiapkan sebelum mandaki gunung yaitu :

PERLENGKAPAN KLOMPOK :
Tenda
tenda merupakan komponen penting dalam melakukan aktifitas mendaki gunung, selain melindungi dari cuaca buruk, tenda juga melindungi kita dari binatang yg ada di hutan

kompor
kompor sangat diperlukan untuk memasak ,ada beberapa jenis komporyang bisa di gunakan untuk aktifitas outor, salahsatunya adalah komporgas mini, komporgas winprof , kompor spirtus , trangia dsb, bisa juga menggunakan parafin.
nesting
nesting atau panci bisa juga disebut cookingset sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhan makanan anda di gunung, bawalah kompor dan nesying sesuai dengan anggota klompok dalam pendakian

golok
golok bisa di gunankan untuk menebang ranting yang menutupi jalan, melindungi dari sewrangan binatang membelah kayu kering untuk api unggun dan bahkan bisa di gunakan untuk menggali tanah ketika ingin BAB.

Itulah beberapa barang-barang yang perlu dibawa untuk mendaki gunung. Selamat mendaki! , tulisan ini di sadur dari —Rappler.com dengan tambahan dan sedikit pengeditan sesuai dengan pengalaman pribadi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya