6/23/18

Tips Memilih Sepatu Gunung

Dalam perjalanan mendaki gunung, tentu kita akan menemukan berbagai karakter medan. Alas kaki pun menjadi hal yang penting untuk membuat diri kita tetap terlindungi selama melakukan perjalanan tersebut. Untuk keamanan yang lebih ekstra, pilihlah menggunakan sepatu gunung dalam melakukan pendakian.

Dengan sifatnya yang tertutup, sepatu gunung akan membuat kaki kita lebih terlindungi dari benda-benda maupun hewan yang ada di medan pendakian. Namun begitu, sandal gunung tetap perlu untuk dibawa sebagai cadangan ketika sepatu rusak atau ketika kita ingin mengistirahtkan kaki ketika sudah sampai di puncak.

Baca juga : cara merawat sepatu gunung yang baik

Kaki kita juga perlu diberi udara agar tetap terasa nyaman. Pilihlah sepatu gunung yang tidak licin agar tidak terpeleset saat berjalan di tanah yang basah.

Dalam memilih spatu gunung ada beberapa krireria yang baik untuk kita pertimbangkan diantaranya adalah sebagai berikut.

Kualitas :

di gunung hanya ada hutan pohon dan binatang. Tidak ada toko sepatu cadangan, jadi pikirkanlah kualitas sebagai pertimbangan pertama agar perjalanan anda nyaman, karena dalam setiap pendakian tak jarang saya melihat sepatu pendaki yang rusak di jalan dan akhirnya di buang dan melanjutkan pendakian dengan sendal atau bahkan bertelanjang kaki, itu tidak aman dan samasekali tidak saya anjurkan.

Ukuran

Pilihlah ukuran yang pas dengan anda, jangan terlalu besar ataupun terlalu longgar,biasanya lebihkan satu nomor dari ukuran kaki anda agar kaki anda tidak terlalu sempit. Ataupun terlalu longgar, sepatu yg terlalu sempit akan meningkatkan resiko cidera sedangkan sepatu yang kendur mengirangi kenyamanan saat mendaki.

Kerah sepatu

Pilihlah sepatu gunung dengan kerah sepatu setinggi matakaki atau lebih, usahakan jangan menggunakan sepatu yang di bawah mata kaki, sepatu yang memiliki kerah sepatu lebih tinggi dari mata kaki akan mengurangi resiko cidera karena ksleo. Atau terkilir. Di bagian pergelangan kaki. Mengingat medan gunung adalah medan yang extreme.


Alas sepatu

Pilihlah sepatu dengan alas kaki karet keras yang bergrigi cukup tebal, hal ini berguna agar pijakan anda tidak licin, apalagi saay musim hujan tanah menjadi basah dan licin.

Baca juga, daftar perlengkapan yang harus di bawa ketika mendaki gunung

Busa sepatu

Gunakan sepatu dengan busa yang teba di bagian ddalam agar kaki terasa nyaman dan terhindar dari cidera goresan akibat gesekan. Atau alternativ lain dapat menggunakan kauskaki yg cukup tebal,

Pastikan lem atau sol sepatu anda sudah kuat, karena seperti yg apa saya singgung bahwa di gunung tidak ada toko sepatu cadangan. Saya sendiri biasanya membawa lem cadangan untuk antisipasi hal yang tidak di inginkan, dan jangan lupa untuk membawa pelindung sepatu apabila cuaca sedang tidak baik/musim penghujan.


Sebetulnya banyak merek spatu gunung tlah di desain dengan karakteristik tersebut, mulai dari eiger,consina, tnf, dan banyak produsen sepatu telah berinovasi sebaik mungkin untuk membuat pengguna nyaman dan aman ketika mendaki gunung. Yang anda perlukan hanya menyeleksi dan memilih yang terbaik diantaranya.

Salam kestari.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya