6/6/18

Berkemah di Lembah Cilengkrang, Kuningan Jawa Barat.

bagi kamu yang baca artikel ini, mungkin kamu udah suntuk suntuknya dan lagi nyari tempat liburan, atau mungkin kamu seorang IO atau bisa juga kamu gada kerjaan baca tulisan ini hahhaa. tapi yang pasti kita adalah traveler, setidaknya dalam hidup kita berpetualang.

jagung bakar di malam hari



langsung aja deh sebelum saya mulai lupa, cilengkrang sendiri merupakan sebuah lembah yang di kelola sebagai tempat wisata di kuningan, lebih tepat lagi tempatnya berada di desa pajambon, kecamatn kramat mulya kabupaten kuningan, kalo masih bingung buka aja google map , pasti dapet tuh,  karna emang cilengkrang sendiri bukanlah destinasi wisata baru di kuningan.

buat kamu yang bingung ada apa aja si cilengkrang ini, berapa biaya masuknya dan fasilitas apa aja yg tersedia, langsung aja kita bahas satu persatu nih,,

Ragam wisata di lembah cilengkrang.

yang pertama tentu aja lembah yaa, dari namanya aja udah langsung paham kalo di sini pasti dapet view pemandangan perbukitan dan lembah yang masih ijo dan asri,  sebenernya dari gerbang masuk tiket kita bakalan jalan jalan di jalan setapak semi hutan yang di klilingi pohon2 yang lumayan bikin suasana hati jadi lumayan fresh, kita juga bajalan nemuin perkebunan kopi di sepanjag jalan ini, saya bilang sepanjang jalan karna memang jalannya lumayan bikinnsedikit kringetan, namun itu juga akan sepadan dengan pemandangan yang bakalan kita dapetin. tapi sanoYtai dulu karna pemandangan indah itu baru pembukaan nya aja, ada hal yang lebih menarik wisatawan buat pergi ke cilengkrang, yang pertama adalah pemandian air panas atau sumber mata air panas, dan air terjun di samping sumber mata air panas tersebut, nah eisata tersebut yang banyak mengundang wisatawan untuk pergi ke cilengkrang.
sengaja saya potong karena aurat hahhaa
sengaja di crop karena aurat

namun tidak semua orang tahu kalo di cilengkrng sendiri menyediakan bumi perkemahan juga nih, sekedar berbagi pengalaman aja nih. ngecamp di cilengkrang ini lumayan murah kalo di bandingin naik gunung ciremai sekitar 50 ribu atau di bukin seribu bintang (nanti kita tulis reviewnya) buat bermalam di cilengkrang di dalam tenda kita cukup membayar 15rb saja unyuk permalamnya.  dengan tempat yang lumayan indah nggak kalah pokoknyabdengan bumi perkemahan lain, cuma sayangnya belum memiliki lahan yang cukup luas untuk menampung banyak tenda.  yang pasti dan lebih seru adalah kamu bebas mandi di pemandian air panas cilengkramg di malalam hati, dan bagi saya itu poin super plus dari ngecamp di cilengkrang di bandingkan tempat lainnya.


Biaya masuk

untuk masuk ke cilengkrang kurang lebih di patok biaya 5-10 rb untuk setiap orangnya jika blum naik, dan untuk bermalam di sana cukup membayar 15,000 rupiah dan anda telah bebas mengakses ke sana, sedangkan jam buka yaitu normal seperti tempat wisata pada umumnya, namun untuk tempat campingnya sendiri saya dan teman-teman pernah datang jam 8 malam namun masih di ijinkan untuk berkemah karna kebetulan terdapat penjaga malam di sana.

Akses ke cilengkrang.
saya pribadi menyarankan sekali untuk menggunakan kendaraan pribadi karna hal tersebut akan lebih mudah dan nyaman mengingat tempat ininsedikit masuk ke pinggir hutan dan menggunakan kendaraan peibadi seperti motor atau mobil akan mempermudah anda. tapi kalo buat temen-temen dari luar kota nih bisa juga naik angkot, atau naik ojek dari terminal.

fasilitas yang akan anda dapetkan ketika berwisata di cilengkrang antara lain. tempat bersantai seperti taman, jumlah wc masih terlalu. sedikit, dan tidak banyak fasilitas lainnya karna memang mungkin pengeloka masih menjaga keasrian tempat tersebut. bagi saya kalo kamu suka tempat yang masih asri buat ngejernihin pikiran coba aja deh main kesini.


Disqus Comments