8/28/18

8 Tips Mengatasi Sakit dan Nyeri Saat Datang Bulan

cara dan tips jitu mengatasi nyeri saat menstruasi/ Haid:


menstruasi atau kerap kali di sebut datang bulan, merupakan siklus rutin bulanan para kaum hawa yang memiliki organ reproduksi yang sehat, menstruasi ini bagi sebagian perempuan kerap kali disertai dengan rasa pegal, sakit perut, malas yang berlebihan, hingga mengalami rasa sakit di sekujur tubuh yang luar bisa, bahkan dalam beberapa kasus membuat perempuan hingga tidak bisa bangun dari tempat tidur.
semua perasaan dan rasa tidak nyaman ketika sebelum menstruasi dan saat menstruasi tersebut tentusaja akan sangat mengganggu aktifitas keseharian anda, baik itu jika anda seorang wanita karir, pelajar,mahasiswa ataupun  sebagai seorang ibu rumah tangga. selain mengganggu aktivitas, rasa sakit saat menstruasi ini tentu saja membuat anda erasa tidak nyaman, oleh karena itu, saya ingin berbagi tips untuk mengurangi rasa sakit sa'at menstruasi tersebut, yaitu :


1). Perbanyak Minum Air putih
Kebutuhan airputih yang cukup untuk menghindari diri dari dehidrasi juga sangat penting saat anda mengalami menstruasi, karena pada saat menstruasi cairan tubuh anda akan mudah berkurang, hal tersebut dapat membuat anda dehidrasi yang dapat memperburuk sakit anda, selain itu perlu di ingat bahwa 60% kandungan tubuh manusia adalah air, jika anda tidak terlalu suka meminum air putih dengan rasa yang hambar, anda juga dapat membuat infus water dengan campuran buah atau sayuran kesukaan anda.

2). Minum teh herbal
Pada saat anda Menstruasi, daripada anda meminum obat kimia, saya sarankan anda untuk meminum teh herbal, misalnya saja yang populer di indonesia adalh teh jahe, selain itu anda bisa memanfaatkan teh tersebut ketika masih panas dengan menempelkan gelas yang hangat ke perut yang sakit, atau bagian tubuhh lain yang pegal-pegal.

3). wanita yang sedang mendapat tamu bulanan biasanya merasa lemas dan merasakan pegal atau sakit di sekujur badannya, hal ini biasanya di sebabkan oleh kurangnya jat besi dalam tubuh, untuk mensiasatinya, ketika anda sedang haid, perbanyaklah memakan makanan yang bergizi dengan porsi yang cukup. makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi diantaranya adalah : daging sapi, salmon, buah sitrus, bayam, dsb

4) Konsumsi makanan Yang mencegah Inflamasi (peradangan)
rasa nyeri dan pegal bisa juga di sebabkan oleh peradangan, oleh karena itu makanlah makanan yang mencegah inflamasi, seperti : minyak ikan, kunyit, atau buah-buahan seprti pisaang, akantetapi usahakan untuk tidak di goreng, akan lebih baik jika dirbus, agar membantu menghangatkan tubuh.

5). Lakukanlah Olahraga Ringan
banyak perempuan ketika mengalami Menstruasi merasa malas untuk melakukan apapun, apalagi untuk olahraga, cobalah melawan perasaan malas tersebut, olahraga akan membuat peredaran darah dalam tubuh anda menjadi lancar, untuk itu lakukanlah olahraga ringan seperti senam atau ecercise.

6). Mandi mengguakan Air hangat.
mandi menggunakan air hangat akan membantu peredaran darah menjadi lebih lancar, selain itu mandi menggunakan air hangat akan embantu otot menjadi relaxs, akan tetapi jika anda merasa tidak ingin mandi air hangat, anda juga bisa menggunakan anduk hangat sebagai kompres pada bagian tubuh yang sakit/nyeri saat menstruasi. namun yang perlu di ingat adalah setelah mandi air hangat kulit anda akan kehilangan kemampuan untuk melembabkan secara alaami, olehkarenanya, gunakannlah lotion atau krim pelembab wajah untuk mencegah hal tersebut setelah mandi air hangat,

7). tidur yang cukup.
saat anda mengalami nyeri menstruasi anda pasti akan merasa kesulitan beristirahat dengan nyaman, akan tetapi tidur yang cukup akan membuat tubuh bisa beristirahat dan membuat tubuh menjadi bugar, cara agar anda tetap bisa tidur dengan nyaman ketika menstruasi adalah,  atur kamar senyaman mungkin, buatlah sirkulasi udara yang baik agar udara menjadi sejuk, dan matikanlah lampu agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

8).hindari junk food,
 gula berlebih dan kafein, misalnya saj kopi dan makanan manis lainnya, karena makanan tersebut bisa membuat dada sakit, perut kembung dan depresi, pilihlah makanan yang ebih segar dan mengandung jat besi tinggi.

itula 8 tips mengurangi rasa sakit atau nyeri ketika menstruasi, semoga tulisan ini bisa membantu mengatasi masalah anda, semoga lekas sehat dan berkurang rasa sakit anda ketika menstruasi. :)

Disqus Comments