-->

BERITA HOAX YANG MENGHEBOHKAN DUNIA, Dan tips Cara mengetahui berita hoax



HOAX atau berita palsu yang bertujuan untuk kepentingan tertentu belakangan ini ramai di sosial media, berita palsu tersebut semakin ramai bermunculan terutama menjalang pemilu atau kontestasi politik di indonesia, salahsatu berita hoax yang cukup menghebohkan dan populer di indonesia adalah berita hoax mengenai ratna sarumpeat yang di pukuli di daerah bandung. banyak sekali berita berseliweran mengenai kejadian itu. sebagian mengasumsikan bahwa muka lebam ratna sarumpeat di sebabkan oleh pemerintah yang represif terhadap aktifis seperti ratna sarmpeat. namun beberapa hari setelahnya ratna sarumpaet mengonfirmasikan berita tersebut adalah kebohongan yang dia buat-buat. ratna mengakui bahwa berita tersebut adalah bohong dan dia sendiri yang membuat kebohongan tersebut. pristiwa sebenarnya adalah ratna yang telah melakukan oprasi plastik sedot lemk d bagian mukanya. namun efek dari oprasi tersebut adalah mukanya menjadi lebam untuk sementara waktu namun karna untuk memberikan kondisi lebam pada anaknya ratna mengaku bahwa dia di pukui dan berita tersebut menyebar ke banyak politisi di kubu prabowo sandi dan sempat menbulkan kehebohan yang luar biasa dan saya cukup yakin untuk mengatakan situasi tersebut di manfaatkan untuk menyudutkan posisi petahana.





hoax sendiri merupakan berita bohong yang di sebarkan baik itu secara sengaja dan tidak sengaja untuk tujuan tertentu. berita hoax pada umumnya memuaskan suatu emosi tertentu dan mengandung judul berita yang kontrofersi namun banyak berita hoax yang tersamar dengan berita valid lainnya . untuk mengetahui sebuah berita adalah hoax atau benar kita membutuhkan kajian yang mendalam dan pencarian kebenara tentang berita tersebut baik melalui internet dengan melakukan perbandingan berita dan situs berita. ataupun dengan cara memferifikasi dengan narasumber yang berkaitan.

selain kasus ratna sarumpaet di atas, ada beberapa berita hoax yang sebelumnya sempat menggemparkan masyarakat bahkan dunia, beberapa berita tersebut diantaraya adalah :

1. berita penyerangan hiu purba raksasa atau megalodon.
berita hoax tersebut awalnya muncul pada sebuah film dokumenter yang kemudian di percaya oleh masyarakat sebagai berita yang benar, namun sebenarnya setelah berita tersebut muncul bahwa masih terdapat mega lodon yang menyerang manusia khususnya di palung mariana.  pembuat film telah mengonfirmasi bahwa film tersebut di buat dengan di dramatisir agar membuat kesan yang sebaik mungkin tentang megalodon. namun berita tersebut terlanjur tesebar dan membuat sebagian masyarakat masih meyakini vidio tersebut.


2. berita hoax anak 6 tahun yang terperangkat di dalam balon.
berita ini cukup menghebohkan khususnya di amerika dan terdengar hingga penjuru dunia. awalnya adalah dikarenakan ada sepasang orangtua yang mengaku bahwa mereka telah kehiilangan anak mereka setelah mereka membelikannya sebuah balon besar berwarna abu-abu. balon tersebut kemudian melintasi beberapa negara bagian dan di temukan di colorado. namun setelah di temukan balon tersebut dalam kondisi kosong. awalnya kedua orangtua trsebut mengatakan bahwa bisa saja anaknya telah terjatuh, namun kenyataannya adalaah ada wartawan yang melihatnya bersembunyi di dalam rumah mereka sendiri. ini adalah berita hoax yang cukup menghebohkan pada saat itu ntah di sengaja atau tidak namun berita tersebut cukup menjadi perbincangan hangat masyarakat AS saat itu.
3. berita duka Meninggalnya pacar pemain American football terkenal Mantiteo
manti teo merupakan pemain amerikan football terkemuka di amerika. iya memiliki banyak prestasi di bidang olahraga tersebut, namun pada suatu hari ia mengumumkan kepada publik bahwa pacarnya telah meninggal dunia akibat kangker. berita tersebut sontak menjadi perbincangan hangat dan memunculkan iba, namun seteah di telusuri ternyata wanita yang di ceritakan oleh manti tei hanyalah temannya di sosial media dan mereka tidak memiliki hubungan apapun, berita hoax manti teo tersebut membuat para media khusunya berita gosip memiliki bahan pembicaraan yang cukup bagus saat itu. 


4. Hampir semua berita tentang alien adalah HOAX.
tidak bisa di pungkiri bahwa banyak sekali berita tentang kedatangan mahluk asing ini dari angkasa luar. banyak rekaman atau poto yang berusaha membuktikan kebenaran mahluk luar angkasa tersebut. misalnya saja vidio alien otopsi yang sempat populer pada tahun 90-an, melalui vidio tersebut banyak orang yang menyakini bahwa pernah ada alien yang di bedah secara rahasia oleh beberapa dokter. uniknya adalah setelah banyak orang yeng mempercayai hal tersebut pembuat vidio tersebut kemudian mengonfirmasi bahwa itu adalah setingan pembuatan film. masaih banyak lagi cerita hoax tentang kedatangan alien yang tidak bisa saya ceritakan satu persatu.


hampir setiap hari kita membaca berita yang hoax baik itu di keluarkan oleh media resmi maupun media-media kecil yangberusaha mencari pembaca. saat ini untuk mempercayi sebuah berita ada baiknya kita melakukan beberapa uji, untuk memeriksa kebenaran berita tersebut. berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek keaslian berita tersebut:
waspada terhadap judul berita yang berpotensi menguntungan satu pihak atau menyudutkan pihak lainnya, karna berita semacam ini mengandung potensi hoax yang cukup tinggi misalnya saja brita politik. cobalah untuk mengkonfirmasi pada beberapa situs lalu melakukan perbandingan bagaimana cara penyampaiannya, para penulis berita juga seorang manusia yang memiliki keberpihakan tentunya akan mempengaruhi opini anda setelah membaca berita tersebut. kedua , berita hoax seringkali memiliki unsur pemuas emosional ketika anda membaca tersebut misalnya saja berita miring soal politisi ataupun sejenis itu. memiliki judul yang clik bait dan isi yang bisa saja tidak valid, selalu ada celah untuk mencurigai sebuah berita tersebut valid atau dikarang-karang. cobalah untuk selalu memeriksa berita sebelum anda membagikannya di sosial media.
jadilah bagian dari pembaca dan pengguna sosial media yang cerdas. dan tidak mudah untuk di perdaya oleh berita hoax. teriakasih untuk membaca tulisan ini...

0 Response to "BERITA HOAX YANG MENGHEBOHKAN DUNIA, Dan tips Cara mengetahui berita hoax"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2