-->

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar Paling Mudah dan berhasil

Bunga Mawar merupakan bunga yang banyak di gemari oleh banyak orang, selain karna nilai filosofinya yang romantis dan melambangkan percintaan yang suci, mawar juga banyak di minati karena bentuknya yang indah dan aromanya yang khas, oleh karena itu tidak heran banyak orang baik laki-laki maupun perempuan yang menyukai bunga mawar, mawar sendiri merupakan tanaman dari genus rose yang juga merupakan tanaman berjenis semak dengan lebih dari 100 farian jenis yang artinya mawar merupakan bunga dengan banyak varian warna bentuk maupun ukuran bunganya. tidak heran bahwa banyak sekali orang yang menyukai bunga mawar tersebut.

Bunga Mawar merah mekar

ciri-ciri dari bunga mawar sepertinya tidak perlu saya jelaskan mengingat bahwa bunga mawar merupakan bunga yang banyak di sukai oelh banyak orang sehingga saya yakin hampir semua orang mengetahui bentuk bunga mawar yang memiliki kelopak bertumpuk yang terdiri dari beberapa helai dengan putik sari di tengahnya, kemudian memiliki daun yang bergerigi dan baang bunga berduri namun beberapa mawar tidak memiliki duri pada batang pohonnya.

Budidaya bunga mawar
dari populeritas bunga mwar khususnya di indonesia, banyak sekali yang mencari tahu dan ingin mempelajari bagaimana cara budidaya mawar yang benar. sebenarnya budi daya mawar bukan merupakan hal yang sulit, terlebih lagi jika anda merupakan orang yang menyukai tanaman hias dan telaten. budidaya mawar akan menjadi suatu aktifitas yang menyenangkan untuk anda lakukan dan dapat menjadi hobi yang mebdatangkan keuntungan besar.


budidaya mawar dapat di lakukan di tempat yang sempit maupun luas, bahkan budidaya mawar dapat di lakukan di dalam ot, namun jika anda berniat untuk menekuni bidang ini secara serius, misalnya saja untuk usaha mawar potong maka anda akan membutuhkan tempat/kebun yang memungkinkan untuk di tanami mawar secara masal.

kebun mawar 

Cara budidaya mawar
cara untuk membudidayakan mawar sendiri pada umumnya terdapat 2 cara. yang pertama adalah dena menyemai benih dan yang kedua adalah dengan melakukan stek batang. secara alami mawar sebenarnya berkembang dengan merunduk, karna pada dasarnya bunga mawar merupakan tanaman semak yang batangnya akan tumbuh tinggi dan suatu hari menjadi merunduk dan menyentuh tanah, dalam hal ini batang akan mengeluarkan akar dan menjadi pohon mandiri yang baru, yang kedua adalah dengan menggunakan biji yang di makan oleh binatang atau jatuh di sekitar pohon induk, lalu kemudian menjadi tunas baru yang akan menjadi mawar dewasa. namun untuk menunggu proses alami tersebut dibutuhkan waktu dan tempat yang cukup luas, oelehkarena itu tulisan di blog bakasura ini akan membaha mengenai bagaimana cara melakukan budidaya tanaman bunga mawar secara mudah tanpa haru menunggu proses alami tersebut.

Berikut ini cara budidaya tanaman mawar yang benar dan mudah :

Cara 1. Penanaman Benih bunga mawar.

mawar merupakan tanaman yang bisa berbunga dan berbuah, buah tersebut memiliki biji yang bisa anda gunakan untuk menanam mawar yang baru, tapi sebelum menanam benih mawar, ada beberapa kriteri yang harus di penuhi untuk menentukan benih tersebut berkualitas baik atau buruk.


- Pilihlah benih (biji bunga mawar) dengan kualitas terbaik dan dari bibit mawar (genetik) terbaik, misalnya saja dari segi warna dan bentuk . hal ini penting untuk membuat tanaman mawar yang anda tanam menjadi bagus dan tidak mengeceakan

- Pilihlah benih biji mawar yang paling bagus. caranya adalah dengan memasukan biji bunga mawar kedalam ember atau wadah lain yang di isi dengan air. kemudian biji mawar yang berkualitas baik akan tenggelam sementara biji mawar yang berkualitas buruk dan tidak tumbuh akan terapung di air.


langkah selanjutnya adalah penyemaian benih.
untuk menyemai benih mawar kita bisa menggunakan media penyemaian dengan tanah humus yang di campur dengan serabut kelapa atau dedak sekam ataupun media lain yang dirasa bisa menyuburkan benih nantinya. dianjurkan untuk menggunakan wadah penyemaian (dapat anda peroleh di toko benih atau pertanian) namun jika tidak anda bisa menggunakan wadah lain misalnya saja nampan , baskom atau apapun itu. usahakan tempat penyemaian telah di beri lubang air di bawahnya agar ketika di siram tidak menggenang dan membuat biji mawar menjadi busuk, lakukanlah penyemaian seperti menyemai biji pada umumnya, cuci biji tersebut sebelum di semai untuk menghindari jamur dan meningkatkan kelembaban. selanjutnya simpan hasil semaian anda di tempat sejuk dan teduh, tunggu hingga 4 minggu atau satu bulan maka benih akan tumbuh. 


setelah kecambah mawar mulai tumbuh yang harus anda lakukan adalah melakukan pemindahan dan perawatan , jangan terlalu terburu-buru memindah kecambah bunga mawar hingga tempat penyemaian benar-benar tidak  memungkinkan untuk bunga mawar anda, lakukan pemindahan dengan hati-hati bisa di lakukan dengan cara  membalikan tempat pot bunga mawar atau merobek polibag bunga mawar tersebut, usahakan mengurangi kerusakan pada akar, untuk mengetahui cara memindahkan tanaman dengan benar bisa anda baca di artikel ini >>>> KLIK DI SINI

selanjutnya bunga mawar muda harus di rawat dengan baik untuk memaksimalkan pertumbuhan bunga tersebut, siramlah 1 hingga 2 kali sehari bunga mawar anda pada pagi dan sore, bunga mawar sendiri merupakan tanaman yang membutuhkan 5 sampai 6 jam cahaya matahari, semakin banyak intensitas cahaya matahari yang dia dapatkan maka semakin bagus pertumbuhan mawar tersebut tentunya dengan pemenuhan air dan unsur hara yang cukup.

Cara Kedua Budidaya Mawar dengan Cara Stek Batang

selain menggunakan teknik penyemaian benih, budidaya mawar juga dapat di lakukan dengan cara melakukan stek batang seperti halnya pohon bunga soka, anting putri, ubi kayu dan sebagainya, tidak heran jika koesplus menciptakan lagu dengan lirik tongkat kayu dan batu jadi tanaman, mawar adalah salahsatu tanaman yang tongkat kayunya dapat menjadi tanaman dengan cara stek. caranya adalah sebagai berikut.
pemilihan batang.

pilihlah batang mawar yang paling bagus, dengan usai yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, sebenarnya sedikit lebih tua akan lebih bagus daripada batang yang terlalu muda, karna batang yang terlalu muda akan menjadi cepat layu, pilihlah batang yang subur dan sehat agar pertumbuhannya lebih maksimal dan tidak mati.
media tanam stek mawar.


gunakan media tanam yang subur misalnya saja tanah humus ataupun sejenisnya dengan kadar ph kurang lebih 5 hingga 6 . untuk membuat mawar tumbuh dengan baik.  ketika melakukan stek bunga mawar anda bisa menggunakan pot, polibag ataupun langsung di dalam tanah.

cara melakukan stek mawar.
Potong batang bunga mawar yang anda ingin stek antara 15- 20 cm sudah cukup. potonglah dengan menggunakan gunting ranting atau bisa juga menggunakan gunting rotan ataupun alat potong lain yang tajam dan bersih, anda dapat memotongnya dengan kemiringan 30 drajat. dibuat menjadi runcing ataupun memotong dengan rata, kuncinya adalah kulit batang bunga mawar anda udahakan tidak terpecah saat anda memotong maupun menanam batang stek tanaman bunga mawar. perhatikan bagian atas dan bawah batang jangan sampai tertukar (catatan: potong daun bunga mawar saat melakukan stek karna daun pasti akan layu dan mati).

tanam batang pohon mawar yang sudah anda potong kuranglebih seperempat hingga setengah bagian. jika diperlukan anda bisa merendam batang mawar tersebut kedalam cairan perangsang akar.  lakukan pemadatan tanah agar batang tidak goyang ataupun tercabut sebelum akarnya tumbuh.

simpan batang mawar yang sedng di stek tersebut di tempat yang teduh dan lakuka penyiraman secara rutin , hingga dau mawar baru mulai tumbuh . (Catatan jangan terburu-buru memindahkan pohon mawar hasil stek yang masih memiliki daun terlalu muda) 

Prospek usaha Budidaya bunga mawar
Budidaya tanaman hias mawar mawar ini memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan, karna bisnis tanaman hias sampai saat ini berhasil menghidupi banyak luarga di indonesia terlebih lagi bisnis tanaman hias mawar yang biasanya banyak menguntungkan baiak itu dengan melakukan penjualan bunga potong sampai dengan menjual pohon tanaman hias mawar itu sendiri. untuk tanaman hias mawar sendiri di bandor dari belasan ribu hingga ratusan ribu tergantung jenis dan besar kecilnya pohon mawar tersebut. sedangkan untuk bunganya sendiri biasanya di bandrol dengan harga 1000 rupiah di petani dan bisa melonjak ketika sudah di rangkai menjadi bunga hias. permintaan mawar sendiri biasanya melonjak di hari-hari tertentu misalnya saja hari raya dan valentine.

budidaya mawar potong bisanya dilakukan untuk keperluan penjulan bunga mawar dengan batangnya. yang artinya kita tidak harus menjual pohon mawar tersebut, dengan demikian pohon bunga mawar kita akan selalu bisa berproduksi. menurut salahsatu petani mawar yang berpengalaman di chane agro media mengatakan bahwa usaha mawar potong cukup menjanjikan karna dengan sekali tanam dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun mawar bisa panen hingga sepuluh tahun lebih dan hanya mengandalkan sepetak sawah yang dia jadikan menjadi kebun mawar saat ini bliau mampu menghidupi kluargana dengan omzet 30jt perbulan hanya dengan menjual tangkai bunga mawar.

terimakasih telah membaca artikel di blog ini jika bermanfaat silahkan di share atau jika tertarik membaca postingan lain bisa anda cari di kolom penarian blog.

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar Paling Mudah dan berhasil"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2