-->

Fungsi Statistik Dalam Penelitian



setelah pada artikel sebelumnya saya menulis mengenai apa itu deskripsi atau pengertian statistik, maka di artikel ini saya akan melanjutkan pembahasan lebih jauh dengan memberi sedikit pemahaman mengenai fungsi ststistik itu sendiri.
menurut buku ststistik sosial yang di tulis oleh Nanang Martono. fungsi ststistik secra umum dapat di urai menjadi 5 bagian yaitu :

1. memungkinkan pencatatan secara eksak mengenai data penyelidikan.
2. menyediakan cara-cara untuk meringkas data kedalam bentuk yang lebih banyak, artinya lebih mudah untuk mengerjakannya.
3. memberi dasar dasar untuk menarik konklusi -konklusi melalui proses  yang mengikuti cara yang dapat di terima oleh ilmu pengetahuan
4. memberi landasan untuk meramalkan secara ilmiah, tentang bagaimana suatu gejala akan terjadi melalui kondisi-kondisi yang telah di ketahui.
5. memungkinkan peneliti menganalisis, menguraikan sebab akibat, yang kompleks dan rumit, yang tanpa statistik akan merupakan pristiwa yang membingungkan kejadiannya dan tidak teruraikan (hadi 2004:2)

dalam peroses penelitian untuk mengetahui suatu persoalan dapat terhubung dengan persoalan lainnya khususnya melalui metode kuantitatif, kita akan sangat membutuhkan ststistik untuk menguraikan hal ini, sebagai contohnya jika anda seorang peneliti yang ingin mengetahui hubungan antara ip tinggi dengan penerimaan kerja oleh perusahaan maka anda membutuhkan data dan engelolaan melalui proses statistik, dalam hal ini ststistik dalam penelitian memiliki fungsi sebagai berikut :

1.Aalat untuk menghitung besarnya anggota sample, yang diambil dari suatu populasi.
2. alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.
3. sebagai alat untuk menyajikan data sehingga lebih komunikatif dan informatif.
4. sebagai alat untuk menganalisis data seperti untuk menguji hipotesis (sugiono 2007:21)


>>>>>>>>>>> JENIS STSTISTIK  BERDASARKAN KEGUNAANNYA <<<<<<<<<<

Note : sumber tuisan ini adalah : buku Statatistik sosial (teory dan aplikasi program spss) yang di tulis oleh Nanang martono dan di terbitkan oleh Gava media pada tahun 2010.

0 Response to "Fungsi Statistik Dalam Penelitian"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2