-->

Jenis-Jenis Statistik dan Penjelasannya


setelah sebelumnya kita belajar mengenai TUJUAN ATAU FUNGSI STSTISTIK (klik untuk membaca)  selanjutnya kita akan belajar mengenaijenis-jenis statistik berdasarkan kegunaannya atau fungsinya.  statistik sendiri di bagi menjadi dua yaitu :

                            - DESKRIPTIF
STATISTIK >                                         -NonParametris
                            - INFERENSIAL >  
                                                                  - Parametris


1). Statistik Deskriptif

         Sesuai dengan namanya, statistik ini bertujuan untuk menggambarkan suatu objek atau karakter suau kelompok,sample, atau data dalam sebuah penelitian. secara umum statistik Deskriptif merupakan cabang ilmu pengetahuan statistika yang mempelajari tatacara penyusuanan dan penyajian data yang di kumpulkan dalam suatu penelitian, statistik deskriptif ini tidak bertujuan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. (Generalis). analisis statistik  deskriptif hanya berlaku di tingkat sample. data yang di maksud pada kalimat pertama bisa kita artikan misalnya saja, data penduduk laki-laki dan perempuan dalam sebuah kota, dan tingkat penjualan sebuah merek X pada bulan januari di daerah B. data ini dapat di sajikan. menggunakan tabel distribusi frekwensi dan atau tabel silang

2). Statistik Inferensial (Induktif)

      statistik inferensial merupakan statistik yang digunakan untuk menganalisis data sample dan hasilnya akan di generalisasikan (diinferensiasikan) di tingkat populasi tempat sample di ambil. dalam statistik inferensia di kenal istilah parameter. parameter merupakan suatu nilai yang menggambarkan suatu ciri karakteristik populasi, atau suatu nilai yang stabil karena suatu nilai tersebut di peroleh dari hasil obserfasi, seluruh anggota populasi, untuk menggunakan statistik inferensial, kita harus menggunakan sample.  pengambilan sample tersebut harus berdasarkan pertimbangan dan perhitungan yang tepat supaya kondisi di tingkat sample dapat mewakili kondisi di tingkat sesungguhnya di tingkat populasi, statistik inferensial juga berfungsi untuk menguji hipotesis. statistik inferensial berfungsi untuk menguji hipotesis.
      statistik inferensial ini juga di bagi menjadi dua yaitu statistik parametris dan nonparametris. :

a). Statistik non parametris :
 ststistik ini di gunakan untuk menganalisis dta yang berskala nominal atau ordinal dari populasi yang bebas dari distribusi (tidak harus berdistribusi nominal)

b). Statistik Parametris:
statistik ini berfungsi untuk menganalisis data bersekala interval atau rasio yang diambil dari populasi berdistribusi normal.  untuk dapat menggunakan statistik ini, ada beberapa sarat yang harus di penuhi ,yaitu : data harus berdistribusi normal (akan saya bahas di postingan selanjutnya) . kedua sample yang akan di teliti harus di ambil secara acak.




Note : sumber tuisan ini adalah : buku Statatistik sosial (teory dan aplikasi program spss) yang di tulis oleh Nanang martono dan di terbitkan oleh Gava media pada tahun 2010.

0 Response to "Jenis-Jenis Statistik dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2