-->

Pengertian Dan Jenis Data Dalam Statistik Sosial


   Pada artikel sebelumnya saya mmbahas mengenai JENIS STATISTIK DAN PENJELASNYA, maka pada adtikel ni saya ingin membahas mengenai apa itu data dan apa saja jenis jenis data yang perlu kita ketahui saat mempelajari statistik.
      Data dapat kita artikan sebagai sekumpulan informasi-informasi atau angka hasil pencatatan dari sebuah kejadian(Sugiarto 2003). atau sekumpulan informasi yang di gunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian.data juga merupakan bahan mentah yang perlu di olah sebelum dapat di sajikan secara informatif pada masyarakat umum. baik melalui penelitian kualitatif maupun kuantitatif. dengan demikian sudah dapat kita pastikan bahawa data merupakan unsur yang sangat penting dalam penelitian, tanpa terkumpulnya data maka penelitian tersebut tidak dapat di jadikan sebagai penelitian yang ilmiah.
data sendiri terbagi menjadi 2. yaitu :

1). Data Kuantitatif :
data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka, atau bisa juga bersumber dari data kualitatif yang diangkakan. contohnya adalah jumlah buruh pabrik yang mendapat gaji kurang dari UMR berjumla 120 orang, atau karawan pabrik B rata-rata mendapatkan gaji 4000.000 rupiah.
 Data kuantitaif kemudian terbagi menjadi 2 yaitu :

a). Data diskrit.
 Data Diskrit yatu data yang di peroleh dari hasil penghitungan atau membilang, bukan hasil mengukurdata ini juga di sebut data nominal. ciri utama data ini yaitu data ini tidk mungkin berbentuk pecahan.

b). Data Kontinum
data kontinum yaitu data yang di peroleh dari hasil pengukuran. data ini terdiri atas data Ordinal,Interval, dan Rasio 

2). Data Kualitatif
Data kualitatif ini merupakan data yan tidak berbentuk angka, data ini bisa berbentuk kalimat. kata atau gambar. data kualitatif juga bisa didefinisikan sebagai data yang berentuk kategorisasi, karakteristik berwujud pertanyaan, atau kata-kata. misalnya perempuan itu cantik. mata uang indonesia adalah rupiah, pemandangan di sungai itu indah, dan bisa semacam itu.

untuk memudahkan pemahaman tantang pembagian data tersebut bisa di lihat pada gambar di bawah ini :
sumber google.image.com


BACA JUGA


Note : sumber tuisan ini adalah : buku Statatistik sosial (teory dan aplikasi program spss) yang di tulis oleh Nanang martono dan di terbitkan oleh Gava media pada tahun 2010.

0 Response to "Pengertian Dan Jenis Data Dalam Statistik Sosial"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2