-->

Pengertian Statistik dalam ilmu sosial


pengertian statistik.ststistik ilmu sosial, definisi ilmu ststistik sosial.


kita tentusaja sering mendengar istilah statistik atau bahkan menggunakan istilah tersebut dalam pembicaraan sehari-hari. akan tetapi sebenarnya apa yang di maksud dengan statistik ?
kebanyakan orang yang saya jumpai mengartikan statistik sebagai kumpulan angka, diagram, grafik, mean,median, atau bahkan sebagian lagi justru menunjuk suatu lembaga milik pemerintah yaitu BPS. badan pusat statistik sendiri merupakan lembaga yang bertugas, mencari, mengumpulkan dan menyediakan berbagai macam data baik itu tentang kependudukan , ekonomi, dan sebagainya. dari terbentuknya lembaga ini bisa di pastikan statistik merupakan hal yang begit penting dalam sebuah penyampaian informasi oleh pemakainya.
statistik sendiri seringkali di gunakan oleh para peneliti, untuk proses pengumpulan data, pengolahan dan penyajiannya agar penelitian tersebut dapat di akui kebenarannya dan memiliki argumen yang logis dan dapat di terima/ di pahami oleh masyarakat luas dengan mudah
ststistik sendiri merupakan sebuah ilmu turunan matematika yang telah di kembangkan dan banyak di gunakan di berbagaimacam disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial yang seringkali sangat anti dengan matematika, namun statistik ini dirasa begitu pening untuk dilibatkan dalam proses penelitian ilmu sosial.
secara singkat menurut (Nanang Martono 2010) Statistik dapat di artikan sebagai teknik pengelolaan data kuantitatif, atau data yang berupa angka-angka. istilah statistik juga seringkali tidak bisa di lepaskan dengan Statistika, pengertian statistika sendiri merupakan sebuah cabang ilmu pengetauan yang secara khusus mempelajari ststistik. berikut ini merupakan beberapa definisi statistik:
1. bagian dari metode pengelolaan data secara ilmiah
2. cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan, menyusun, meringkas dan menyajikan data penyelidikan (hadi, 2004:1)
3. cara untuk mengelola data dan menarik kesimpulan - kesimpulan yang teliti dan keputusan yang logis dari pengelolahan data tersebut (hadi :2004:1)
4. suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan datastatistik dan fakta yang benar, atau suatu kajian ilmu pengetahuan yang mempelajari teknik pengumpulan data, pengelolaan data dan penyajian data. (riduan 2003)

dengan beberapa definisi di atas kita dapat menyimpulkan bahwa ststistik merupakan metode ilmiah yang di gunakan dalam suatu proses kajian data termasuk di dalamnya merupakanpengumpulan, penyusunan, pengelolaan, dan penyajian data secara benar dan logis.


0 Response to "Pengertian Statistik dalam ilmu sosial"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2