10/8/18

Tips Aman Melakukan Promosi Blog di Facebook.

Tips Aman promosi blog secara gratis di facebook.
jika anda menemukan artikel ini, mungkin anda sedang berusaha keras untuk menaikan trafik blog anda dari berbagai cara. salahsatunya adalah dengan cara mempromosikan blog anda baik itu melalui google. ataupun melalui media lainnya yang dapat meningkatkan traffik blog anda. kai ini bakasura ingin menceritakan sedikit pengalaman ketika berusaha melakuakn promosi blog di facebook dan kesalahan fatal yang pernah saya lakukan hingga akunfacebook saya terlable spam oleh pihak facebook.


tapi sebelumnya lebih baik kita mengenal terlebih cara-cara yang biasanya di lakukan orang untuk mempromosikan blognya, bagi para blogger pemula biasanya mereka berusaha belajar kerasa untuk melakukan Search Engine Optimation atau SEO dengan berbagai cara mulai dari tamplate penulisan artikel dan sebagainya, namun kadang mereka menjadi lupa bahwa mereka menulis artikel untuk di baca oleh manusia bukan hanya sekedar mesin pencarian google. blog anda mungkin akan terindek di urutan pertama google tapi anda akan kehilangan pelanggan jika cara anda menulis di peruntukan untuk robot google. sebenarnya ada beberaa cara yang bisa di lakukan untuk mempromosikan blog anda misalnya saja dengan mendapatkan Backlink seperti yang saya lakukan di artikel ini ketika mengarahkan anda untuk membaca artikel mengenai cara promosi di facebook. selain itu anda juga bisa melakukan promosi di google+, mengiklan di googel meggunakan fitur media sosial lainnya dan menjalin keakraban dngan para bloger lainnya. namun pada artikel ini saya hanya akan fokus mengulas mengenai promosi blog anda di facebook.


melakukan promosi blog/web atau bahkan produk sekalipun bisa dilakuakan dengan dua jenis cara yaitu pertama menggunakan jasa Facebook Ads atau mengiklankan secara komersil di facebook, cara mengiklan ini akan membuat produk anda dalam hal ini adalah blog atau web akan di tampilkan pada sekian jumlah orang tergantung seberapa banyak target anda. iklan dari web anda akan muncul di beranda (feed) atau bisa juga muncul di samping kiri atau kanan dari facebook anda. mungkin anda sering melihat iklan facebook namun anda seringkali tidak menyadarinya, biasanya facebook akan memuncuklan notifikasi bersepeponsor pada postingan yang di iklankan.  seperti contoh di bawah ini :

setiap postingan yang muncul di feed facebook seseorang akan bertuliskan berseponsor di bawahnya.

 keuntungan dari facebook ads ini ketika mengiklan di facebook anda memiliki kebebasan untuk menentukan target pengiklan anda, misalnya saja kita ambil contoh web berita politik, maka anda dapat menentukan iklan tersebut akan muncul di facebook siapa saja, misalnya orang yang menyukai tulisan berbau politik, laki-laki dengan rentang usia sekian dan tinggal di daerah tertentu bisa anda targetkan sedemikian rinci. 
yang kedua adalah promosi secara gratis dengan cara memanfaatkan semua fitur yang bisa kita gunakan untuk berhubungan dengan orang lain, untuk lebih lengkapnya bisa anda liat di postingan Mas Eko prianto di bawah ini.


namun ada hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan promosi produk atau blog anda di facebook yaitu :

pertama : perhatikan waktu posting , ini adalah trik sederhana apabila anda menginginkan postingan anda berhasil di lihat oleh banyak orang, sebenarnya facebook memiliki algoritma yang sebagian orang menyebutnya sebagai edrank atau gelembung pertemanan. sederhananya anda memiliki 5000 teman di facebook namu setatus anda hanya akan di lihat oleh beberapa ratus orang saja di facebook, untuk memperluas cakupan tersebut perbanyaklah interaksi dengan teman facebook anda secara acak dan tersebar. jika upaya tersebut sudah anda lakukan yang harus anda perhatikan berikutnya adalah menganalisis waktu yang tepat untuk membuat sebuah postingan facebook agar bisa di baca dan di simak oleh lingkaran pertemanan anda di facebook, misalnya saja teman anda merupakan pekerja atau pelajar maka mereka cenderung membuka facebook pada jam2 sore hari selepas beraktifitas. manfaatkan wakru tersebut. pada umumnya orang membuka sosial media saat makan siang dan sepulang kerja. dengan begitu postinglah pada jam tersebut.

kedua semua orang tidak ingin di iklankan. kita pasti sependapat dengan hal ini, oleh karena itu adblock banyak di minatii oleh pengguna internet untuk menyaring iklan yang seringkali mengganggu, oleh karena itu iklankan web anda dengan cara memberikan solusi, misalnya saja anda dapat bergabung di grup penghobi ikan hias, maka yang anda posting misalnya saja cara mengobati penyakit jamur pada ikan ataupun postingan lain yang juga memiliki nilai edukasi di grup tersebut. cobalah untuk tidak selalu mengandalkan postingan namun juga bisa memberikan link di komentar saat menjawab pertanyaan buatlah diskusi yang nyaman seperti halnya misalnya saja kaskus. pada masanya kaskus merupakan media yang sangat menjanjikan untuk menyebarkan link namun saat ini sudah mulai sepi pengunjung.

ketiga ikuti peraturan. ketika anda masuk dalam sebuah komunitas cobalah untuk mencari tahu peraturan yang berada di grup tersebut jangan sembarangan mengiklankan web atau blog anda pada sembarang grup. jika peraturannya tidak boleh memposting link maka jangan lakukan hal tersebut. masih banyak cara yang bisa di lakukan untuk mempromosikan bog anda.

ke empat menahan diri. ini adalah cerita pribadi saya ketika menerapkan cara mempromosikan blog di facebook pada awal mula blog ini saya kembangkan karna masih sepi pengunjung akhirnya saya menggebu-gebu untuk melakuakn spam di banyak grup. saat itu saya bisa melakuakan spam sebanyak 3-5 grup dalam sehari, dari kejadian tersebut akhirnya facebook mencurigai aktifitas yang saya lakukan sebagai spam. dampaknya adalah sampai saat ini postingan saya seringkali di acuhkan oleh algoritma facebook yang artinya akan mendapatkan sangat sedikit like dan komentar kecuali di edrank yang benar-benar dekat dengan saya. hal tersebut tentu saja sangat merugikan apalagi untuk seorang internet marketing yang membutuhkan lingkaran pertemanan yang cukup banyak di faceboook.

demikian sedikit tulisan saya mengenai tips mempromosikan blog di facebook yang aman dan efektif. semoga pengalaman saya bisa menjadi ilmu pengetahuan yang berharga untuk anda semuanya terimakasih.

Disqus Comments