-->

Cara Budidaya Ikan Guppy Dengan Mudah Dan Berhasil

Cara budidaya ikan guppy sederhana tapi sukses
cara budidaya ikan guppy sebenarnya merupakan cara yang sangat mudah dan sederhana, berternak ikan guppy atau udidaya guppy ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, metode dan dapat di lakukan di mana saja. ikan ini cenderung tidak rewel dengan tempat yang di gunakan untuk media budidaya, bahkan ikan ini bisa di budidayakan dalam mangkuk sekalipun.

Jika kamu tertarik dengan ikan dan akuarium, Kmu mungkin harus mengunjungi www.ikanair.com untuk referensi bacaan yang lebih lengkap dan akurat tentang dunia hobi ikan.

mengenal ikan guppy.



ikan guppy sendiri merupakan ikan hias air tawar hingga payau yang memiliki ketahanan cukup tingii untuk beradap tasi di berbagai macam situasi, namun tidk bisa di pungkiri banyak jenis ikan guppy yang rawan mengalami penyakit dan mati oleh sebab yang sepele, seperti salah penggunaan air hingga hama penyakit jamur, hal inilah yang biasanya menyebabkan kegagalan dalam budidaya ikan guppy khususnya untuk para pemula yang baru terjun di dunia ikan guppy ini. 
ikan guppy sendiri di bawa ke indonesia pada walnya untuk memberantas bintik nyamuk yang di bawa oleh pemerintah kolonial belanda, ikan gupy sendiri bisa di temui hampir di seluruh dunia, ikan ini terkenal dengan kecantikannya khusunya ikan pejantan yang memiliki ekor yang menawan dibandingkan ikan betina.ikan ini juga banyak di pelihara untuk menghiasi aquascape. untuk lebih jauh mengenal ikan akua scape bisa anda baca di artikel ini: Daftar ikan hias penghuni aquascape paling populer


ikan guppy sendiri banyak di budidayakan atau di ternakan untuk keperluan kontes, atau sekedar hobi hingga bisnis. di indonesia sendiri terdapat organisasi yang khusus enangani kontes dan budidaya ikan guppy itu sendiri, nama organisasinya adalah IGPA. dewasa ini kontes ikan guppy banyak di gelar seiring dengan maraknya peminat ikan hias berwarna cantik ini. selain itu harga ikan guppy di pasaran juga lumayan tinggi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk ikan yang berkali-kali memenangkan kontes.

dengan peluang bisnis yang menjanjikan tersebut maka saya akan menulis mengenai bagaiana cara budidaday ikan guppy yang baik dan benar :

Memilih indukan :
untuk menghasilkan anakan guppy yang bagus maka pilihlah ikan guppy yang memiliki kualitas bagus dengan warna yang cerah, sehat dan akan memiliki genetik yang kuat.  untuk para pembudidaya pemula di sarankan untuk menjodohkan ikan guppy dengan jenis yang sama. ciri indukan yang bagus adalah memiliki warna yang cerah, sehat, ekor membuka tidak kuncup. betina memiliki badan yang sehat dan tidak kurus. telah matang usianya untuk melakukan penjodohan. 
untuk mengenali ikan guppy jantan dan betina bisa anda lihat pada gambar di bawah ini :



tempat budidaya ikan guppy :
dalam melakukan budidaya ikan guppy anda bisa memanfaatkan apapun yang berada di sekitar anda, ikan guppy pada dasarnya bisa hidp di wadah apapun asal memiliki cukup ruan untuk berenang. bisa dalam ember, box sterofom, box bekas kulkas, akuarium dan sebagainya. yang perlu di perhatikan hanyalah kondisi air yang harus ehat dan bersih kemudian pakan yang menunjang untuk pertumbuhan guppy, untuk membahas air dan pakan ikan guppy akan saya bahas dalam artikel lainnya di blog ini.namun jika anda ingin mempelajari penyakit pada ikan guppy bisa anda baca di artikel Daftar Penyakit Pada Ikan Guppy Dan cara Mengatasinya

teknik penjodohan :
bagi saya ada dua teknik penjodohan ikan guppy, pertama adalah dengan metode umbaran antara jantan dan betina dengan cara mencampur beberapa ikan guppy jantan dan ikan guppy betina dalam satu tempat atau kolam dan tidak di pisahkan di biarkan untuk bersama hingga ikan guppy melahirkan anak, ini merupakan penjodohan alami, biasanya di lakukan oleh orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus ikan guppy dan akan lebih baik jika menggunakan kolam yang luas sehingga ikan dapat berenang bebas dan anakannya bisa bersembunyi agar tidak di makan indukan, sedangkan penjodohan kedua adalah penjodohan yang paling banyak di lakukan oleh para penghobi ikan guppy, yaitu dengan cara menjodohkan ikan guppy jantan dan betina pada periode waktu tertentu
caranya akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini :


1. pemilihan indukan jantan dan betina yang telah matang
ketika menjodohkan indukan jantan dan betina dalam metode ini, biasanya para peternak telah memisahkan ikan jantan dan betina sejak ikan tersebut dapat di kenali jenis kelaminnya, biasanya ikan jantan  akan di klompokan dengan ikan jantan lainnya dan begitupula ikan betina hingga ikan-ikan tersebut siap untuk di jodohkan, pemisahan ini bertujuan untuk mendapatkan anakan yang lebih optimal dan mencegah perkawinan ang tidak terkontrol dan menurunkan kualitas anakan guppy.

2. satukan dalam satu wadah
setelah indukan ikan memasuki usia matang untuk di jodohkan maka anda bisa menjodohkan  ikan guppy dengan komposisi 1 jantan untuk membuahi 5 ikan guppy betina, namun jika anda ragu anda dapat menambahkan 2 ekor janta untuk 5 ekor ikan betina. usahakan untuk meletakan ikan jantan terlebih dahulu dalam wadah perjodohan hingga ikan tersebut merasa nyaman dan beradaptasi dengan ingkungan baru tersebut, kemudian setelahnya masukan ikan betina yang kan di jodohkan agar ikan jantan langsung mengejar ikan betina untuk proses perkawinan.  yang menarik dari ikan ini adalah, ikan guppy dapat menyimpan sperma jantan dalam waktu yang lama hingga 5 kali proses melahirkan, oleh karena itu usahakan untuk melakukan penjodohan ikan dengan kualitas yang baik agar anda tidak membuang buang waktu untuk menunggu 5x kelahiran ikan betina untuk membersihkan ikan betina dari sel sperma ikan jantan yang tidak bagus keturunanya.


3. diamkan beberapa hari.
setelah mencampurkan ikan guppy jantan dan betina biasanya ikan guppy akan langsung kawin, namun jangan buru2 untuk memisahkan ikan tersebut, diamkan beberapa hari untuk memastikan proses kawin berjalan dengan baik dan sperma ikan guppy jantan benar benar membuahi ikan guppy betina. diamkan minimal satu malam atau lebih.

4. pisahkan indukan jantan
setelah ikan guppy di jodohkan, pisahkan induk jantan ke tempat yang sebelumnya untuk di persiapkan di jodohkan kembali dengan ikan guppy betina lainnya.

5. letakan indukan betina di kolam khsusu.
setelah dapat di pastikan indukan betina telah di buahi oleh guppy jantan, maka selanjutnya adalah letakan guppy betina dalam wadah kusus untuk menuggu kelahiran ikan guppy. berilah makanan yang rutin dan sehat agar kehamilan dapat berjalan dengan lancar, usahakan untuk membatasi atau memishkan ikan guppy indukan setelah anakannya lahir karna biasanya jika lapar ikan betina akan memakan anakannya sendiri.


6. setelah melahirkan
pisahkan ikan gupy betina dari kolam burayak atau pisahkan burayaknya dari kolam ikan guppy betina  selanjutnya ikan guppy betina dapat di rawat dengan baik dan pemberian pakan yang sehat sebelum di jodohkan kembali, sama seperti halnya mahluk hidup yang lain, setelah melahirkan ikan biasanya menjadi lemas dan rawan terserang berbagai macam penyakit.

7. perawatan burayak
rawatlah burayak di kolam terpisah dengan ikan guppy dewasa untk menghindari kanibal, berilah makanan secukupnya dan kontrol ikan tersebut setiap hari. ikan burayak pada dasarnya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dari ikan dewasa, namun ikan kecil ini cenderung rawan terhadap ancaman predator lainnya. bahkan indukan guppy sendiri.

jika anda membeli ikan guppy secara online ada baiknya jika anda membaca artikel mengenai cara melakukan karantina pada ikan setelah pengiriman

itulah sedikit tips merawat dan budidaya ikan guppy berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama memelihara ika guppy untuk informasi lebih lanjut bisa di anyakan di kolom komentar.

#bagi anda yang mencari indukan guppy berkualitas dengan harga murah silahkan hubungi saya melalui email Muhammadrizalsantoso@gmail.com

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Guppy Dengan Mudah Dan Berhasil"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2