-->

Cara Paling Mudah Berternak Ikan Hias Molly Atau Platty

Mengenal Ikan Molly/platy


ikan molly dan ikan platy merupakan ikan hias berwarna warni yang seringkali di gunakan untuk menghiasi aquarium atau sekedar di pelihara sebagai hobi, namun beberapa jenis  ikan ini juga sering di gunakan sebagai pakan ikan predator yang masih kecil.

ikan molly dan plati ini hidup di air tawar dan memiliki ketahanan tubuh dari penyakit yang cukup baik di bandingkan dengan ikan lainnya, ikan hias jenis ini sebenarnya pernah di tebarkan di alam liar untuk memberantas nyamuk, namun di bberapa daerah ikan ini juga sering terlihat di selokan dan di kolam kolam alami atau danau. jenis yang paling banyak sering saya temui di alam bebas adalah jenis sword tail.




untuk membedakan ikan molly jantan dan betina tidak terlalu sulit, perbedaan menonjol bisa di lihat dari sirip dorsal ikan jantan biasanya lebih panjang, memiliki tubuh memanjang dan dapat di lihat pada sirip bagian bawah, disamping itu ikan jantan biasanya akan lebih agresif mengejar ngejar ikan betina. dalam penjodohan ikan molly, tidak jauh berbeda dengan ikan guppy, satu ikan molly dapat membuahi banyak ikan betina nya.

cara berternak ikan molly

untuk menjodohkan ikan molly sendiri dapat dengan melakukan 2 cara seperti halnya berterak ikan uppy. namun karna penjodohan dan budidaya intensif sudah saya jelaskan pada artikel budidaya ikan guppy yang bisa anda baca di sini


kali ini saya akan menjelaskan budidaya semi intensif dimana anda tidak perlu terlalu repot untuk mengurusi ikan molly ini. biasanya penjodohan semi intensif di lakukan dengan memelihara ikan jantan dan betina dalam satu wadah besar yang di biarkan begitu saja untuk kawin, presentasi jantan dan betinanya adalah 5 banding 1. atau bisa juga dengan 2 banding satu. kemudian ikan yang di jodohkan di biarkan di pelihara . namun jika ikan betina sudah terlihat mulai hamil tua . anda bisa memisahkan ikan indukan betina ini ke wadah penetasan,  untuk menghindari kanibalisme gunakan keranjang plastik yang memiliki banyak lubang atau gunakan tempat burayak bisa di beli di toko ikan untuk mencegak anakan ikan di makan oleh indukannya.


untuk mengetahui ikan betina yang teah matang kandungannya bisa di lihat dengan cara melihat bagian bawah ikan yang betina yang memiiki perut pesar, pada umumnya ikan yang akan melahirkan cenderung lebih sering menyendiri dan tidak di buahi lagi oleh ikan jantan, selain itu ujung perutnya akan terlihat telur dan anakan yang hampir kluar, mengingat ikan molly merupakan ikan yang bertelur dan melahirkan sekaligus, ikan molly akan menyimpan telurnya di dalam perut hingga siap untuk di lahirkan. pisahkan indukan ini kedalam kolam burayak agar hasil uang di dapatkan menjadi lebih maksimal.


selanjutnya ikan yang telah melahirkan bisa di pindahkan kembali pada kolam untuk kembali di jodohkan, sedangkan burayak yang lahir bisa anda beri makan kutu air atau pelet kusus burayak biasanya adalah menggunakan pelet udang yang memiliki diameter butiran sangat kecil.

begitulah cara budidaya ikan moly yang menurut saya sangat mudah bahkan bisa di lakukan oleh anak-nak sekalipun, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Paling Mudah Berternak Ikan Hias Molly Atau Platty"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2