-->

Mengenal Burung Falk atau Parkit Australia (Cockatiel)

Apa itu Burung Falk ?


Burung falak merupakan burung paruh bengkok yang berasal dari australia, seperti namanya burung falak atau parkit australia ini banyak di temukan hidup bebas di benua australia, burung ini sering juga di sebut burung cockatiel, sebenarnya banyak sekai naman yang sering di gunakan untuk menyebut burung ini di berbagai wilayah di dunia, namun seperti pada umumnya setiap satwa atau flora akan di beri nama ilmiah, begitu juga burung falk ini yang memiliki nama ilmiah nyimpus hollandicus.


burung falk ini beberapa waktu belakangan menjadi burung yang sangat banyak di minati oleh masyarakat indonesia, meskipun burung ini telah populer di luar negri namun kepopulerannya di indonesia baru bisa di rasakan dalam waktu belakangan ini, salahsatu penyebab menjamurnya peminat burung parkit australia ini adalah karna warnanya yang indah dan memiliki jambul di kepalanya seperti burung kakatua. hal itu tidak begitu mengherankan mengingat burung ini juga di juluki sebagai kakatua kecil meskipun burung ini masih berkrabat dengan kaka tua karna memiliki paruh yang bengkok namun burung ini sebenarnya memiliki garis kekrabatan yang cukup jauh dengan burung kakatua

selain karena warna dan tampilannya burung parkit australia/falk juga banyak di pelihara sebagai hewan peliharaan keluarga karna kepintarannya, memang sudah banyak di kenal bahwa burung paruh bengkok memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, dan sangat mudah untuk di jinakan, begitu juga dengan burung falk ini. salahsatu negara yang masyarakatnya banyak memelihara falk adalah di korea, mereka memelihara burung ini untuk di jadikan hewan peliharaan yang di lepa bebas di dalam rumah bukan hanya sekedar di gantung di dalam sangkar.

burung cockatiel ini juga dapat berkicau atau bersiul secara merdu bahkan jika di latih dengan baik burung ini bisa menirukan banyak suara yang dia dengar. makanan burung falak ini sama dengan makanan burung paruh bengkok lainnya dan hampir memiliki karakteristik sifat seperti halnya burung paruh bengkok lainnnya, anda bisa memberinya milet atau biji-bijian ain bahkan buah-buahan untuk pakan burung ini, namun jangan sekali-sekali memberi burung ini buah alpukat dan buah coklat karna dua jenis makanan ini bisa mengganggu kesehatan burung falk atau parkit australia anda.  

Ciri ciri Burung Falk

tidak sulit untuk mengenali burung falak dimanapun anda berada bahkan sejk burung ini masih sangat kecil atau piyik. salahsatu ciri yang enonjol dari burung falk atau parkit australia ini adalah terdapat bulu jambul di kepalanya seperti kakatua, memiliki paruh bengkok dengan hidung yang terbuka lebar di atas paruhnya. paruh cockatiel sebenarnya menyuertupai paruh parkit namun terlihat lebih besar, selain itu burung falk australia ini juga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar 2x lipat dari love bird atau parkit.

ciri lain yang menonjol adalah tedapat warna bulatan merah di pipi burung tersebut, membuat burung falk terlihat lebih menarik dan menggemaskan, namun pada beberapa jenis burung falak tidak memiliki rona merah tersebut.

bulu burung Falk sendiri basanya berwarna putih kekuningan namun ini tidak bisa menjadi patokan karna banyak jenis burung falk yang memiliki bulu berbeda beda naun secara garis besar bulu burng falk terdiri dari campuran kuning, putih dan hitam.  untuk lebih lanjut engenal ciri dan harga burung falk secara spesifik akan saya bahas dalam artikel selanjutnya.

Jenis jenis burung Falk

ada beberapa jenis burung falk yang tersebar di berbagai filayah di dunia ini namun pada umumnya jenis tersebut memiliki garis turunan dari 5 jenis utama burung falk, yaitu falk lutino, yang memiliki warna polos putih kekuningan dengan pipi merona dan jambul di kepalanya, lalu pied,pearl,cinamon, dan White face dengan ciri menonjol tidak memiliki bulatan berwarna merah di pipinya. untuk lebih jelasnya silahkan amati gambar di bawah ini. atau anda bisa membaca artikel jenis dan harga burung falk


harga burung Falk

harga burung falk secara umum di pasar burung dan bursa jual beli burung secara online berkisar di antara 500 - 800  ribu untung burung anakan, sedangkan burung remaja dan dewasa berkisar di harga 700 ribu hingga 1 juta untuk per ekornya, dan untuk burung falk perpasang biasanya di hargai 1,5juta hingga 2.800 ribu rupiah. harga ini hanya estimasi dan bisa saja berbeda lebih murah atau lebih mahal tergantung di kota anda. daftar harga tersebut adalah harga burung falk yang saya rangkum dari berbagai situs jual beli hingga komunitas burung falk di indonesia.

budidaya Burung Falk.

cara budidaya burung falk cukup mudah dan sederhana dapat menggunakan kandang jodohan ataupun kandang koloni. hal ini diarenakan di alam bebas burung falk hidup secara sosial beranggotakan klompok kecil ataupun koloni besar hingga 150 burung dalam satu kelompok. 

secara singkat budidaya burung falk ini bisa di samakan dengan budidaya burung parkit. atau love bird untuk lebih jelas mengenai budidaya burung falk bisa di baca di artikel saya berikut ini.

membedakan burung falk jantan dan betina

memang sedikit riskan untuk memastikan jenis kelamin burung paruh bengkok salahsatunya falk ini, untuk membedakan jenis kelamin burung falk jantan dan betina dapat di lakukan secara pasti dengan melakukan uji DNA sexing, namun ada beberapa cara untuk mengetahui jenis kelamin burung falk tanpa harus tes dna adalah sebagai berikut:



Burung falk antan biasanya lebih aktif bersiul sedangkan falk betina biasanya lebih sering berdesis bukannya bersiul, selain itu burung falk jantan pada umumnya memiliki warna yang lebih menonjol baik itu lebih gelap maupun terang daripada betina, anda juga dapat melihat jenis kelamin burung falk dengan meletakan cermin di kandang burung, biasanya burung falk betina akan menghindari cermin, namun burung falk jantan akan lebih narsis dan bermain dengan cermin tersebut, cara lain mengenali falak jantan atau betina yaitu dengan cara melihat tulang selangkangan burung falk dan ekor burung falk, biasanya ekor burung falk betina akan memiliki tanda bercak di ekornya. dan terakhir biasanya burung falk jantan akan lebih aktif merayu burung falk betina dengan cara mendekat atau berkicau di dekat burug falk betina.

0 Response to "Mengenal Burung Falk atau Parkit Australia (Cockatiel)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2