11/5/18

Jenis - Jenis Burung Falk dan Daftar Harganya

Burung falk atau secara umum di sebut burung Cockatiel ini juga banyak di sebut sebagai burung parkit australia khususnya karena alasan habitat hidupnya di alam bebas,  burung ini banyak sekali di pelihara di indonesia sebagai burung hias yang bisa di ajak bermain di luar kandang bahkan bisa juga di ajarkan untuk melakukan trik sederhana hingga melakukan Free fly di udara bebas sebelum kembali lagi kepemiliknya, anda juga bisa membaca tentang burung falk ini lebih jauh di artikel, mengenal burung falak atau parkit australia. (cara melatih burung paruh bengkok melakukan trik)

sebenernya pada awalnya jenis burung falak ini hanya memiliki satu warna yaitu hanya berwarna abu-abu seperti yang di kutip dari ekor9.com, namun setelh melalui banyak persilangan yang di bantu oleh manusia akhirnya burung falak ini memiliki banyak sekali jenis. banyaknya jenis burung falk ini juga ternyata memengaruhi harga dari burung falk, semakin indah warna bulunya maka semakin mahal harga burung falk ini.

parkit australia

jenis burung falk ini sebenarnya terbagi menjadi 6 kelompok jenis berdasarkan warna bulunya, namun pada perkembangannya makin banyak yang melakukan kawin silang burung falk sehingga saat ini terdapat kurang lebih 26 jenis burung falk. wahh cukup banyak bukan ? mari kita bahas jenis-jenis burung falk di bawah ini.

Burung Falk Jenis Pied

Burung falk jenis pied ini memiliki bulu dasar berwarna putih dan memiliki corak berwarna hitam di sekitar punggung namun yang menjadi ciri khas burung falk pied ini terletak pada warna kuning yang seharusnya tidak berwarna kuning pada jenis burung falk lainnya, burung falk ini juga masih memiliki jenis turunan beraneka macam seperti White pied, cinamon pied, pearl pied, pearl pied cinamon. banyak bukan ? ini di kibatkan oleh penjodohan burung secara silang antara satu jenis dengan jenis lainnya

burung falk jenis pied

harga burung falk pied ini sendiri berkisar di anara 500- 1 juta rupiah tergantung usia burung dan corak warna yang di miliki tidak lupa juga keahlian burung atau tingkat kejinakannya.

Burung Falk pearl

burung falk jenis ini memiliki corak di tubuhnya menyerupai bintik-bintik mutiara atau batik, bagi saya pribadi corak pada burung falk pearl ini mengingatkan saya pada corak burung parkit biasa yang muncul di tubuhnya, falk jenis pearl ini juga memiliki turunan jenis lainnya seperti pied perl, cinamon pearl, white face cinamon pearl, dan yelow ceck pearl.


harga burung falk jenis ini berkisar antara Rp.6000.00 untuk burung berusia 2 minggu hingga 2 bulan, dan berkisar antara 1,5 hingga 2,5 juta untuk perpasangnya.   biasanya burung jantan akan memiliki corak yang memudar ketika semakin dewasa.

Burung Falk Lutino.

dari semua burung falk, jenis lutino merupakan jenis yang paling banyak di gemari di indonesia,karna warnanya yang puti bersih dengan pipi berwarna merh membuat burung in terlihat sangat menggemaskan, jenis lutino ini masih memiliki turunan jenis yaitu lutino pied ciamon. lutino pearl pied, lutino pearl dan lutino white face yang sangat menyerupai burung kakatua karna warnanya yang putih polos dari kepala ke ekor. 
burung falk jenis lutino

harga burung falk lutino ini sendiri berkisar antara 500 ribu hingga jutaan rupiah. 

burung falk cinamon.

jnis burung falk ciamon ini memiliki warna campuran antara putih dan coklat atau abu-abu namun biasanya warna coklat atau abu akan lebih dominan untuk jenis cinamon murni namun untuk jenis turunan biasanya terlihat seperti gabungan warna yang harmonis.
cinamon falk cockatiel

harga burung falk cinamon ini sendiri paling murah di kisaran 550 ribu hingga satu juta rupiah untuk satu ekornya.

Burung Falk White Face.

darinamanya saja sudah dapat di kenali bahwa burung falk ini memiliki wjah berwarna putih berbeda dengan burung falk lainnya yang memiliki wajah bertompel merah, burung falk ini tidak memiliki tompel tersebut. namun burung falk ini juga memiliki banyak persilangan dengan jenis burung falk lainnya sehingga menghasilkan warna baru.
Burung Falk jenis white face

pada umumnya harga burung falk ini berkisar di harga 500 ribu hingga satu juta untuk per ekornya.

Burung Falk Liar

burung falk jenis ini biasanya dominan berwarna abu-abu atau coklat dengan jambu dan pipi yang tetap berwarna merah namun biasanya burung jantan memiliki warna yang leih menonjol.

untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis burung falk bisa di lihat pada gambar di bawah ini.


Disqus Comments