-->

Cara Mudah Budidaya Burung Falk Australia Bagi Pemula

Burung falk atau sering juga di sebut dengan burung cockatiel ini lebih populer di sebut sebagai burung parkit australia, di indonesia sendiri parkit australia atau burung falk ini belum terlalu populer dan masih memiliki harga yang cukup tinggi, oleh karena itu sangat menguntungkan jika kita bisa menernak atau mengembangbiakan burung falk ini, tapi bagaimana sebenarnya cara ternak atau budidaya burung falk atau parkit australia ini ?

Cara Mudah Budidaya Burung Falk Australia Bagi Pemula

burung falk atau burung kaka tua mini ini bisa di latih selain berperangai jinak, burung ini juga bisa menirukan suara burung atau bahkan majikannya, nah supaya tidak penasaran lanmgsung saja kita pelajari bagaimana cara budidaya burung falk ini di indonesia.

sebelum kita melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara menernak atau menangkarkan dan membudidayakan burung falk ini, jika kamu masih awam dengan burung parkit australia ada baiknya kamu membaca artikel saya tentang MEngenal burung falk atau parkit australia sebelum kita masuk ke artikel tentang bagaimana cara membudidayakan burung falk ini.

secara singkat burung falak ini bisa di gambarkan nyari persis dengan burung kaka tua yang banyak kita ketahui, burung falk sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan ciri fisik dan tempat tinggalnya, namun umumnya burung falk yang banyak di budidayakan di indonesia adalah burung falk lutino, dengan ciri burung memiliki jambul di kepalanya , memiliki pipi berwarna kuning atau oranye dan badannya yang berwarna putih.

selain bisa di jinakan untuk bermain di dalam rumah burung falk juga seperti kebanyakan burung berparuh bengkok lainnnya bisa di latih untuk melakukan freefly atau terbang bebas di luar dan kembali lagi kepadapemiliknya, kamu bisa mempelajari cara melatih burung falak untuk free fly ini di artikel ini, meskipun metode yang saya buat di tunjukan untuk burung love bird namun cara ini juga bisa di gunakan untuk melatih burung falk.

harga burung falk di mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, ini karena burung falk masih sangat jarang di indonesia dan memiliki kecantikan yang unik seperti burung kaka tua namun tidak di larang untuk di pelihara (bukan hewan di lindungi), untuk burung biasa dengan jenis yang unggul bisa di hargai dengan harga hingga jutaan rupiah, apalagi jika jenis tersebut masih langka dan sulit di cari, burung falk dengan kata lain sangat menguntungkan untuk di jadikan sebagi ladang bisnis, jika anda punya pengalaman memelihara burung lovebird maka burung falk adalah alternatif bisnis sampingan setelah anjloknya harga burung lovebird.

Bagaimana Cara Budidaya Burung Falk Atau cara berternak burung falk.


seperti sedikit bocoran saya di atas, kalian yang terbiasa memelihara burung betet atau burung love bird memiliki banyak keuntungan jika mencoba untuk memelihara burung falk ini, selain perawatannya yang mudah dan sama dengan dua burung yang saya sebutkan tadi, burung falk juga memiliki nilai jual yang masih sangat menjanjikan. namun jika kamu belum pernah memelihara burung love bird atau betet dan berminat untuk membudidayakan burung falk ini, tidak perlu khawatir karna saya akan membuat bagaimana panduan budidaya burung falk yang mudah agar bisa di coba oleh siapapun. caranya cukup dengan membaca artikel ini hingga selesai dan mempraktikannnya.

nah dengan mengikuti artikel ini, kalian akan langsung menjadi peternak burung falk yang sukses, tentu saja dibarengi dengan banyak belajar dari bacaan internet, pegalaman dan udaha yang giat maka kalian bisa menjadi peternak falk yang berhasil dimulai dari artikel ini, selamat membaca.
langkah-langkah budidaya burung falk atau parkit australia

Persiapan Kandang Budidaya falk

untuk membuat kandang  budidaya burung falk ini sama persis dengan metrode pembuatan kandang untuk parkit atau burung love bird hanya saja saran saya usahakan lebih besar karna burung falk memiliki postur yang lebih besar daripada burung lovebird, kandang burung falk bisa menggunakan bahan yang terbuat dari besi, karna seperti burung paruh bengkok lainnnya, burung falk suka menggigit kayu untuk memendekan paruhnya atau bisa juga terjadi ketika burung sedang stress, maupun penyebab lainnnya, oleh karena itu amannya kandang harus terbuat dari besi, kawat atau bahan lainnya yang tidak mudah rusak. kandang burung falk ini bisa di buat dengan sistem koloni ataupun soliter. maksudnya adalah, koloni berarti menempatkan banyak pasang burung dalam satu kandang besar, burung akan dibiarkan secara bebas memilih pasangannya sendiri, sedangkan kandang soliter adalah kandang yang di isi hanya sepasang burung yang di jodohkan, kandang soliter maupun kandang koloni memerlukan glodok atau tempat bertelur burung falk, pokoknya sama persis deh dengan berternak lovebird.

untuk burung falk sendiri tidak perlu menambahkan unsur tanaman hidup atau buatan di kandang, burung bisa beradaptasi dengan baik, namun perlu di perhatikan bahwa mungkin burung falk juga mudah setres jadi lokasi kandang budidaya sebagiknaya di tempatkan di daerah yang tenang dan tidak berisik misalnya pinggir jalan raya atau pabrik yang bising. ini akan membuat burung gagal menetas karna indukan stress.
jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan kandang dan jangan sampai lembab untuk menghindari tumbuhnya bakteri di kandang burung falk kalian.

perlengkapan dalam kandang


  • makanan dan minuman

setelah selesai dengan pembuatan kandang dan glodok, yang perlu kalian siapkan didalam kandang burung falk adalah tempat makan dan minum, burung falk bisa di perlakukan seperti burung love bird atau betet mereka sangat senang dengan biji-bijian dan diperlukan juga pakan hijauan, usahakan untuk memberikan air yang matang untuk minum burung falk ini, berilah air galon yang bersih untuk minum siburung cantik ini.

  • tempat mandi

Sediakan juga bak mandi ber isi air bersih yang diletakkan pada bagian bawah kandang.
burung falak merupakan burung yang gemar membersihkan diri atau mandi, olehkarena itu sediakan lah tempt mandi untuk burung falk ini di bagian bawah kandang, bisa menggunakan wadah nampan atau apapun, namun jangan lupa untuk mengganti air mandi burung falk ini secara rutin.

  • tulang sontong

burung falk sangat membutuhkan asupan kalsium, khusunya ketika dalam masa pengembangbiakan atau penjodohan, kalsium akan sangat berguna untuk pembentukan telur yang berkualitas, kalsium ini bisa kamu sediakan dengan memberi tulamh sontong di samping pakan yang kamu sediakan untuk burung falk ini.

  • Sediakan buah buahan segar, dianjurkan untuk mengganti setiap harinya.

selain biji-bijian dan sayuran, burung falk juga sangat menyukai buah-buahan loh, kalian bisa memberikan burung falk ini buah-buahan untuk menjaga asupan fitamin dan kesehatannya. namun jangan lupa untuk tetap memberikannya sayuran segar untuk asupan serat yang baik.

  • Memilih Indukan

budidaya burung falk yang sukses akan banyak bergantung pada pemilihan indukan yang berkualitas bik, untuk kelancaran budidaya, sebaiknya kamu memilih indukan yang sehat dan sudah matang untuk di kembangbiakan, indukan burung falk yang sudah matang untuk di kawinkan biasanya berusia antara 12-15 bulan , selain itu burung falk juga harus lolos dari persyaratan umum sebagai indukan yang baik misalnya saja sehat, lincah, terbebas dari berbagai macam penyakit dan sebagainya, untuk membedakan falk jantan dan betina sebenarnya sedikit rumit untuk pemula namun kamu masih bisa membedakannya dari warna dan postur tubuh, dengan membaca artikel mengenal burung falk, namun jika ingin hasil yang lebih akurat, bisa di lakukan dengan cara melakukan tes DNA.

ketika menjodohkan burung falk, di sarankan untuk memilih indukan jantan yang memiliki umur yang lebih tua daripada burungyang betina, ini disarankan untuk membuat si jantan tidak kalah mental ketika dua burung di satukan dalam satu kandang, hal lain yang perlu di perhatikan juga adalah jangan menjodohkan burung di bawah 12 bulan un tuk di jodohkan karna banyak menyebabkan kegagalan dalam pembudidayaan burung falk ini, menjodohkan burung di bawah umumr akan menimbulkan resiko telur infertil atau daya tetas rendag dan resiko ed bidling.

membedakan burung falk jantan dan betina

seperti yang saya bilang, membedakan burung falk jantan dan betina adalah hal yang sedikit sulit untuk para pemula, apalagi jika pengidentifikasian jenis kelamin burung falk ini dilakukan saat burung masih berumur sangat muda di bawah 8 bulan, namun jika burung sudah menginjak usia dewasa, atau sekitar 8 bulan ke atas, burung akan memiliki perbedaan tersendiri antara burung jantan dan betina, seperti misalnya untuk beberapa jenis tertentu sangat mudah di lihat dengan warna bulatan di pipinya yang berwarna kuning cerah untuk falk jantan dan kuning pudar untuk yang betina.
untuk burung falk dengan jenis warna abu-abu biasanya burung jantan akan terlihat memiliki abu-abu gelap, sedngkan burung falk betina berwaarna abu kusam, selain perbedaan warna tersebut, burung betina biasanya memiliki pola tertentu di bagiaan ekornya biasaanya adalah pola bergaris di bawah ekornya, tapi ini juga masih belum 100% kecuali sudah pernah bertelur atau melakukan tes dna. namun lambat taun anda akan mulai memahami mana yang merupakan falk jantan dan falk betina.


cara Perjodohan Burung falk / parkit australia

jika kamu sudah menemukan indukan yang baik, maka langkah selanjutnya adalah menjodohkan burung falk atau parkit australia ini dalam satu kandang, burung falk yang baru di satukan dengan pasangannya biarkan di dalam satu kandang tanpa memasukan glodok terlebih dahulu, glodok baru di masukan ketika burung memiliki tanda-tanda berjodoh, namun ini hanya alternatif, jadi jika glodok dalam kandang kalian sudah di pasang permanen ya gausah di copot.

untukmengetahui bahwa burung falk yang kita jodohkan memiliki ketertarikan satu sama lain bisa kita lihat ciri-cirinya di bawah ini :

burung jantan yang berjodoh dengan pasangan burung falk yang kita pasangkan biasanya akan mematukan paruhnya dengan cara membenturkan nya ke benda di sekitarnya seperti kawat, tangkringan atau dinding kandang  dengan membenturkan paruhnya secara berulang, ini menandakan burung jantan sedang berusaha menarik perhatian burung betina.
selain itu, burung falk jantan juga akan sering mengembangkan sayapnya untuk memamerknnya pada burung betina.

sedangkan burung betina yang berjodoh biasanya tidak takut dengan burung jantan, lalu umumnya akan mengecek kondisi sarang dengan masuk kedalam glodok, setelah dirasa nyaman betina akan kluar dan burung jantan akan masuk untuk memeriksa kembali, lalu memanggil burung betina untuk memasuki glodok dan berkembang biak.  biasanya burung falk jantan akan mengeluarkan suara khas panggilan kawin untuk mengundang burung falk betina, ini akan menjadi proses yang menyengkan bagi pemilik karena menandakan perjodohan yang kalian lakukan sudah sukses, tinggal masuk ke tahap brikutnya..

Proses burung falk bertelur

sehabis proses kawin, burung falk akan muli bertelur beberapa hari atau minggu setelahnya, burung betina akan sering berada di dalam glodok untuk mulai bertelur. dalam proses ini sangat disarankan untuk selalu menyediakan tempat mandi untuk burung falk, karna biasanya burung betina akan sering mandi untuk membuat sarang menjadi lembab beserta telurnya.

pada umumnya, di alam liar burung falk betina akan mengerami telurnya setelah telur mencapai 3 sampai 10 butir, namun pada kenyatraannya di penangkaran biasanya burung falk hanya mampu bertelur hingga 8 butir dan lebih sering hanya bertelur antar 3 sampai 5 butir, dengan proses pengeraman ketika telur mencapai 3 butir, dengan harapan anakan akan menetas secara bersamaan,

Proses Inkubasi burung falk atau parkit australia

proses inbubasi atau pengeraman burung falk di lakukan selama kurang lebih 18-21 hari yang di lakukan oleh indukan betina dan jantan secara bergantian atau bersamaan, namun yang lebih sering di lakukan oleh indukan betina, selain itu setelah telur menetas, jangan panik jika indukan tidak meloloh anakan parkit selama beberapa hari karna biasanya anakan parkit yang baru menetas masih memiliki cadangan makanan yang terdapat pada yolk sac (kantung kuning telur) cadangan makanan ini biasanya habis dalam waktu seminggu atau lebih.

kemudian indukan akan mulai meloloh anakan falk, atau bisa di lolohkan oleh pemilik burung parkit australia tersebut.

memasang ring pada burung parkit australia


banyak kendala ketika kita membiarkan indukan mengurus anaknya sendiri, misalnya saja produktifitas menjadi rendah, ketika burung sudah berusia 10 hari baiknya segera dipasangkan ring untuk identitas burung falk tersebut, setelah itu kamu bisa melakukan hand freding untuk meningkatkan produktifitas indukan, setelah satu minggu atau 2 minggu anakan di biarkan di dalam glodok, selanjutnya pisahkan anakan ke kandang tersendiri ytang di lengkapi dengan lampu penghangat, ini akan membuat anakan tetap terjaga kehangatannya dan bisa membuat indukan kembali melakukan proses kawin setelah beberapa hari di pisahkan dari anakannya, biasnya membutuhkan waktu kurang lebih satu  minggu..

nah itu dia eerapa tips berternak burung falk parkit australia, jika kamu tertarik untuk membaca artikel lain misalnya cara budidaya burung  jenis lain bisa melakukan poncarian di bagian kiri atas blog berlogo kaca loop, sedangkan jika kamu ingin melatih burung perkukutut agar bersuara merdu bisa membaca artikel Download suara latihan burung perkutut di sini. selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Burung Falk Australia Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2