-->

Begini Cara Menanam Dongkelan Serut Agar Tumbuh Baik Untuk di Bonsai

begini cara menanam dongkelan serut agar tumbuh baik untuk di bonsai
halo sobat bakasura, belakangan ini saya sangat tertarik dengan bonsai, salahsatunya adalah bonsai dongkelan serut yang seringkali di keluhkan oleh kawan-kawan sesama hobi bonsai susah untuk tumbuh atau lambat pertumbuhannya, nah oleh karena itu pada artikel kali ini saya ingin berbagi kepada kawan-kawan sekalian bagaimana caranya menanam dongkelan serut agar berhasil menjadi bonsai seperti yang kita inginkan, bagaimana caranya ? si9mak terus artikel ini dengan seksama.

mengenal bahan bonsai serut.


sebelum saya menulis lebih jauh tentang bagaimana cara menanam serut dari hasil dongkelan akan lebih baik jika kita membahas apa itu pohon serut. nah tahukan kamu apa nama ilmiah dari pohon ini? biasanya untuk menggali lebih banyak informasi mengenai sesuatu yang saya lakukan terlebebih dahulu adalah mengetahui nama global dari pohon tersebut sihingga akan banyak artikel yang bisa saya baca termasuk referensi dari luar negri, nah berdasarkan wikipedia berbahasainggris serut memiliki nama latin Streblus asper. selain itu pohon ini  adalah pohon yang dikenal dengan beberapa nama umum, termasuk siam kasar semak, khoi, serut, dan pohon sikat gigi. Ini adalah pohon berukuran sedang yang berasal dari daerah kering di Indonesia, Kamboja, Thailand, India, Sri Lanka, Malaysia, dan Vietnam. Wikipedia (Inggris).  pohon serut ini memiliki daun seperti anak nakal atau tehtehen, mirip juga dengan daun hokiantea namun daun pohon serut lebih tebal dan cukup kasar, daun pohon serut yang belum di pruning biasanya memiliki ukuran yang cukup lebar kurang lebih bisa selebar korek api balon, tapi jika sudah di pruning ukuran daun serut bisa menjadi sangat kecil sampai dengan ukuran kuku anak-anak. cukup kecil untuk di jadikan bonsai, itu mengapa banyak sekali penghobi bonsai yang menyukai tanaman ini sebagai bakalan atau bahan bonsainya. 

Begini Cara Menanam Dongkelan Serut Agar Tumbuh Baik Untuk di Bonsai
pohon serut di alam


selain dari keunikan daunnya, pohon serut juga memiliki batang yang cukup unik, untuk batang serut yang masih muda biasanya memiliki warna abu-abu kehijauan, sedangkan untuk batang yang tua biasanya memiliki warna abu-abu dan sedikit gelap, namun bagian kar biasanya berwarna kuning terang. dan keunikan lain dari tanaman serut adalah bisa di stek akar. hal ini juga yang menyebabkan pohon serut ini sering di jadikan bonsai gruping karna keunikannya yang bisa menumbuhkan banyak rumpun hanya dengan akar yang menjulur keluar dari tanah.

karna keistimewaan itulah pohon serut biasanya juga banyak di tremukan di satu lokasi akibat dari akar yang menyebar dan menjadi pohon baru, meskipun pohon serut sebenarnya memiliki biji, namun biasanya biji pohon serut baru akan tumbuh jika usia pohonnya sudah cukup besar dan tua. kamu juga bisa membaca artikel tentang bonsai anting putri di blog ini, misalnya saja bagaimana cara menyambung anting putri dan bagaimana meminimalisir kegagalan saat menyambung tanaman.

habitat tumbuh.

pada umumnya pohon serut seringkali di temukan di wilayah yang kering namun banyak juga di temukan di pinggir kali seperti pohon loa. tapi memang pada umumnya lebih banyak di temukan di wilayah yang sedi9kit kering,  dengan lokasi pohon yang biasanya tidak terlalu berjauahan, karna seperti apa yang saya bilang tadi, jika kamu menemukan pohon serut di suatu tempat pasti tidak jauh dari tempat tersebut kamu juga bisa menemukan pohon serut lainnya.

cara membuat bonsai serut yang baik


pohon serut bukan merupakan pohon yang terlalu palah pilih tempat tumbuh, karna faktanya serut bisa tumbuh dimana saja mulai dari wilayah yang basah hingga hutan yang cukup kering, sehingga dari segi perawatan pohon serut akan sangat mudah daripada pohon lainnya. akan lebih baik jika kamu menempatkan pohon serut di tempat yang terkena sinar mata hari secara full dan langsung, namun pohon serut juga tidak rewel jika harus di tempatkan di tempat yang sedikit teduh, berbeda dengan beringin seperti kimeng yang pada umumnya harus mendapatkan sinar matahari langsung secara full jika ingin mendapatkan pertumbuhan yang baik.

perlu di perhatian bahwa menanam dongkelan berbeda dengan hanya memindahkan pot tanaman, kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara repoting atau opersak atau memindahkan pot tanaman di artikel disini.

cara mendongkel pohon serut .

jika anda mencari artikel di google dan menemukan artikel ini, saya ibaratkan anda sudah menemukan pohon serut yang akan di dongkel atau bahkan sudah di dingkel, namun akan lebih baik jika saya juga berbagi kepada kawan penghobi bonsai sekalian tentang bagaimana cara mendongkel bahan bonsai serut yang baik.

cara mendongkel bonsai serut cukup mudah dan tidak terlalu repot, jika kamu menemukan pohon serut kamu hanya perlu menggali tanah secukupnya hingga menemukan perakaran yang cocok untuk di bonsai, secara umum bonggol serut biasanya akan terhubung dengan akar tanaman serut lainnya di dekat wilayah itu jadi kamu tidak perlu menggali terlalu dalam untuk mendongkel serut, cukup gali seperlunya saja sesuai dengan ukuran pohon, gali hingga bagian akar serabut kecil mulai terlihat meskipun hanya sedikit, kemudian potonglah bonggol atau akar besar yang menuju ke bawah atau kesamping terlalu jauh sehingga kamu mendapatkan bonggol yang kamu inginkan saja. namun sebelum memulai pendongkelan akan lebih baik jika kamu melakukan pruning atau pemangkasan pohon tersebut terlebih dahulu untuk memudahkan pendongkelan dan menjaga pohon agar tidak terlalu stres. 

setelah berhasil di dongkel, bersihkan tanah dari pohon serut sampai bersih, lakukanlah pemotongan seperlunya , ini akan menjadi bentuk awal dari p[ohon bonsai kamu, jadi pertimbangkanlah untuk memotong dengan perencanaan yang matang, karna jika sudah di potong serut tidak bisa kembali lagi ke bentuk aslinya, meskipun masih bisa di sambung.

keunikan lain dari bonggol dongkelan serut adalah, kamu bisa menanam pohon ini dengan cara terbalik. yaitu menanamnya dengan menempatkan akar di atas dan pucuknya di bawah.

cara menanam dongkelan serut untuk bahan bonsai

nah setelah anda mendongkel bahan serut tersebut untuk menjadi bonsai, ada dua pendapat mengenai ini, pertama adalah menanamnya langsung dan yang kedua di diamkan terlebih dahulu satu malam untuk meminimalisir getah, saya pribadi lebih condong untuk menanamnya langsung, namun menurut beberapa kwan mendiamkannya lebih dahulu semalam juga akanmenjadi efektif. namun itu semua terserah anda lebih baik kita  membahas bagaimana cara menanam dongkelan tersebut.

pertama adalah siapkan karung, bisa di robek di beberapa sisi agar karung menjadi lebar jika pohon yang akan anda tanam berukuran besar, namun jika pohon yang ingin anda tanam berukuran kecil cukup gunakan karung kecil atau secukupnya, boleh juga menggunakan polobag atau wadah lainnya, yang penting bisa menampung media tanam bonsai serut dan terdapat cara untuk menceganya goyang.

jika kamu menyukai tanaman bonsai berbunga kamu bisa membaca tentang bonsai lantana di SINI

setelah anda menentukan wadah tanam timbun terlebih dahulu bagian dasarnya dengan tanah, atau bisa juga menggunakan pasir atau tanah yang di campur sekam, namun aakan lebih baik jika kamu menggunakan tanah saja karna konon akan membuat serut lebih cepat tumbuh. kemudian setelah kamu menimbun dasar media dengan tanah secukupnya, letakan bahan serut tersebut ke atas tanah tersebut dan kemudian di timbun tanah di bagian atasnya. jika kamu menanam serut secara terbalik kamu juga tetap bisa melakukan dengan cara yang sama.

setelah selesai menimbun dengan tanah secukupnya, yang harus di lakukan adalah menghindari pohon serut tersebut terkena sinar mata hari langsung atau letakanlah di tempat yang teduh, lalu biarkan beberapa hari atau minggu hingga pohonmengeluarkan tunas baru, kamu bisa menyiramnya beberapa hari sekali tergantung keadaan tanah dan cuaca, jaga kkelembaban tanah agar tidak terlalu kering atau terlalu basah.

setelah tunas tumbuh biarkan pertumbuhannya membesar jangan buru-buru untuk mengawati biarkan saja serut baru anda membentuk akar terlebih dahulu.

untuk informasi lebih lengkap tentang bagaimana cara menanam bonsai serut dari dongkelan baca artiekel lainnya di WWW. ILMUKEBUN.COM untuk memperkaya wawasan anda tentang dunia tanaman dan sayuran

nah itudia bagaimana cara menanam dongkelan serut untuk dijadikan bonsai (streblus asper ) semoga cara ini bisa membantu anda, selamat mencoba dan semoga berhasil, salam satu hobi...

0 Response to "Begini Cara Menanam Dongkelan Serut Agar Tumbuh Baik Untuk di Bonsai"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2