-->

Mengenal Bonsai Rukem (Flacoutia indica Vs Flacourtia rukam) dan bagaimana cara perawatannya

banyak jenis rukem yang di kenal oleh masyarakat, namun pada garis besarnya umumnya masyarakat di indonesia mengetahui 2 jenis rukem yang berbeda, ata bisa di bilang 1 nama dengan 2 jenis pohon yang berbeda meskipun pada dasarnya pohon ini masih memiliki kekerabatan yaitu pohon flacourtia. pohon rukem atau rukam sendiri dahulu di kenal karna buahnya atau karna pohonnya, namun berkembangnya minat tanaman hias akhirnya pohon rukem atau rukam mulai di jadikan tanaman hias sebagai bonsai.

Mengenal Bonsai Rukem (Flacoutia indica Vs Flacourtia rukam) dan bagaimana cara perawatannya
bonsai rukem (flacourtia indica)


2 jenis pohon rukem yang wajib kamu pahami.

seperti yang saya singgung di atas, tanaman ini memiliki 1 nama dengan dua jenis tanaman yang berbeda, yang pertama adalah rukem atau rukam yang biasanya di kenal karna buahnya dan yang kedua adalah rukam yang di kenal karna bisa di bonsai, pohon ini sangat berbeda mulai dari batang gingga daunnya memiliki perbedaan tersendiri, namun masih banyak kawan-kawan pembonsai yang keliru untuk menyebutkan atau mengenali pohon rukem ini. meskipun tidak ada aturan baku bahwa penggunaan bonsai rukem yang harus di gunakan adalah jenis rukem tertentu, tendensi bonsai terdapat pada keindahannya, soal pohon apa yang di gunakan itu hanya sebuah strategi atau jalan menuju indahnya bonsai, namun tidak bisa di pungkiri bahwa jenis pohon tertentu agaknya kurang enak untuk di buat bonsai, misalnya tanaman dengan daun lebar dan sulit mengecil. karna pohon jenis ini akan kesulitan untuk menemukan keseimbangan yang pas antara batang pohon dan daun yang tumbuh.

jenis pohon yang saya maksudkan di atas adalah Rukem. pertama adalah rukem flacourtia rukam biasanya di kenal masyarakat karna buahnya, konon rasa buahnya asam manis segar dan populer di masa lalu, sedangkan yang satu lagi rukem yang biasa di gunakan untuk di bonsai atau yang memiliki nama ilmiah Flacourtia indica. nah jika kalian ingin membuat bonsai rukem saya sarankan untuk menggunakan pohon flacourtia indica bukan flacourrtia rukam. pohon flacourtia indica juga bisa berbuah namun rasanya tidak terlalu masam atau manis, buahnya kecil berwarna hijau dan keras, jika sudah tua biasanya berwarna agak gelap dan kusam, berbeda dengan rukam yang di kenal karna buahnya.

perbedaan rukem flacourtia indica dan flacourtia rukam


daun pohon rukem flacouria indica tentu saja sangat berbeda dengan flacourtia rukem, umumnya daun rukem yang biasa di gunakan untuk bonsai (flacourtia indica) memiliki bentuk daun yang kecil sedikit tipis dan berwarna hijau muda saat masih muda meskipun terlihat sedikit kemerahan, sedangkan flacourtia rukam memiliki daun yang berwarna merah saat muda dan bentuk daun yang jauh lebih besar
Mengenal Bonsai Rukem (Flacoutia indica Vs Flacourtia rukam) dan bagaimana cara perawatannya
daun flacourtia indica

pohon flacourtia indica biasanya memiliki duri yang panjang dan sangat padat, sedangkan pohon rukam yang dikenal karna buahnya meskipun memiliki duri namun tidak sebanyak duri di pohon rukam flacourtia indica.

buah, nah bagi saya perbedaan ini sangat mencolok karna buah pada rukam flacourtia indica tidak enak untuk di konsumsi sedangkan buah pada flacourtia rukam bisa di konsumsi khususnya bagi mereka yang menyukai rasa masam, dan cukup populer di indonesia pada tahun 90 an.

Mengenal Bonsai Rukem (Flacoutia indica Vs Flacourtia rukam) dan bagaimana cara perawatannya
daun dan buah flacourtia rukem


bagaimana cara membuat bonsai rukam

untuk membuat bonsai rukam yang kamu perlukan adalah memiliki pohon rukam, pohon rukam ini bisa kamu dapatkan dengan menanam benih rukam, mencangkok atau bahkan stek akar. karna pohon rukam biasanya bisa tumbuh hanya dengan stek akar, ini di buktikan dengan pohon rukam (flacourtia indica) yang bisa dengan mudah kamu jumpai dalam suatu tempat yang di tempat tersebut terdapat beberapa pohon rukam lainnya karna biasanya jika sudah terdapat satu pohon rukam, maka akarnya akan menyebar dan muncul dengan tunas baru. karakter ini sama dengan pohon serut atau (strebus asper). selain dari cara-cara di atas pohon rukem juga bisa di bonsai dengan mengambil dari dongkelan loh, tentu saja harus tetap di perhatikan keberlangsungan dan keberadaan pohon tersebut di alam jangan sampai menjadi pohon yang langka seperti santigi.

setelah memiliki pohon rukam langkah selanjutnya adalah menentukan gerak dasar pohon rukem yang akan kamu bonsai, gerak dasar biasanya sangat berkaitan erat dengan model bonsai yang ingin kamu ciptakan, dalam tahap ini seniman bonsai harus berfikir sedemikian kreatif untuk bisa mengarahkan pohon agar bisa menjadi tanaman yang bisa memiliki tingkat estetika yang tinggi.

bakalan bonsai rukem (sumber google)


bah langkah selanjutnya setelah menentukan gerak dasar bisa kembali memindah pohon tersebut ke ground untuk mencapai bentuk yang ideal atau biarkan di pot hingga bentuknya cukup pas dan di lanjutkan untuk membentuk percabangan dan perantingan. (di ground maksudnya adalah menanam di tanah kembali dengan pengawaan tertentu). karna bonsai adalah hobi yang tidak pernah selesai maka dalam membuat bonsai anda harus sangat sabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal, binsai bukan lah hobi yang bisa dicapai dengan instan, seniman bonsai yang handal akan selalu menemukan pelajaran baru dari bonsainya, selain itu mereka harus bisa bersabar untuk mendapatkan hasuil yang maksimal.

setelah semua tahapan di atas di lewati selanjutnya untuk membuat bonsai rukam terlihat baik yaitu dengan cara menentukan sepatu atau pot bonsai yang cocok dengan pohon rukam anda, bisa denggan model ceper atau bahkan pot yangdalam untuk model bonsai tertentu. kunci penting saat memilih pot adalah dengan tetap menonjolkan karakter bonsai yang sobat miliki.

bagaimana cara mengecilkan daun bonsai rukem?

seperti banyak pohon bonsai dengan jenis lainnnya, untuk mengecilkan daun bonsai rukam bisa dengan cara rutin melakukan pruning atau pemangkasan daun hingga habis, ini akan membantu pohon rukam memiliki lebih banyak percabangan dan daun yang tumbuh juga akan mengecil, saat melakukan program pengecilan daun usahakan tempatkan pohon rukam di tempat yang panas dan kurangi pemberian airnya, semakin kecil ranting dan tua maka daun yang muncul akan semakin kecil, dan semakin sering di pruning maka daun juga akan semakin lebat.

selain ada 2 jenis pohon rukem tersebut sebenarnya flacourtia memiliki kekerabatan dengan banyak pohon yang mirip misalnya saja flacourtia inremis seperti gambar di bawah ini.

Mengenal Bonsai Rukem (Flacoutia indica Vs Flacourtia rukam) dan bagaimana cara perawatannya


nah itudia perbedaan bonsai rukam antara flacourtia indica dengan flacourtia rukam dan bagaimana cara merawat atau membuat bonsai rukam yang baik dan benar, semoga artikel ini bisa mencerahkan teman-teman sesama penghobi bonsai, dan tetap sayangi bonsai yang kita miliki, karna tanpa pohon manusia akan hidup dalam penderitaan.
salam satu hobi.

Jika kamu tertarik membaca beberapa artikel tentang tanaman, bonsai dan cara merawat tanaman kamu bisa mengunjungi blog www.ilmukebun.com untuk informasi yang lebih lengkap dan berkualitas.
#bakasura 

0 Response to "Mengenal Bonsai Rukem (Flacoutia indica Vs Flacourtia rukam) dan bagaimana cara perawatannya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2