-->

cara membuat bibit dan menanam pohon pisang dengan mudah dan efektif

cara menanam pisang dengan mudah sehingga berpokok dua dengan satu bibit.
pisang merupakan buah-buahan lezat yang konon merupakan salah satu buah-buahan surga, ada banyak sekali jenis pisang di dunia ini, mulai dari yang memiliki biji hingga yang tidak memiliki biji, mulai dari yang manis hingga yang asam, mungkin ada ratusan jenis pisang yang ada di dunia ini, namun pada umumnya memiliki kesamaan bentuk daun, batang dan buah yang sangat mirip. pada umumnya tanaman pisang bisa di tanam dengan menanam anakan tunas pisang yang akan tumbuh di sekitar pisang dewasa, namun ini biasanya cukup lama dan tidak efektif, pertanian baru membuat penanaman pisang dengan lebih efektif dan bisa di lakukan dalam jumlah banyak, seperti apa caranya simak di bawah ini.

kenapa menanam pisang ?

tidak begitu sulit untuk menemukan alasan mengapa menanam pisang, jawabannya tentu saja buah pisang banyak di gemari, memiliki harga relatif stabil, tidak mengenal musim dan yang paling penting rasanya enak. selain itu tumbuhan pisang juga sangat baik di tanam di indonesia dengan iklim seperti ini, menanm pisang sudah banyak di lakukan petani di desa di pekarangan rumah hingga di kebun, namun sangat jarang yang menekuni pertanian pisang sebagai penghasilan utama, padahal di nergara lain seperti brazil, pisang di9 tanam secara masal dan dengan teknologi pertanian modern.

bagaimana cara menanam pisang.

sebelum kita memasuki pembahasan bagaimana cara menanam pohon pisang, yang perlu kita ketahui adalah bagaimana tempat yang di sukai oleh pohon pisang dan bagaimana perawatannya.  nah simak terus artikel ini sampai selesai untuk menemukan pengetahuan baru mengenai pisang.


pohon pisang sangat menyukai tempat yang cukup memiliki sinar matahari untuk kebutuhan fotosintesis dengan tanah yang cukup lembab agar memiliki suplai air yang cukup. ini akan membuat batang pohon pisang menjadi sangat subur. pohon pisang juga hanya memiliki sedikit hama, yang bisa di atasi dengan pembasmi hama alami tampa menggunakan pestisida, agar tetap ramah lingkungan.

lalu bagaimana cara menanam pisang agar berpokok 2 dengan satu bibit ?

caranya cukup mudah, jika menanam pisang biasanya hanya cukup dengan menanam bibit pohon pisang yang di ambil dari pohon pisang indukan, menanam pohon pisang agar berpokok dua memiliki beberapa tahapan tambahan lainnya, simak caranya di bawah ini.
pertama-tama ambillah anakan pisanng atau tunas pisang yang sudah cukup besar untuk di pisah, kemudian potong  bonggol pohon pisang anakan tersebut kurang lebih 5 cm sampai 10 cm dari bonggol. kemudian galilah lubang untuk menananm dan tanam lah bonggol tersebut secara terbalik, ini akan membuat tanaman pisang menjadi menumbuhkan tunas baru biasanya lebih dari satu tunas, bisa dua. tiga atau lebih.


setelah tunas pokok tersebut tumbuh cukup besar minimal berdaun satu, pisahkan pokok tersebut untuk memberikan jarak tanam yang cukup agar pohon pisang dapat tumbuh dengan baik. nah sangat mudah bukan.

sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang bisa di lakukan untuk membuat bibit tanaman pisang misalnya saja dengan cara kultur jaringan, akan tetapi membuat tanaman pisang dengan metode kultur jaringan biasanya hanya di lakukan ioleh perusahaan besar ini di karenakan untuk membuat bibit tanaman pisang dengan metode ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan petani kita masih kurang pengetahuan dengan ilmu pertanian modrn, membuat bibit pisang dengan sistem kultur jaringan akan membuat pohon pisang baru dengan lebih banyak dan mudah hasil dari laboratorium.

nah selain metode kultur jaringan anda juga masih bisa memperbanyak tanaman pisang anda dengan cara memotong bonggol pisang yang sudah berbuah, cara ini akan menghasilkan lebih banyak pisang daripada dengan menggunakan cara di atas, caranya cukup mudah yaitu dengan cra menggali bonggol tanaman pisang yang sudah berbuah, bersihkan bonggolnya. lalu pilihlah bonggol yang memiliki mata tunas, setelah itu potonglah bagian bonggol yang memiliki mata tunas tersebut untuk di tanam di media yang baru, bisa polybag atau tempat menanam bibit, akan lebih bagus jika menggunakan media sekam bakar 70% dan tanah 30%. tunggu hingga bibit tersebut tumbuh tunas.

nah itudia beberapa cara menanam bibit pohon pisang dan tips bagaimana cara menanam p[ohon pisang sehingga berpokjok dua. untuk informasi lebih lanjut dan jika anda merasa bingung atau ingin menanyakan sesuatu terkait artikel ini silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini, atau anda juga bisa membaca artikel mengenai tanaman lainnnya.

0 Response to "cara membuat bibit dan menanam pohon pisang dengan mudah dan efektif"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2