-->

Kebun Raya Kuningan Dan surga Pohon Lantana

kebun raya kuningan dan surganya pohon lantana
kebun raya kuningan dan pohon lantana menurut saya tidak bisa di pisahkan, bunga yang beraroma khas ini hampir bisa kamu temui di sudut wilayah kebun raya kuningan, mulai dari yang tumbuh liar hingga lantana mikro yang sengaja di tanam dengan tertata, meskipun banyak juga tanaman jenis lain yang menghiasi kawasan tempat wisata asri ini, namun bagi saya pribadi kebun raya kuningan sangat sulit di pisahkan dengan tanaman lantana. yuk simak cerita saya tentang kebun raya kuningan dan bunga lantana.
kebun raya kuningan

kesukaan saya terhadap bunga lantana dimulai ketika saya mulai menyukai bonsai, kebetulan lantana merupakan salahsatu pohon atau bunga yang banyak di bonsai oleh seniman bonsai, akhirnya saya mulai penasaran dengan tanaman semak ini, pohon lantana sendiri konon katanya berasal dari dataran amerika dan eropa, tapi setau saya di indonesia tanaman ini banyak tumbuh di kebun yang tak terurus, begitu pula di kebun raya kuningan, bukan karna kebunnya yang tak terurus, tapi memang karna tempat ini dulunya adalah hutan atau kebun yang memang tidak di urus sampai pembangunan taman kuningan di mulai, maksud saya. lantana sudah menjadi tanaman yang menduduki kebun raya kuningan secara alami , bisa di bilang tanaman ini adalah pribumi atau penduduk lokal di kebun raya kuningan, namun dengan penataan yang rapih tanaman ini di sulap menjadi tanaman taman yang memanjakan mata.

sekilaas tentang kebun raya kuningan.

kebun raya kuningan merupakan objek wisata alam yang didirikan atas dasar aspirasi masyarakat, dalam pembangunannya kebun raya kuningan mengalami banyak lika liku dan permasalahan, misalnya saja kebun raya kuningan ini sudah di rancang sejak tahun 2007 kemudian menyelesaikan ijin amdalnya pada tahun 2012 dan pertamakali di buka pada tahun 2014, namun selang beberapa bulan setelah di buka kebun raya kuningan di tutup kembali karna alasan pembangunan, setelah itu kebun raya kuningan kembali di buka pada tahun 2015. tapi itu juga tidak berlangsung lama, karna kebun raya kuningan konon mengalami pembludakan wisatawan, akhirnya kebun raya ini kembali di tutup beberapa saaat dan saat ini kebun raya kuningan sudah bisa di kunjungi setiap hari, tapi cukup ramai di ahir pekan.

berlokasi di kabupaten kuningan, kebun raya kuningan ini memiliki kordinat 6o 49’ 1.9” LS dan 108o 24’ 10.37” BT , meskipun terbilang cukup jauh dari akses jalan utama, tapi sebenarnya ini adalah keunggulan tersendiri karna lokasi ini masih sangat asri dan jauh dari bisingnya jalan raya, sayangnya koleksi tumbuhan di kebun raya kuningan masih belum lengkap seperti di kebun raya bogor mengingat kebun raya kuningan ini masih belum lama di bangun.


harga tiket

jam buka kebun raya kuningan ini mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, namun tidak menutup kemungkinan jika ingin mengadakan acara di sekitar lkebun raya kuningan hingga menginap kamu bisa menghubungi pihak pengelola kebun raya kuningan ini. harga tiket masuknya sendiri cukup murah, yaitu sekitar 15 ribu permotor. dan 20 sampai 30 ribu untuk pengguna mobil.

jenis tanaman yang ada di kebun raya kuningan cukup beragam, mulai dari tanaman air. tanaman semak hingga jenis-jenis anggrek ada di sini, saya sendiri termasuk orang yang rutin pergi ke kebun raya kuningan meskipun hanya untuk sekedar memanjakan mata dan menyegarkan pikiran, di kebun raya kuningan selain kita bisa melihat berbagai macam tanaman lokal dan tanaman hias, kita juga masih bisa menjumpai binatang hutan atau jenis-jenis burung endemik gunung ciremai jika beruntung.

saya pikir kebun raya kuningan bisa menjadi tempat wisata yang cukup menyenangkan untuk anda dan keluarga menghabiskan waktu di akhir pekan. selain taman dan tanaman yang beragam kebun raya kuningan juga memiliki fasilitas seperti fila, gedung pertemuan, dua danau dan lapangan yang cukup luas untuk menampung banyak orang.

nah setelah mengulas sedikit tentang kebun raya kuningan, kita kembali lagi menuju pembahasan bung cantik nan istimewa yaitu bunga lantana. sepanjang pengamatan saya berkunjung ke objek wisata ini, saya menemukan beberapa jenis bunga lantana yang cukup memanjakan mata, diantaranya adalah sebagai berikut :

jenis bunga lantana di kebun raya kuningan:

lantana hutan

dikebun raya kuningan, jenis lantanan yang paling banyak akan kita temui adalah lantana hutan, ini juga termasuk dengan tanaman lantana yang masih belum di tata loh atau yang masih tumbuh secara liar di alam tanpa di urus. jadi bunga ini masih mendominasi sebagian besar wilayah kebun raya kunigan, tapi meskipun demikian tanaman ini sangat indah di pandang dan menyenangkan mata loh. ada beberapa jenis lantana hutan atau liar yang tumbuh di kawasan kebun raya kuningan ini diantaranya adalah.  lantana hutan oranye, lantana hutan kuning, perpaduan lantana hutan kuning  dan oranye, jenis ini mungkin sering anda temui juga loh, lantana yang berwarna kuning namun terdapat juga bunga berwarna oranyedi sekitarnya.

lantana micro


selain lantana hutan, terdapat juga beberapa jenis lantanan yang sudah di silangkan, lantana ini biasanya memiliki batang pohon yang lebih pkecil dan pendek, berdaun kecil dan memiliki bunga yang lebih lebat, bahkan tak kenal musim, lantana jenis ini bukan merupakan lantana alami yang ada di indonesia, biasanya banyak di jumpai di pedagang tanaman hias, tapi lantana jenis ini juga bisa di sambung dengan lantana hutan loh, penyambungan ini akan menghasilkan bunga lantana yang lebih subur dengan bunga yang lebih lebat, bisa juga di kombinasikan dengan beberapa warna sehingga saat mekar akanmenjadi warna warni, untuk di daerah kebun raya kuningan sendiri rupanya pengelola menanam beberapa jenis tanaman lantana di tempat ini, diantaranya adalah lantana micro berwarna putih, biru, kuning, oranye, bahkan merah. cukup beragam bagi penyuka bunga lantana seperti saya meskipun bnayka orang tidak menyukai tanaman ini karna di anggap tanaman kampung atau sering juga di sebut sebagai tanaman gulma. tapi bagi saya lantana memiliki aroma khas yang bisa menimbulkan efek menenangkan dan bunga yang indah. selain itu tanaman ini juga mudah untuk di budidayakan. tidak di sukai hama dan bisa menjadi pestisida alami di kawasan pertanian.

nah itudia jenis-jenis bunga lantana yang ada di kebun raya kuningan, jika kamu tertarik mengunjungi kebun raya kuningan dan melihat keindahan bunga lantana, saya sarankan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak bunganya, meskipun lantana cukup mudah di budidayakan tapi jangan sekali-sekali merusak tanaman indah yang sering di sepelekan di indonesia namun di gemari di luar negri ini, jaga selalu alam kita, salam lestari dan selamat berlibur.

jika kamu tertarik membaca artikel tentang lantana bonsai dan bagaimana cara budidaya tanaman lantana, silahkan baca di sini : mengenal lantana bonsai dan baigaimana cara membudidayakannya.

0 Response to "Kebun Raya Kuningan Dan surga Pohon Lantana"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2