-->

9 Rekomendasi Tempat Ngabuburit yang Asik di Purwokerto

ngabuburit di purwokerto enaknya dimana yah ? kota cantik ini menawarkan begitu banyak tempat indah untuk menghabiskan waktu menjelang magrib, tapi tenang saja, kebingungan kalian mungkin bisa terjawab setelah membaca artikel ini.

Saat ini, ngabuburit merupakan tren dan dijadikan kebiasaan yang ada di bulan Ramadhan. Segala jenjang usia dan jenis kelamin sudah tidak asing dengan tren ini. Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu dari kata ngabu yang artinya menunggu dan burit yang artinya sore. Jadi, makna ngabuburit yaitu bersantai menghabiskan waktu menunggu datangnya waktu sore. 
Purwokerto merupakan salah satu nama daerah yang ada di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Banyumas. Purwokerto menjadi salah satu pusat pendidikan dan juga rekreasi. Terkait dengan ngabuburit, banyak tempat di Purwokerto yang dapat dijadikan rujukan untuk ngabuburit baik itu tempat ibadah ataupun wisata.


 Berikut merupakan rekomendasi tempat ngabuburit yang asik di Purwokerto.

1. Alun-Alun Purwokerto

Alun-alun selalu menjadi tempat yang paling utama dituju untuk ngabuburit.  Alun-alun menjadi pusat berkumpulnya masyarakat dalam segala kegiatan tidak terkecuali kegiatan ngabuburit. Selain lokasinya di pusat kota, tempat ini juga merupakan lokasi yang murah dan terjangkau. Kita hanya perlu bayar parkir kendaraan untuk dapat menikmati suasana sore di Purwokerto. 

2. Rita Supermall Purwokerto


Rita Supermall merupakan mall pertama di kota Purwokerto yang didirikan pada tahun 2016. Letaknya yang strategis yaitu di kompleks alun-alun Purwokerto menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi kedua untuk ngabuburit. Seperti mall pada umumnya, segala macam pemenuh kebutuhan tersedia didalamnya. Sembari menunggu buka puasa tiba, kita bisa berbelanja, menonton film di bioskop CGV atau sekedar tongkrongan bersama sahabat, kekasih ataupun keluarga. Bahkan disini banyak dijajakan berbagai makanan sehingga kita bisa sekalian berbuka puasa.

tapi jika kamu lebih tertarik dengan wisata alami yang masih asri, kamu juga bisa pergi ke curug telu baturaden

3. Masjid Agung Baitussalam.


Masih tidak jauh dari alun-alun Purwokerto, rekomendasi selanjutnya yaitu Masjid Agung Baitussalam. Di dalam masjid kita bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran, berdzikir, tadarusan, mendekatkan diri kepada Allah. Banyak orang berlomba-lomba mendapatkan pahala sehingga ketika Ramadhan tiba, masjidpun menjadi banyak dikunjungi oleh segala usia. Untuk kalian yang jomblo, jika beruntung semoga dapat menemukan pasangan disana. Seseorang pernah berkata, jika ingin mencari pasangan yang baik, datanglah ke masjid. Selain itu, keuntungan ngabuburit di masjid ini yaitu mendapatkan menu buka puasa gratis. 

4. Andhang Pangrenan


Andhang Pangrenan merupakan lokasi rekreasi keluarga yang tepat untuk ngabuburit menikmati indahnya sore di wilayah ini. Didalamnya terdapat berbagai wahana permainan dan pemandangan taman yang asri. Untuk bisa masuk ke Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, kita cukup membayar tiket seharga Rp 3.000 per orang. Taman ini buka dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

5. Taman Balai Kemambang

Taman ini berada diKelurahan Karang Kobar, Purwokerto Utara. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 2.500 per orang, serta bayar parkir yang biasanya seharga Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, kita bisa berekreasi, bersantai dan sepuasnya sembari menunggu datangnya adzan maghrib. Taman ini sangat cocok dijadikan rekreasi bersama keluarga, anak-anak dapat bermain di beberapa permainan yang tersedia. Di dalam taman, terdapat balai apung yang dibangun dengan dikelilingi kolam ikan. Ikan di kolam ini berwarna warni dan jika ingin memberinya pakan, kita cukup membeli pelet atau makanan ikan seharga Rp 1.000 per bungkusnya. Tak hanya itu, disini juga dibangun sebuah bangunan 3 tingkat yang bisa membuat kalian menikmati pemandangan taman dan sawah-sawah disekitarnya. 

6. Taman Miniatur Dunia ( Small World)


Keliling dunia membutuhkan biaya yang mahal dan perjalanan yang lama? Small World dapat menjadi solusi tempat wisata bagi kalian yang mencari lokasi ngabuburit sekaligus suka travelling tetapi dengan harga yang terjangkau. Small World terletak di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Lokasi ini letaknya tak jauh dari Wisata Baturaden. Tidak seperti biaya untuk keliling dunia, tiket masuk Small World sangat terjangkau yaitu Rp 20.000 per orang dewasa, Rp 10.000 per anak-anak sampai umur 12 tahun di hari biasa dan Rp 25.000 per orang dewasa, Rp 15.000 per anak-anak sampai umur 12 tahun di akhir pekan ataupun hari libur nasional. Wisata ini dibuka pagi hari mulai pukul 07.00 WIB.


Seperti namanya, di dalam Small World terdapat miniatur ikon-ikon terkenal beberapa negara di dunia. Contoh miniaturnya yaitu Menara Pizza dari Italia, Big Ben London dari Inggris, Twin Tower dari Malaysia, Colloseum Roma dari Italia, Kincir Angin Raksasa beserta bunga tulip asal Belanda, Patung Merlion dari Singapura, Menara Eifell Paris dari Perancis, Tembok Raksasa Cina, Ka’bah dari Saudi Arabia, Opera House Sidney dari Australia, Taman bunga sakura dari Jepang, Tugu Monas Jakarta, Rumah Honai Papua, Piramida Mesir dan masih banyak lagi miniatur bangunan terkenal yang lainnya. Tempat ini sering menjadi lokasi berburu selfie dan instagramable.

7. The Village

The Village terletak di Jalan Raya Baturaden tepatnya di Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden. Pemandangan di wisata ini sangat mengagumkan dan cocok sebagai tempat untuk berburu selfie. Sejak diresmikan pada tanggal 7 Februari 2018 oleh Bapak Ganjar selaku Gubernur Jawa Tengah, wisata ini sangat menyedot pengunjung. Dari bangunan luarnya saja sudah sangat unik, sehingga tak heran jika banyak orang yang penasaran. Didalamnya terdapat banyak bangunan yang sangat megah dan elegan. Sangat cocok jika dijadikan tempat ngabuburit bersama pasangan, teman atau bahkan sanak keluarga.
Untuk masuk ke dalam wisata ini memerlukan tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang untuk hari Senin-Jumat dan Rp18.000 per orang untuk hari Sabtu dan Minggu. Wisata ini dibuka mulai pagi pukul 10.00 WIB sampai dengan tutup pukul 23.00 WIB. Jika kalian berkunjung pada malam hari, maka ada perbedaan harga tiket, kalian hanya akan dikenakan tarif tiket Rp 5.000 saja. 


8. GOR Satria Purwokerto


Seperti pada umumnya, GOR Satria Purwokerto memiliki tempat yang luas dan nyaman. Banyak fasilitas olahraga seperti untuk jalur lari, lapangan sepak bola, lapangan badminton, lapangan bola basket, lapangan futsal, panjat tebing dan track sepeda. Dengan demikian, tempat ini merupakan rekomendasi yang tepat untuk ngabuburit. Kita bisa sambil berolahraga sehingga tidak hanya sekedar menghabiskan waktu tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Di sepanjang pinggiran GOR Satria, terdapat kawasan kuliner dari pedagang kaki lima hingga resto makanan dari berbagai daerah sehingga kita tidak perlu bingung untuk mencari makanan buka puasa.

9. Kampus


Seperti sudah disebutkan di awal, Purwokerto merupakan kota pendidikan. Banyak kampus berdiri di kota ini seperti Universitas Jendral Soedirman, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Poltekes Negeri Semarang Kampus Purwokerto, Unwiku, BSI dan masih banyak kampus lainnya. Bagi mahasiswa yang bingung memilih lokasi ngabuburit yang gratis, kampus dapat menjadi solusi yang tepat. Biasanya di kampus disediakan wifi gratis, sambil menunggu waktu berbuka, para pencari wifi kampus dapat menghabiskan waktunya dengan streaming apapun yang mereka sukai.

nah itudia beberapa daftar rekomendasi tempat ngabuburit yang bisa kamu coba di purwokerto, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu tentang dimana saja tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu di purwokerto, kususnya saat sedang berpuasa.

0 Response to "9 Rekomendasi Tempat Ngabuburit yang Asik di Purwokerto"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2