-->

✓ Download Ebook Jejak Langkah PDF, Pramoedya Ananta Toer

Download novel Jejak langkah menjadi buku selanjutnya yang akan saya ulas dan saya sediakan link Download Ebook Jejak langkah PDf karya pramudya ananta toer.

✓download Ebook Jejak Langkah PDF

pramudya ananta toer merupakan seorang seniman sastrawan besar yang bisa mengangkat nama harum bangsa indonesia di kancah internasional. meskipun sebagian besar karyanya di cekal oleh orde baru, namun kekuatan karyanya tetap di gemari oleh banyak pembaca di seluruh dunia, selain itu karya- karya luar biasa seorang pramudya ananta toer banyak di gemari hingga saat ini, meskipun kita tahu bahwa penulisan karya-karya tersebut sudah lama dan telah lekang oleh waktu, tapi karya-karyanya bisa bertahan melewati zaman.

jejak langkah merupakan salahsatu dari rangkaian novel tetralogi buruh atau tetralogi pulau buruh. sebelumnya adalah novel anak semua bangsa sebagai buku kedua, bumi manusia sebagai buku pertama, dan rumah kaca sebagai buku terakhir dari seri tetralogi pulau buruh ini, selain karya pramudya tetralogi pulau buruh terdapat beberapa novel lain yang bisa kamu download di blog ini loh, silahkan klik Label Novel disini.

nama tetralogi pulau buruh sendiri muncul karena semasa penulisannya ke 4 novel tersebut menjadi kesibukan pram sewaktu berada di pulau buruh menjalani hidup sebagai tahanan plitik, pram sendiri di tuduh sebagai komunis dan di buang ke pulau buruh untuk menjadlani hukuman tanpa peradilan karna afiliasinya di Lekra (organisasi seni yang dianggap sebagai mantel komunis) , dalam masa pembuangannya tersebut pram memnghabiskan waktunya untuk menulis dan lahirlah karya ini. Tetralogi pulau buruh.

sekilas tentang Resensi novel Jejak Langkah.PDF 

jejak langkah meskipun merupakan novel ke 3 dari 4 seri tetralogi pulau buruh, tapi dalam kisah jejak langkah minke seolah mengalami puncak dari kisah hidupnya dalam runtutan cerita tetralogi pulau buruh. dalam kisah jejak langkah, minke kemudian memutuskan untuk benar-benar meninggalkan nyai ontosoro, minke kemudian bertolak ke jakarta untuk mengenyam pendidikan sekolah dokter, meskipun pada masa itu pendidikan dokter tidak prestige dengan statusnya sebagai anak bupati. tapi meskipun demikian, minke ternyata gagal mengejar impiannya tersebut, hal itu di sebabkan karna ia di keluarkan dari sekolah akibat sering bolos pelajaran karna sibuk mengurusi istri barunya, mei. keturunan cina yang pada akhirnya meningal meskipun di urus dengan sepenuh hati oleh minke, parahnya lagi minke harus mengganti biaya beasiswanya selama sekolah di sekoleh dokter tersebut.
tokoh mei rupanya bukan hanya dijadikan Pram sebagai Bumbu cerita dalam novel jejak langkah, Pram menjadikan tokoh mei sebagai orang yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan minke sebagai seorang pelawan, mei tidak hanya sebagai soerang china yang kurus nan cantik, tapi mei juga ternayata adalah pejuang pembebasan negrinya, ia pergi ke indonesia untuk menghimpun masa dari bangsanya untuk kembali ke tiongkok dan melakukan perlawanan terhadap golongan tua yang kolot, mei adalah seorang pejuang politik, karna itu mei juga tidak senang dengan tujuan minke menjadi guru, mei menyarankan minke untuk menjadi pejuang pribumi , tidak hanya menjadi dokter, mei ingin suaminya bekerja untuk pembebasan  pribumi yang di tindas oleh belanda, sepertihalnya mei yang menjadi pejuang untuk bangsanya.

ucapan mei tersebut rupanya membekas di hati minke, selain itu perkataan mei senada dengan ucapan pensiunan dokter yang mengaggap kesusahan para pribumi akibat mereka tidak memiliki organisasi, pendidikan yang minim dan ekonomi terbatas sulit untuk di atasi, masalah tersebut mungkin bisa di selesaikan dengan membentuk organisasi untuk saling membantu, mendirikan sekolah, badan usaha bahkan mengkritik pemerintah. sayangnya minke baru menyadari semua hal tersebut setelah istrinya meninggal,  istrinya yang tidak di ketahui nama salinya tersebut jatuh sakit akibat terlalu lelah menjalankan organisasi untuk cita-citanya. meskipun telah meninggal dan membuat pram di kluarkan dari sekolah, namun itusemua justru menyulut semangat minke saat itu.

awalnya minke mendirikan organisasi priyayi, tapi karena banyak sebab organisasi tersebut tidak berkembang, priyayi yang mencerminkan golongan kelas tertentu menjadi organisasi yang inklusif dan tidak berkembang termasuk gagal mengakomodir segala kepentingan pribumi, akhirnya organisasi priyayi hanya jalan di tempat. 

lalu bagaimana cara minke untuk membentuk organisasi untuk pribumi dalam novel jejak langkah ? silahkan baca selengkapnya novel tersebut agar persepsi anda tidak tercemari oleh spoiler dari saya.

IDentitas buku :

Terbitan Pertama: 1985
Pengarang: Pramoedya Ananta Toer
Bahasa: Bahasa Indonesia
Genre: Fiksi sejarah
Buku sebelumnya: Anak semua Bangsa
Buku selanjutnya : Rumah Kaca

DOWNLOAD EBOOK JEJAK LANGKAH PDF PRAMOEDYA ANANTA TOER


Seperti biasa sebelum anda mendownload saya ingatkan kembali, ebook ini hanya untuk fakirmiskin, saya khusukan ebook jejak langkah pdf hanya untuk orang-orang yang tidak memiliki kesempatan materi atau waktu untuk membeli buku versi cetak, untuk menghargai jasa penulis dan penerbit yang luarbiasa keren, jangan lupa untuk membeli buku versi cetakya guys, selamat membaca ebook jejak langkah PDF pramudya ananta toer.

4 Responses to "✓ Download Ebook Jejak Langkah PDF, Pramoedya Ananta Toer"

  1. Untuk novel lanjutannya (Rumah Kaca), belum ada ya kak?

    ReplyDelete
  2. terimakasih karena telah menyediakan novel jejak langkah dari pram

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2