-->

[PDF] Download Ebok Novel Arus Balik Pramoedya Ananta Toer Gratis

Download Ebook Pramudya ananta toer Arus balik menjadi salahsatu tambahan koleksi buku-buku Pramudya ananta toer di situs ini, sebelumnya kami mengunggah file bumi manusia, dan bukan pasar malam, pada postingan ini kami ingin membagikan file ebook arus balik dari pramudya ananta toer dalam bentuk pdf.

[PDF] Download Ebook Arus Balik Pramoedya Ananta Toer


arus balik merupakan novel sejarah yang menceritakan keruntuhan kerajaan -kerajaan sebelum berdirinya negara indonesia, khusunya demak dan majapahit, tidak ada kepastian yang tepat apakah kisah yang di paparkan pramoedya ananta toer dalam buku arus balik ini merupakan cerita sejarah yang sebenarnya atau memang hanya sekedar kisah fiksi, tapi meskipun demikian buku ini menjadi salahsatu buku novel sejara yang patut di acungi jempol di indonesia.

novel arus balik dari pramudya ananta toer menjadi salahsatu bukunya yang cukup berat menurut saya pribadi, bukan hanya karna jumlah halamannya yang mencapai 1000 lebih, membuat buku ini sedikit lambat di baca karna tidak bisa di bawa bepergian, tapi juga buku ini mnceritakan kisah dengan gaya penuturan yang cukup lambat, meskipun dengan model seperti ini kita bisa lebih kuat mengimajinasikan kisahnya, tapi bagi sebagian orang mudah jenuh, buku ini menjadi tantangan tersendiri untuk di habiskan.

banyak penggemar tulisan pramoedya yang memandang buku ini sebelah mata, banyak yang menganggap bahwa kaya tetralogi pulau buruh tetap menjadi karya paling luarbiasa dari seorang pram, bahkan buku ini sempat disamakan dengan sinetron karna plot ceritanya yang sering terpotong, berubah-ubah tidak runtut dan tuntas dalam pembahasan satu bagian cerita. tapi tidak bermaksdu menyamakan karya seorang pramudya ananta toer dengan sinetron hanya saja buku ini menjadi sedikit kurang ramah untuk pembaca pemula.

meskipun demikian kita tidak bisa menyangkal bahwa pramudya adalah seorang sastrawan yang luarbiasa hebat dalam menciptakan kisah-kisahnya yang selalu memiliki daya tarik tersendiri, selalu memiliki cara yang tidak biasa untuk menyindir pemerintahan, atau pejabat-pejabat yang masih memeluk nilai-nilai lama yang justru tidak menguntungkan rakyat.

meskipun kisah arus balik ini tergolong sebagai kisah fiksi, tapi tidak bisa di pungkiri pramudya tidak mengabaikan aspek-aspek sejarah yang sesungguhnya dalam kisah ini, hal tersebut dapat memudahkan pembaca untuk memahami sejarah era majapahit hingga keruntuhannya dalam kisah arus balik ini.

banyak kalangan yang memuji kisah ini sebagai salahsatu karya terbaik pramudya ananta toer salahsatunya bisa kita lihat di komentar googlereads.com " Akhirnya, saya menyelesaikan novel 760 halaman dalam waktu 6 hari. Inilah novel terbaik Pram (menurut versi saya). Pram selalu memberi judul dengan pilihan kata yang simbolik tapi dalam. Jika dulu pada jaman kejayaan nusantara (Majapahit) arus kekuasaan dan budaya berjalan dari selatan ke negeri-negeri di utara (Atas angin), setelah runtuhnya arus itu berbalik dari utara ke selatan. Sejak masuknya Portugis ke Malaka. Wiranggaleng ingin membendung arus itu, tapi dia kalah sebelum akhirnya menyerah." 

selain komentar tersebut, masih banyak lagi komentar positif yang di lontarkan untuk karya sastra arus balik dari pramudya ananta toer, baik itu dari isi cerita, gaya penulisan hingga pengungkapan fakta-fakta sejarah yang dikemukakan dalam sajian yang berbeda, arus balik secara pribadi menurut saya masih memiliki nilai dan pesan moral yang masih bisa kita terapkan hingga saat ini.

Download Juga :



Jika selama ini Tetralogi Pulau Buru dianggap sebagai puncak  kegemilangan karya Pramoedya Ananta Toer, pandangan tersebut kemudian harus berubah ketika membaca buku arus balik. dan harus saya akui bahwa semua karya pram adalah sebuah karya besar sastra indonesia, seorang revolusioner yang banyak menuangkan ide dan pemikirannya dalam cerita-cerita novel yang bahkan sampai saat ini masih di akui sebagai karya yang venomenal. selain menceritakan mengenai sejarah indonesia, dalam karyanya yang berjudul arus balik ini pramudya ananta toer juga menggambarkan bagaimana transisi kebudayaan dan agama dari mulai hindu hingga masuknya islam bahkan kristen sekalipun.

novel arus balik tidak bisa dikatakan sepenuhnya sebagai fiksi, novel ini juga di campurkan dengan alur sejjarah yang mau tidak mau akhirnya kita harus mengakui kepiawaian pram memadukan dua unsur tersebut menjadi sebuah karya yang memukau. uniknya proses agam dan kekuasaan yang digambarkan dalam novel tersebut tampaknya masih bisa menjadi bahan renungan kita hingga saat ini, terutama di era sekarang ketika agama mulai berkembang dan menunjukan eksistensinya di dunia politik. saya sangat menyarankan untuk para anak  muda yang sedang belajar mengenai fenomena sosial dan politik untuk membaca buku ini sebagai bahan renungan atau refleksi kita di jaman sekarang ini

selain runtutan cerita yang menarik, sebagai seorang revolusioner pram juga selalu menempatkan peran wanita sebagai sosok yang bisa berfikir, berhak menentukan nasibnya sendiri bahkan nasib masyarakat luas, pram menjunjung tinggi kesetaraan gender bahkan dari setiap kisahnya, dalam buku arus balik ini pram memunculkan tokoh idayu yang berani menolak pinangan bupati saat itu, dengan tekanan budaya jawa yang seharusnya membuat ti9indakan idayu sebagai langkah yang sangat beresiko, namun pram menajikan sudat pandang yang berbeda dari pemikiran idayu dalam kisah tersebut.

Arus Balik lagi seakan ingin mengingatkan kita bahwa kejayaan pernah di raih Nusantara di masa lalu. Bangsa ini pernah menjadi pusat dunia, namun, mungkinkah kita mampu mengembalikan lagi arus dari Selatan ke Utara? Kembali merengkuh kejayaan bangsa ini seperti di masa lalu.
saya pikir sudah terlalu banyak saya berbicara tanpa arah tentang buku arus balik sekalilagi, daripada persepsi anda tercemari oleh omong kosong saya,lebih baik kalian membaca buku ini sendiri secara keseluruhan untuk menangkap kisah sejarah yang di tulis oleh pramudya ananta toer, silahkan download ebook arus balik sekalilagi di bawah ini.



semoga kisah yang di angkat oleh pramudya ananta toer dalam ebook arusbalik sekali lagi bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk kita semua, semoga kisah ini bisa menjadi bahan renungan yang pantas kita baca di tengah kemarutnya situasi sosial politik indonesia saat ini. selamat mendownload Ebook Arus Balik Pramudya Ananta Toer.

1 Response to "[PDF] Download Ebok Novel Arus Balik Pramoedya Ananta Toer Gratis"

  1. babyliss pro titanium - TITanium Arts
    › products › babyliss-pro-titanium- › nier titanium alloy products › babyliss-pro-titanium- babyliss Pro Titanium - ceramic or titanium flat iron $1.00 $1.00 $1.00 titanium or ceramic flat iron $1.00. Add to cart. Add to wishlist. See details. More items. Add to list. Add to collection. 2020 edge titanium Category: Toys titanium ion color and Games

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2