-->

Cara Transkrip Suara Menjadi Text dengan Mudah Dan Cepat di Laptop

Mentranskrip suara adalah kegiatan membosankan yang harus kita lakukan, mentranskrip suara ini berguna untuk penelitian, transkrip wawancara, transkrip seinar dan masih banyak lagi, pokoknya kalo kita mau transkrip suara jadi text atau tulisan pastinya bakal ngebosenin banget apalagi kalo rekaman suara itu panjang berjam-jam. 

Cara Transkrip Suara Menjadi Text dengan Mudah Dan Cepat di Laptop


bagi pembaca yang barangkali belum paham, mentranskrip adalah mengubah suara yang berisi percakapan atau informasi tertentu kedalam text, nah biasanya transkrip ini di butuhkan untuk keperluan penelitian, wawancara, jumpa pers dan lain sebagainya, dulu mentranskrip menurut saya pribadi adalah kegiatan yang sangat membsankan.

setelah berkembangnya ilmu pengetahuan khusunya perkembangan artificial intelijen  atau disingkat AI sangat membantu banyak kegiatan yang dulu menyita waktu dan membosankan ini, yaitu mentranskrip. saat ini mentraskrip tidak lagi hanya mengandalkan cara manual, kamu juga bisa mentranskrip suara dengan bantuan smartphone ataupun laptop dan komputer yang kamu miliki.

mengubah suara menjadi tulisan atau text saat ini dapat di lakukan dengan cepat dan mundah, ini juga bisa membantu kalian yang ingin menulis sebuah artikel  namun malah untuk mengetik, kamu bisa menggunakan cara merubah suara menjadi text yang akan saya jelaskan di bawah ini. tapi sebelum itu simak dulu penjelasan di bawah ini.

pada dasarnya mengubah suara menjadi text atau mentranskrip ini bisa di lakukan dengan 3 cara yang berbeda, pertama adalah dengan cara manual, yaitu mendengarkan suara dan mengetiknya sendiri, kedua menggunakan aplikasi dengan smartphone,dan ketiga menggunakan browser crome. cara yang akan saya berikan kali ini adalah tentang bagaimana mentranskrip dengan menggunakan google crome, karna tidak membutuhkan banyak ruang hp dan bisa di lakukan baik di smartphone maupun laptop atau pc yang kamu miliki, terlebihlagi mentranskrip biasanya banyak berkaitan dengan pekerjaan serius yang di lakukan di depan komputer, misalnya saja wartawan dan mahasiswa.

caranya cukup mudah, kalian tidak perlu mendownload aplikasi yang bisa memakan ruang memory smartphone kalian, cukup dengan menggunakan tool dengan cara mengakses alamat di dalam browser google crome. selain sangat mudah cara mentranskrip dengan laptop yang akan saya ajarkan ini bisa di gunakan untuk berbagai bahasa dan tentunya membuat kerja anda lebih efektif.

tool yang saya maksdu ini bernama WEB SPEECH API DEMONSTRATION, tool ini di sediakan oleh google dan dapat di gunakan secara gratis dan bebas tanpa syarat dengan banyak pilihan bahasa. bisa di gunakan dengan suara anda secara langsung maupun menggunakan suara yang sudah anda rekam sebelumnya.

Cara mentranskrip Suara Menjadi Text Tanpa Aplikasi

sebelum saya melanjutkan tutorial bagaimana cara mengubah transkrip suara menjadi text secara otomatis ini saya lanjutkan, petama yang harus kalian miliki adalah aplikasi browser google crome, baik di komputer/laptop maupun dengan menggunakan hp, jika anda belum memiliki google crome silahkan download atau instal google crome terlebih dahulu.

jika anda tidak mengetahui cara mendownload google crome caranya sangat mudah, pertama jika kalian menggunakan laptop atau pc, ktik kata kunci google crome di browser apapun yang kalian gunakan kemudian klik tautan untuk mendownload crome, sedangkan jika kalian menggunakan hp kamu juga bisa menggunakan playstoreatau appstore untuk mendownload google crome.
setelah anda memeiliki aplikasi browser crome, langkah selnjtnya untuk menggunakan fitur transkrip dengan mudah melalui laptop ini bisa kamu akses dengan mengunjungi situs web Speech API Demonstration. anda akan mendapati tampilan seperti di bawah ini yang bisa kamu gunakan untuk mentranskrip atau mengubah suara menjadi tulisan denganmudah.

Cara Mudah Transkip Suara Menjadi Teks di Laptop Dan Adroid

Cara Transkrip Suara Menjadi Text dengan Mudah Dan Cepat di Laptop


bagaimana, melalui tampilan gambar speech to text atau tool transkrip ini sangat sederhana bukan, meskipun dengan tampilan layar yang sederhana kamu jangan buru-buru menilai tools google yang satu ini loh ya, karna meskipun tampilannya sangat sederhana speech to text api ini sangat bermanfaat dan memiliki fitur yang lengkap dan pastinya mudah di gunakan untuk keperluan anda.
Apa saja Fitur tools Transkrip Web speech API Demonstration ini ?

seperti yang saya jelaskan sebelumnya jika tools transkrip di laptop ini sangat mudah di gunakan dan bisa di pakai olehsiapa saja, fiturnya yang sederhana akan sangat berguna jika dilakukan penyetingan yang tepat.

mungkin kalian masih bingung tentang apa yang saya maksud ini, untuk itu untuk memberi penjelasan yang lebih baik saya menggunakan gambar di bawah ini dengan penomoran dan penjelasan yang sudah saya siapkan untuk memudahkan pembaca memahami apa yang saya maksud.

  1. anda pasti sudah tidak asing lagi dengan logo mic yang seperti gambar di tunjukan oleh panah pertama ini, sama seperti fitur google voice atau whatsapp voice note, logo mik selalu di gunakan untuk memulai input suara, dengan mengklik gambar mik tersebut kalian akan memerintahkann tools untuk mulai menganalisis suara yang di tangkap dan merubahnya menjadi text.
  2.  kolom besar yang tersedia di layar merupakan tempat munculnya output berupa text yang akan muncul setelah anda menginput suara, text ini biasanya akan muncul bertahap, jadi jangan kaget jika input dan output tidak cepat terproses, ini akan bergantung dengan seberapa bagus koneksi internet anda. jika kalian sering menggunakan google voice maka mungkin kalian tidak akan asing lagi dengan fitur ini.
  3. kolom ini berfungsi untuk memilih bahasa yang anda gunakan, ingat penting untuk menentukan bahasa yang anda gunakan sebelum memulai transkrip suara menjadi text, jika kamu salah menentukan bahasa misalnya bahasa inggris untuk suara berbahasa indonesia maka ejaannya akan menjadi berantakan dan tidak benar, jadi pastikan anda telah memilih bahasa yang benar.


bagaimana cara menggunakan Voice to text (Transkrip) Menggunakan tool crome ini ?


setelah kamu berhasil masuk di halaman tools seperti gambar di atas dengan langkah yang telah saya beritahu sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan input suara yang akan di rubah kedalam text. 

kamu bisa menggunakan suara kamu sendiri atau menggunakan rekaman yang telah kamu siapkan, misalnya saja hasil wawancara, suara diskusi atau bahkan suara pidato yang ingin di rubah menjadi text.

jika kamu menggunakan input suara kamu sendiri, kamu hanya perlu mengklik logi mick yang ada di pojok yang telah saya tunjukan sebagai nomer satu sebelum kamu mulai berbicara. biasanya akan ada popup permintaan persetujuan akses microfon ntuk google crome, klik allow dan mulailah berbicara.
sebelumnya sedikit terlewat sebelum kamu mulai menekan logo mic ada baiknya untuk memilih bahasa yang kamu gunakan, ini sangat penting untuk menjaga kualitas ejaan dari hasil transkrip kamu, jangan khawatir fitur ini sudah suport bahasa indonesia dan 60 bahasa lainnya di dunia, jadi kamu dengan bebas bisa mentranskrip bahas inggris, arab, china, hingga india.

setelah bahasa dan tombol mick telah di klik, selanjutnya kamu hanya perlu menginput suara ke laptop kamu biasanya beberapa laptop sudah suport untuk input suara namun beberapa lainnya perlu menggunakan mic tambahan, jika kamu menggunakan hp, ini tidak menjadi masalah karna semua hp suport untuk input suara. tulisan hasil transkrip ini akan muncul di kolom nomer 2. kamu bisa langsung meng copy tulisan tersebut kedalam word atau keperluan lainnya.

perlu di perhatikan bahwa tools transkrip ini bekerja seperti kalkulator jaman dulu, artinya text akan menghilang secara otomatis jika kamu menekan logo mic on/of, jadi jangan tekan tombol nomer 1 sebelum kamu meng copy tulisan tersebut yah, kalo bandel nyesel sendiri loh.

cara input suara dan Pengaturan Voice to Text di laptop.


kamu bisa menggunakan tools gratis dari google untuk transkrip ini dengan gratis dan maksimal dengan menggunakan 2 tipe mick, yaitu mic internal bawaan laptop dan mick external. seperti yang sya jelaskan di atas jika beberapa laptop sudah suport dengan mic berkualitas baik, namun beberapa laptop lainnnya kluaran lama tidak suport dan cenderung memiliki kualitas input suara yang buruk.

jika laptop atau komputer kamu termasuk dalam golongan komputer yang tidak memiliki mic atau input suara bawaan, kamu bisa membeli hardware berupa mick yang bisa kamu sambungkan ke laptop atau komputer kamu, caranya ? gampang banget kamu cuma perlu nyolokin mic ke lubang input suara yang ada pada komputer kamu biasanya letaknya di dekat colokan usb.

tapi jika laptop kamu sudah suport dengan mic internal maka hal ini sudh tidak di perlukan karna laptop kamu sudah memiliki komponen input suara yang baik.

tidak sampai di sini, khusu bagi pengguna windows 10 kamu bisa melakukan seting input suara dengan cara mengklik tombol logo mic di kanan bawah . untuk cara lebih lanjutnya bisa kamu baca di blog mastrigus tentang bagaimana cara membuat transkrip dengan google crome.

apa kelemahan dan kelebihan Voice To Text di laptop


pertanyaan yang muncul setelah membaca tutorial ini adalah, lalu apa kelebihan dan kekurangan menggunakan voice to text di komputer daripada di hp atau mengapa saya harus menggunakan tools ini dan tidak menggunakan cara manual saja untuk hasil yang lebih maksimal. semua ini akan saya jelaskan lebih lanjut di bawah ini :

kekurangan Google Voice To Text (Transkrip)

web speech to Text API demonstration merupakan AI atau kecerdasan buatan yang di buat oleh manusia khusunya google, artinya sangat mungkin jika memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan, namun meskipun demikian kelemahan ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor dan bisa juga di atasi dengan perangkat yang mendukung.

  • 1. suara harus jernih. ketika menggunakan speech to text ini suara harus jernih dan jelas agar bisa di mengerti oleh mesin google, selain itu suara juga tidak boleh terlalu cepat agar bisa di proses dengan benar oleh google.
  • 2. jika suara beriski atau gangguan bicara lainnya menyebabkan google gagal untuk menganalisi suara tersebut, maksdunya adalah jika suara yang di hasilkan brisik dan tidak jelas oleh kendaraan atau pembicara mengalami gangguan suara seperti cadel parah misalnya.
  • 3. tidak bisa mengatur tanda baca. saya pikir ini kelemahan yang di rasakan oleh semua jenis tools transkrip, mayoritas masi hanya bisa mentranskrip suara tapi tidak bisa menentukan tanda baca seperti titik koma dan paragraf.artinya kita harus mengedit kembali tulisan tersebut dengan hati-hati untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

kelebihan Voice to text /transkrip menggunakan weeb speech API 

selain kekurangan, tentu saja tidak adil jika kita tidak membahas kelebihannya, lalu apa sajakah kelebihan transkrip menggunakan web speech api google crome ini.

  1. 1. hemat waktu
  2. menggunakan web speech untuk mentranscrip menjadi sangat menguntungkan jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan ini, apalagi jika kamu memiliki file rekaman yang cukup banyak atau harus mengetik banyak sedangkan jari anda sedang terkilir misalnya. kamu bisa memanfaatkan fitur gratis dari google ini.
  3. 2. hemat biaya
  4. nah karna tadi saya bilang gratis, sudah pasti hemat biaya dong, beda ceritanya kalo kamu make aplikasi berbayar atau bahkan nyuruh orang buat nranskripin yah.
  5. 3. efisien ruang memory 
  6. kalo biasanya kamu memerlukan ruang diks untuk menginstal aplikasi transkrip, dengan menggunakan fitur google speech api ini kamu tidak perlu mendownload aplikasi tambahan yang bisa bikin ram kamu menuh.
  7. 4. bisa dilakukan dimana saja
  8. karna tools ini ada di dalam aplikasi crome yang ada di laptop maupun hp jadi kamu bisa menggunakan tools transkrip untuk mengubah suara menjadi text ini dimanasaja kamu mau.
  9. 5. simple
  10. aplikasi ini cukup sederhana dengan tampilannya yang simple sangat mudah di gunakan dan bermanfaat

nah itudia cara mentranskrip suara menjadi text dengan menggunakan weeb speech to text api demonstration yang dimiliki oleh google crome. sebenarnya masih banyak cara mentranskrip suara menjadi text yang bisa kamu lakukan baik menggunakan smartphone melalui aplikasi ataupun cara mentranskrip dengan tools yang tersedia di internet.

contohnya kamu bisa mengubah suara menjadi text dengan cepat dan mudah menggunakan google translate, ini juga cukup mudah di lakukan di laptop maupun hp, namun mungkin akan saya bahas di kesempatan berikutnya. semoga artikel bagaimana cara mengubah suara menjadi text (transkrip) dengan cepat di laptop ini bisa bermanfaat untuk pekerjaan anda.

1 Response to "Cara Transkrip Suara Menjadi Text dengan Mudah Dan Cepat di Laptop"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2