8/26/18

Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada anak

Cara mengobati mimisan

mimisan atau kluarnya darah dari hidung biasanya sring kali di alamai oleh anak kecil maupun dewasa, namun apabila mimisan tersebut di alami oleh anak-anak, serigkali orangtua akan merasa begitu panik, padahal panik tidak membantu keadaan loh yaa. 

sebelum membahas mengenai pengobatan ketika mimisan, terlebih dahulu ada baiknya kita memahami penyebab mimisan itu sendiri, pada umumnya mimisan terjadi karena perubahan iklim suhu yang begitu cepat, dan juga bisa terjadi karena trauma pada hidung, misalnya saja benturan, namun ada juga beberapa mimisan yang mengindikasikan penyakit serius. apabila terjadi terlalu sering dan tidak berhenti lebih dari 10 -30 menit.
namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas mengenai cara jitu untuk mengatasi mimisan, yaitu sebagai berikut :


  • tekan hidung yang lembut mengikuti grafitasi.

tekanlah bagian hidung yang lembut, bukan di tulang hidung melainkan sebelah bawah dari tulang hidung, kemudian usahakan membngkuk ke bawah, jangan pernah mendongak ke atas karena darah bisa masuk ke tenggorokan atau bahkan paru-paru dan membuat nafas anda menjadi sesak, poin penting dalam metode ini untuk membuat darah kluar dan tidak menutupi saluran pernafasan.

  • mengguakan esbatu yang di bungkus kain bersih.

bungkus es batu dengan air bersih kemudian letakan di hidung anda, menggunakan es batu akan membuat suhu hidung menjadi dingin, dan prinsipnya dingin akan membuat pembulu dara mengecil, harapannya lupa pada pembulu dara tersebut akan lebih cepat rapat.

  • menggunakan daun sirih

cara menggunkan daun sirih ini merupakan cara lama dan seringkali di gunakan orangtua untuk mengobati anaknya yang sedang mimisan, biasanya daun sirih di sumbatkan ke lubang hidung yang mengeluarkan darah, orangtua jaman dulu menganggap daun sirih dapat membunuh bakteri yang akan masuk ke hidung saat mimisan.

  • menggunakan petranium jeli, minyak aple (rawan infeksi)

ada beberapa sumber yang mengatakan untuk memasukan cairan tertentu ke dalam hidung saat mimisan namun cara ini belum teruji secara ilmiah dan di hawatirkan akan membuat hidung menjadi terinfeksi.

semoga cara menanggulangi mimisan di atas dapat berfungsi da berguna dengan baik, mimisan yang normal terjadi sekitar 10 -30 menit, apabila darah tidak berhenti dan kluar dalam jumlah yang banyak di sarankan untuk di priksakan ke rumahsakit terdekat, semoga bermanfaat, (sumber artikel ini berasal dari konsultasi dokter yudis )


TERIMAKASIH & SHARE

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terkait artikel dan komentar atas konten blog, melakukan promosi yangbberbau sara dan pornografi akan di hapus oleh admin blog. Terimakasih atas perhatiannya