10/10/18

Cara Riset Keyword Paling Jitu dan Gratis Terbaru

memlih kata kunci yang SEO friendli merupakan hal paling penting dalam membuat sebuah postingan karna kebanyakan dari para bloger termasuk saya sendiri sangat mengandalkan search organik dari google untuk mendatangkan visitors pengunjung, berbea dengan para bloger yang sudah memiliki nama beken di internet yang traviknya bisa di dapatkan bukan hanya mengandalkan serch engine seperti google atau bing, namun pengunjung pada umumnya sudah mengetahui domain blog mereka. tapi tidak bisa di pungkiri mereka juga masih menerapkan metode-metode riset kata kunci untuk menambah vidtors mereka dari google search dan bersaing dengan para bloger lainnya di search engin optimation.


tapi sebelumnya apa itu riset Keyword/kata kunci ?
riset kata kunci /keyword merupakan cara yang di gunakan untuk membuat artikel kita menjadi di posisi teratas di google search. salahsatu caranya adalah dengan menulis artikel yang di sukai oleh google. memuat informasi yang lengkap dan terdiri  300 kata atau lebih. yang pasti artikel itu tidak plagiat atau hasil copy paste. 

membuat keyword yang bisa menduduki peringkat teratas di butuhkan metode yang tepat dari awal mula menentukan judul hingga kerangka tulisan. namun sebelum membahas lebih jauh apa itu riset kata kunci ada beberapa hal yang harus anda mengerti tentang riset keyword itu sendiri.

keyword merupakan kata kunci yang biasanya anda ketikan di google search saat anda membutuhkan informasi tertentu. misalnya saja ketika menemukan tulisan ini anda mengetikan kata kunci cara melakukan riset kata kunci di google dengan ubersugest atau mungkin lebih pendek dari itu. dan googl akan mencari hasil yang paling cocok dengn apa yang anda cari melalui algoritma Google. untuk jenis-jenis keyword sendiri menurut beberapa bloger yang sudah berpengalaman di bidang seo membagi jenis keyword ke dalam tiga jenis:

pertama keyword pendek /sort tail keyword. keyword jenis ini biasanya hanya terdiri dari 1 atau dua kata dengan persaingan yang cukup tinggi dan selalu di update setiap saat karna semua jenis keyword bisa tersaring dengan keyword ini. misalnya saja keyword seperti "Blog" atau "harga Kambing" atau kata lainnya yang di cari hanya dengan menggunakan satu atau dua kata kata.

kedua adalah long tail keyword atau dapat kita maknai sebagai keyword  yang lebih panjang daripada sort tail keyword misalnya saja "harga kambing terbaru" atau "cara melakukan riset kata kunci" keungguan keyword ini dibandingkan dengan sebelumnya adalah memiliki persaingan yang sudah mulai terseleksi dan paling banyak di lakukan oleh pengguna internet karna telah memiliki fokus pencarian yang jelas. oleh karena itu banyak bloger yang menggunakan kata kunci dengan jenis ini karna maih banyak kemungkinan untuk menduduki posisi teratas.

ketiga adalah keyword musiman. keyword ini biasanya memiliki jangka waktu populer tertentu biasanya berkaitan dengan hari-hari besar atau pristiwa tertentu misalnya saja "kumpulan kata-kata ucapan lebaran" atau bisa juga dengan keyword hasil pertandingan persib dan persija dan bisa juga pristiwa lainnya.

ke empat. keyword abadi. keyword ini biasanya akan di cari orang sepanjang masa. biasanya memiliki banyak persaingan yang ketat karna keyword ini akan di cari orang secara terus menerus. namun jika anda mendapatkan posisi pertama keyword ini bisa mendadatangkan kenaikan pengunjung blog secara terus menerus. keyword yang saya maksud adalah misalnya saja cara mengobati sakit perut. karna semua orang pasti pernah sakit perut dan sebagian besar pernah melakukan search keyword tersebut di gooogle search.

setelah memahami macam-macam keyword tersebut yang anda lakukan selanjutnya adalah mencoba untuk  menentukan jenis keyword pa yang anda ingin gunakan. lalu setelah anda menentukan tema keyword yang anda inginkan cobalah untuk mengunjungi situs Ubersugest.ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk melakukan riset kata kunci selain menggunakan ubersugest yakni menggunakan google search sebagai cara yang paling mudah dan cukup menjanjikan. jika anda belum mengetahui caranya silahkan klik DISINI.

setelah anda menunjungi situs tersebut halaman pertama pada ubersugest adalah sebagai berikut:


anda harus mengganti negara tujuan target blog anda dalam hal ini adalah indonesia, kemudian anda ketikan keyword yang anda inginkan lalu andi bisa melanjutkannya dengan mengklik search. maka anda akan dialihkan ke halaman seperti di bawah ini:



pada halaman tersebut akan muncul keterangan (1) keyword over view yang akan menginformasikan pada anda mengenai jumlah pencarian keyword tersebut dalam sebulan, persaingan seo dan estimasi CPC yang akan anda dapatkan.
sedangkan di bawahnya merupakan grafik pencarian dari bulan kebulan mengalami kenaikan atau penurunan, jika anda mencari keyword musiman maka biasanya grafiknya akan anaik turun dala membuat contoh ini saya membuat keyword Kreta api Goshow yang populer pada awal mula program tersebut di jalankan namun menjadi semakin turun karna orang-orang sudah mengetahui kreta tersebut dan sudah tidak mengandalkan pencarian google.


 selanjutnya jika anda scrol ke bawah maka terdapat informasi mengenai keyword ideal yang bisa anda gunakan untuk meracik keyword anda. cara paling sederhananya adalah dengan membuat kerangka tulisan dari keyword ideal tersebut. dengan cara menggabungkan satu persatu menjadi inti dari setiap paragraf dari artikel anda.

kemudian informasi selanjutnya adalah terdapat kolom persaingan dan yang memiliki peringkat pertama di google bisa kita lihat di bawah ini. yang di lingkari merah adalah tulisan saya mengenai kreta api goshow pada awalnya tulisan tersebut sellu di posisi pertama pencarian google namun rupanya saat ini sudah tergeser oleh website lainnya.


untuk membuat judul dari artikel anda agar enjadi seo cobalah untuk menggabungkan kata-kata dari keyword ideal menjadi sebuah kalimat yang mudah di baca. google menyukai tipe judul yang sesuai dengan isi artikel dan merangkum banyak informasi seo.


itu adalah cara sderhana yang bisa anda lakukan ketika melakukan riset kata kunci dengan jitu dan gratis . untuk menambah wawasan anda mengenai blog bisa anda baca di artikel lainnya DISINI.
Disqus Comments