-->

Hanya Ada di Cirebon, 7 Makanan Khas Cirebon ini Wajib Kamu Coba.

Cirebon merupakan kota yang berbatasan lansung denga dua propinsi besar di indonesia, yaitu jawa barat dan jawa tengah, tidak hanya di situ masyarakat cirebon di kenal ramah dan banyak memiliki kebudayaan yang di adopsi dari wilayah sunda dan jawa. mapir semua orang yang melintasi pantai utara pernah melewati cirebon.

namun alih-alih hanya sekedar lewat, ada beberapa makanan khas cirebon yang harus kamu coba ketika berkunjung ke daerah ini, makanan apa sajakah itu ?


  • empal gentong

makanan ini mungkin bagi sebagian anda sudah sngat terkenal karna memang empal gentong ini juga pernah diproduksi dalam bentuk mie instan. empal gentong merupakan makanan berbahan dasar daging yang di beri kuah seperti soto namun memiliki rasa yang berbeda, empal gentong biasanya disajikan dengan lontong. atau nasi. harga empal gentong pada umumnya berkisar antara 5000- 25.000 perporsinya tergantung tempat dan daging yang di sajikan

  • empal asem

menggunakan bahan yang sama yaitu daging, empal asem memiliki citarasa yang berbeda dengan empal gentong, rasa empal ini cenderungasam seperti namanya, rasa asam ini dihasilkan dari buah belimbing wulu yang di gunakan sebagai pembuat rasa asem, namun biasanya blimbing wulu yang semakin sulit di temukan dapat di ganti dengan asem biasa, namun tentu saja ini akan mempengaruhi citarasa empal gentong. harga empal asem di kampung dan tempat wisata cenderung berbeda namun biasanya hanya berkisar 5-15ribu rupiah

  • docang

nah jika kamu tidak suka atau sedang menghindari makanan bersantan atau berdaging, maka docang adalah alternatif makanan sehat yang bisa kamu coba, docang ini merupakan makanan yang dibuat dengan mencampurkan kuah docang, lontong kelapa parut dan daun pepaya menjadi satu makanan yang nikmat disajikan di atas mangkuk. rasanya akan semakin menggugah selera jika di tambahkan dengan sedikit sambal dan krupuk khas docang yang terbuat dari tepung tapioka. harga docang biasanya lebih murah dari empal, biasanya docang di bandrol dengan harga 3-10.000 rupiah saja

  • nasi jamblang

nah, pernah mendengar nasi yang di sajikan dengan di bungkus daun jati dengan beraneka ragam lauk yang berbeda, nama makanan itu adalah nasi jamblang, jamblang sendiri merupakan nama daerah yang di ambil dari nama pohon jamblang, sebenernya saya tidak terlalu memahami keterkaitan nama jamblang dengan makanan ini, tapi yang jelas, nasi jamblang adalah makanan enak yang bisa kamu coba di cirebon. harga nasi jamblang biasanya beraneka ragam biasanya makanan telah di pissah antara berbagai lauk dan nasi yang sudah di bungkus daun jati. harganya tergantung apa saja yan anda beli dan makan, karna nasi jamblang pada dasarnya merupakan makanan dengan sedikit nasi dan banyak lauk.baca juga : Oleh-oleh Khas cirebon

  • rujak kebyok

rujak kebyok ini memiliki beberapa nama bahkan di wilayah cirebon itu sendiri, di beberapa tempat rujak kebyok di sebut dengan nama rujak kangkung. karna berbahan dasar kangkung, makanan ini akan sedikit sulit kamu temui di pinggir jalan karna biasanya makanan ini banyak di jual di kampung-kampung khususnya wilayah plered dan trusmi, makanan yangberisi sayuran dan krupuk kemudian di beri sambal dan kuah kaldu ikan ini biasanya menjadi jajanan masyarakat cirebon terutamaa saat siang  hari yang panas.

  • Tahu Gejrot

nah kalau makanan ini pasti tidak sulit kamu temui di pinggiran jalan raya kota cirebon,  tahu gejrot merupakan makanan khas yang biasanya diracik dengan menggunakan piring dari tanah liat dan cobek dari bambu, makanan ini berbahan dasar tahu yang di siram kuah manis dan di beri bawang mentah, rasanya cukup unik dan mungkin kamu akan suka mencoba makanan ini jika kamu menyukai rasa manis, yang unik dari makanan ini adalah cara penyajiannya yang di sajikan dengan menggunkan piring dari tanah liat setelah sebelumnya bumbu dari tahu gejrot di tumbuk di piring yang sama.

  • tahu petis.

pada artikel sebelumnya saya menjelaskan bahwa di cirebon sisa dari pembuatan trasi akanmenghasilkan makanan yang di sebut Petis pad artikel disini, petis ini berwarna hitam dan memiliki tekstur basah seperti slime, nah jika kamu ingin merasakan sensasi makanan yang sedikit unik, silahkan berkunjung dan cobalah untuk mencicipi tahu petis.

nah itulah 6 jenis makanan yang wajib kamu coba ketika berkunjung kecirebon, bagaimana rasanya. silahkan tinggalkan komentar di bawah ini jika kamu sudah mencoba rasanya..
nah, itu dia beberapa makanan khas cirebon yang wajib kamu coba jika berkunjung ke cirebon, jika kamu merasa memiliki argumen lain silahkan tinggalkan komentar di bawah yaa.

0 Response to "Hanya Ada di Cirebon, 7 Makanan Khas Cirebon ini Wajib Kamu Coba."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2