-->

Daftar oleh-oleh Khas Cirebon Yang wajib Kamu Bawa Setelah Berkunjung Ke Cirebon

cirebon merupakan nama kota dan kabupaten yang terletak di pesisir utara, dan berdekatan dengan kaki gunung ciremai di sebelah selatan. perpaduan masyarakat pesisir dan pegunungan ini membuat cirebon menjadi tempat yang kaya dengan budaya dan memiliki karakter masyarakat yang terbuka dengan pendatang, di samping itu cirebon juga merupakan kota yang berada di perbatasan antara jawa bawat dan jawa tengah, kita tahu bahwa jawa barat kental akan budaya sunda, dan jawa tengah dengan budaya jawanya, nah dari benturan 2 kebudayaan inilah maka lahirlah budaya masyarakat cirebon yang terkadang tidak di aku sunda tapi juga tidak di aku sebagai jawa, cirebon menjadi sebuah wilayah yang unik, tidak heran pada 2015 lalu muncul wacana untuk mendirikian provinsi cirebon, dengan kuningan majalengka, indramayu sebagai wilayah pemerintahannya.

keragaman budaya inilah yang juga kemudian melahirkan berbagaimacam masakan dan makanan yang unik di cirebon, letak cirebon yang berada di sepanjang jalur pantura, membuat kota ini banyak di singgahi oleh orang-orang. karena alasan tersebut saya ingin merekomendasikan pembaca sekalian yang sedang berada di cirebon untuk membeli lima jenis oleh-oleh ini yang bisa kalian coba dan bawa pulang kerumah, oelh oleh apasaja kah itu ?


berikut ini merupakan 5 oleh-oleh khas cirebon yang wajib kamu bawa pulang.

kue gapit

Daftar oleh-oleh Khas Cirebon Yang wajib Kamu Bawa Setelah Berkunjung Ke Cirebon

pernah mendengarr nama kue ini ? kue gapit loh ya bukan kue cubit. kue  kering yang di buat dengan cara menjepit alat pembuatnya ini memiliki rasa yang beraneka ragam, mulai dari asin, gurih, manis, hingga tawar yang bisa anda makan dengan sambal. nah kue gapit ini sering di sebut masyarakat lokal dengan nama jepit karna memang pembuatannya harus dengan menjepit dua besi panas yang di beri adonan kemudian di jepit. kue jepit memiliki dua jenis yang berbeda, yang pertama adalah jepit gurih (jepit kecil) biasanya kue jepit ini memiliki beragam varian rasa. yang kedua adalah kue gapit besar. agak sedikit jarang di temukan di toko oleh-oleh karna biasanya kue ini tidak bertahan terlalu lama karane melempem, kue gapit ini memiliki tekstur menyerupai krupuk namun sangat tipis seperti lembaran kertas yang di bentuk bulat, biasanya di makan dengan mengolesi sambal di satu sisinya dan menutupnya dengan gapit lain di sisi lainnnya seperti memakan sendwich, namun ada juga yang memakan kue gapit ini dengan rujak kangkung. atau dengan air kaldu ikan bandeng.

  1. Akses Wisata Curug Tonjong Majalengka, Fasilitas Dan Harga tiket.
  2. Benarkah Biaya hidup di purwokerto cuma 15 ribu /hari – New!
  3. Berkemah di Lembah Cilengkrang, Kuningan Jawa Barat.

krupuk mlarat /mares

mungkin banyak dari kalian yang sudah megetahui tentang krupuk mlarat ini, namun bagi kamu yang belum mengetahui apa itu krupuk mlarat, saya akan sedikit berbagi informasi tentang krupuk yang cukup populer di jalan pantura.

Daftar oleh-oleh Khas Cirebon Yang wajib Kamu Bawa Setelah Berkunjung Ke Cirebon

konon pada masa awal pembuatannya, ada kluarga yang sangat miskin bahkan untuk  sekedar membeli minyak, karna situasi tersebut akhirnya kluarga ini mengganti minyak dengan pasir, dan mereka menggoreng krupuk, alhasil jadilah krupuk mares ini yang sering juga di sebut krupuk mlarat, mlarat berarti miskin dalam bahasa cirebon. atau beberapa orang yang ingin lebih sopan menyebutnya dengan krupuk pasir. krupuk mlarat ini terbuat dari aci yang di olah dengan di tambahkan bumbu sedemikian rupa agar terasa gurih atau manis, rasa utama dari krupuk ini biasanya adalah asin trasi dan manis, sebelum kemudian di berikan berbagai bumbu tambahan misalnya saja rasa balado.

pembuatan krupuk mlarat ini cukup unik, setelah di cetak dan di jemur krupuk mlarat kemudian di goreng denganmenggunakan pasir pilihan yang sebelumnya telah di cuci bersih dengan menyisakan butiran pasir nya saja. krupuk mlarat kemudian dimasukan kedalam pasir panas sambil di aduk dan akan terus diaduk sampai mengembang. jika anda penasaran bagaimana membuat krupuk ini, anda bisa menghubungi saya di kontak di bawah atau tinggalkan komentar.

krupuk upil

ada yang unik dari penamaan makanan di cirebon, ini buktinya,krupuk upil. krupuk ini sebenarnya krupuk biasa,hanya saja bentuknya yang kecil dan bulat membuat masyarakat menamai krupuk ini dengan nama krupuk upil.  ada dua jenis krupuk upil yang di jual di cirebon, yaitu krupuk yang dimasak dengan pasir dan krupuk yang dimasak dengan minyak, tentu saja krupuk yang dimasak dengan pasir aakan lebih aman dimakan oleh para penderita kolesterol 

  1. Review 4 Jalur pendakian Gunung Ciremai (linggar jati, linggasana, palutungan, apuy)
  2. Syarat Dan ketentuan Memesan Tiket Gratis KA Galunggung selama Promo – New!
  3. Tips Memilih Sepatu Gunung

trasi

Daftar oleh-oleh Khas Cirebon Yang wajib Kamu Bawa Setelah Berkunjung Ke Cirebon

cirebon dikenal dengan kota udang, kota pesisir ini konon katanya merupakan kota cikal bakal pembuat trasi untuk pertama kalinya, ini di buktikan dengan banyaknya referensi dan cerita lisan yang mengatakan keterkaitan nama daerah dan bukti lain yang menonjol tentang trasi pertama yang di buat di cirebon. akan tetapi saya tidak akan berbicara banyak tentang asal usul trasi tersebut, mungkin akan saya tuliskan di artikel lain di blog ini , jika anda tertarik, tunggu saja postingan berikutnya. di cirebon trasi di buat dengan udang rebon yang di olah sedemikian rupa hingga menjadi trasi, sisa dari pengolahan tersebut kemudian di buat menjadi petis (tahu petis) silahkan cari di cirebon pasti ada tahu yang di colek dengan cairan kental hitam pekat seperti slime tapi enak !

krupuk lambak

saya sendiri juga bingung, apakah masyarakat cirebon sangat menyukai krupuk, bahkan kulit sapi dan kulit ikan dijadikan sebagai krupuk. krupuk lambak adalah krupuk yang terbuat dari kulit kerbau, ini adalah krupuk lambak yang asli cirebon, sedangkan dewasa ini banyak krupuk lambak yang di produksi biasanya terbuat dari berbagaimacam kulit binatang konsumsi misalnya saja sapi dan ikan. krupuk lambak dari kulit kerbau biasanya berwarna coklat dan berasa gurig sedikit asin, krupuk ini pada masanya merupakan makanan bangsawan karna pada masa sulit kamu pikir siapa lagi yang memakan daging sebagai krupuk ? haha ini hanya intermezzo. selamat berlibur ke cirebon dan jangan lupa tinggalkan komentar jika kamu memiliki pendapat yang berbeda.


jika kamu bingung mengatur waktu karna kunjungan yang singkat di cirebon kamu bisa menghubungi nomer ini untuk memesanoleh oleh khas cirebon seperti yang di jelaskaan di atas dengan sistem pembayaran COD. di tempat yang kamu inginkan, mislanya kamu sedang di pusat batik, kraton atau sebagainya, dengan harga yang dijamin murah dan tidak akan lebih mahal dari anda membeli oleh-oleh di tempat wisata. silahkan hubungi 089639346119

0 Response to "Daftar oleh-oleh Khas Cirebon Yang wajib Kamu Bawa Setelah Berkunjung Ke Cirebon"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2