-->

Cocok Buat Rekreasi, Inidia Daftar Tempat Wisata Terpopuler di Purbalingga.

Purbalingga merupakan nama sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Julukan yang terkenal bagi Purbalingga yaitu Kota Knalpot dan Kota Rambut Palsu karena di kota ini terdapat banyak pabrik knalpot dan rambut yang legendaris bahkan sampai ke mancanegara. Seperti halnya daerah-daerah lainnya, Kota Purbalingga memiliki banyak wisata-wisata menarik. Berikut beberapa tempat wisata di Purbalingga yang sangat populer.

daftar tempat wsata terbaik di purbalingga

Daftar Tempat Wisata Terbaik Di Purbalingga

1. Owabong Waterpark

Objek wisata yang paling terkenal di Kabupaten Purbalingga yaitu Owabong Waterpark, bahkan wisata ini tidak hanya terkenal di Purbalingga tapi juga kota-kota lainnya. Tak jarang wisatawan dari luar kota sengaja rekreasi ke wisata ini. Bukti terpopulernya wisata ini adalah lahan parkirnya selalu penuh, bahkan selalu kurang lahan. Wisata ini terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari. Objek wisata ini diresmikan pada tanggal 1 Maret 2005. Untuk dapat menikmati wisata ini, pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 20.000 per orang untuk hari Senin-Jumat dan Rp 30.000 per orang untuk akhir pekan dan hari libur nasional. Wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00  WIB sampai 18.00 WIB.

Wahana permainan di Owabong terbagi menjadi 4 zona yaitu zona waterpark, zona sanggaluri, zona Usman Janatin, dan zona Cottage.
Zona Waterpark
Di zona ini pengunjung dapat menikmati wahana air seperti kolam renang olympic dengan standar nasional, waterboom, ember tumpah, kolam arus  atau lazy river, kolam bebas tsunami, kolam permainan untuk basket air, kolam sesat, kolam pesta air, sirkuit gokart, theater 4D, rafting adventure, anjungan dirgantara, kolam air panas, terapi ikan dan tak lupa juga fasilitas rest area.
Zona Sanggaluri
Di zona ini terdapat reptile & insect park untuk melihat berbagai koleksi binatang dan serangga yang masih hidup ataupun sudah diawetkan, wahana IPTEK, Museum Uang, Museum Wayang dan Artefak, Taman Batu, Taman Burung, Rumah Gempa, Labirin kaca dan Taman Sesat.
Zona Usman Janatin
Di zona ini pengunjung dapat menemukan Museum Art yang didalamnya terdapat lukisan 3D dan hasil fotografi, kereta mini, worm coaster, sepeda antik roda tiga, istana balon, samba balon, kora-kora, bom-bom car, Happy Swing, taman lampion dan juga fasilitas lain seperti mushola, cafe dll.
Zona Cottage
Selain wahana permainan yang lengkap, Owabong juga menyediakan penginapan yang terdiri dari beberapa tipe kamar yang tentunya dengan harga yang beragam mulai dari Rp 150.000-Rp 850.000 per malam.

2. Sanggaluri Park atau Taman Reptil Purbalingga.

Objek wisata terpopuler kedua yaitu Sanggaluri Park. Sebenarnya objek wisata ini masih termasuk dalam zona objek wisata Owabong seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sanggaluri Park letaknya ada di Jalan Raya Kutasari, Kecamatan Kutasari. Untuk dapat masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan tarif tiket seharga Rp 20.000 per orang untuk Senin-Jumat dan Rp 35.000 per orang untuk hari Jumat, Sabtu dan hari libur nasional. Objek wisata ini buka setiap harinya dimulai pada pukul  08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Sanggaluri Park atau Taman Reptil Purbalingga, seperti namanya di objek wisata ini dapat ditemui taman reptil dan isek Purbalingga, Museum wayang dan Artefak, Wahana Kereta Mini, Museum Uang, Taman Burung, Rumah Gempa, Taman Jepang dan Nitevaganza, Labirin Kaca, Taman Tetean, Taman Batu, Wahana Permainan Anak dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

3.  Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Objek wisata yang satu ini menawarkan rekreasi sekaligus edukasi dengan slogannya “Ayo berwisata sambil bermain”. Taman wisata ini diresmikan tahun 2001 dan sangat terkenal karena adanya ikan raksasa Arapaima Gigas dari Sungai Amazon. Objek wisata ini terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara. Untuk dapat masuk ke wisata ini, pengunjung dikenakan tarif tiket Rp 20.000 per orang dan ada juga tiket rombongan untuk paket A sampai D dengan harga yang beragam. Jam operasional wisata ini yaitu pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Wahana yang tersedia di objek wisata ini sangatlah banyak, tidak hanya wahana air tetapi ada juga wahana non air serta aquarium. Wahana-wahana yang dimaksud yaitu River World, Wisata Air Telaga Fulus, Konservasi Rusa Purbasari Pancuran Mas, Water Boom & Kolam Renang, Diorama Satwa Purbasari Pancuran Mas, Planet Aquarium Toyoshuka, Taman Bermain, Istana Burung, dan fasilitas pendukung lainnya.

4. Kutabawa Flower Garden atau Taman Bunga Kutabawa

Objek wisata ini terletak di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja. Taman bunga ini mulai dibuka pada tahun 2017 dan sudah menarik banyak sekali pengunjung karena keindahannya. Harga tiket masuk di taman ini yaitu mulai dari Rp 5.000 per orang.

Di taman ini, pengunjung dapat menikmati berbagai bunga yang bermekaran dan juga udara yang sejuk. Saat ini, objek wisata ini sudah mempunyai lebih dari 18 jeni bunga dan akan terus bertambah seiring waktu. Beberapa jenis bunga yang ditanam di taman ini yaitu lavender, tanggo, marigold, iriancis, petunia, begonia, celosia pagoda dan masih banyak jenis bunga yang lainnya. Dengan beragamnya jenis bunga yang berbagai warna serta penataan yang cantik, taman bunga ini menjadi objek wisata yang pas untuk dinikmati bersama keluarga, ditambah dengan letaknya yang terdapat di kaki Gunung Slamet menjadikan udaranya sejuk dan sehat untuk paru-paru.

5. Lembah Asri Serang Purbalingga

 
Masih di area kaki Gunung Slamet terdapat objek wisata lainnya yaitu Lembah Asri Serang. Objek wisata ini terletak  di Desa Serang, Kecamatan Karangreja. Lembah Asri Serang sebenarnya adalah sebuah Rest Area namun didalamnya terdapat berbagai spot yang menarik. Harga tiket masuk di objek wisata ini yaitu Rp 5.000 sudah termasuk parkir. 
Spot yang terdapat dalam objek wisata ini sangat banyak dan menarik untuk diambil fotonya. Bahkan hanya dengan mengetik Lembah Asri Serang di mesin pencarian google dapat banyak sekali ditemukan foto-foto yang cantik dan unik. Selain itu, disini pengunjung juga bisa menikmati kuliner mendoan strawberry yang rasanya sangat khas. Objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi keluarga yang ingin berekreasi.

6. Gowa Lawa Purbalingga ( GOLAGA)

Objek wisata ini berlokasi di Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja. Objek wisata ini masih terletak di kaki Gunung Slamet tak jauh dari objek wisata yang sudah disebutkan sebelumnya. Sesuai dengan namanya, ikon wisata ini yaitu Patung kelelawar raksasa. Harga tiket masuk ke dalam goa yaitu Rp 6.000 per orang di hari biasa dan Rp 7.500 per orang di akhir pekan ataupun hari libur. Wisata Golaga mulai buka pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Golaga terbentuk dari endapan batuan gamping dan aliran lava yang telah membeku sekian lamanya. Di kawasan objek wisata ini terdapat 14 goa yaitu Goa Batu Semar, Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, Goa Batu Keris, Goa Ratu Ayu, Goa Langgar, Goa Angin, Goa Musium Batu, Goa Rahayu, Goa Pos, Goa Cepet, Goa Danau, Goa Lorong Panembahan dan Goa Naga. Selain itu, ada juga Pancuran Slamet atau Sendang Drajat, Balai Pertemuan Agung, Taman bermain anak dan patung-patung yang bagus untuk dijadikan spot foto.

Nah itudia daftar tempat wisata terbaik di purbalingga yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan atau berlibur di libur panjang, bagi kamu yang berasal dari luar purbalingga atau arah jakarta bisa mampir di kota purwokerto untuk sekeda menikmati indahnya gunung selamet dari batraden atau wisata ainnya di purwokerto yang gak kalah banyaknya loh.

0 Response to "Cocok Buat Rekreasi, Inidia Daftar Tempat Wisata Terpopuler di Purbalingga."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2