-->

Jenis Aglonema Termahal dan Cara Budidaya Tanaman Aglonema

cara budidaya tanaman aglonema

budidaya tanaman aglonema merupakan hal yang sangat mudah namun bisa menjadi sebuah kegagalan apabila di lakukan tanpa ilmu yang benar oleh karena itu saya ingin membagikan tips bagaimana caranya memelihara tanaman aglonema yang benar, aglonema sendiri merupakan tanaman berdaun lebar yang biasanya tumbuh di wilayah tropis di tempat yang teduh dan lembab, tanaman ini dapat kita jumpai di berbagai toko tanaman hias, namun pada dasarnya aglonema sendiri telah jauh menyimpang dari jenis aslinya karna terlalu banyak di silangkan untuk menghasilkan aglonema yang indah. lebih jauh lagi tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi sehingga akan sangat menguntungkan jika anda bisa membudidayakannya sendiri di rumah. jika anda hanya penghobi dan bukan bertujuan untuk bisnis, budidaya aglonema dapat membuat halaman anda lebih sejuk dan tentu saja bisa menimbulkan efek positif lainnya.

untuk membudidayakan aglonema atau biasa juga di kenal dengan nama dolar karmen, sri rejeki dan sebagainya, meskipun sepanjang pengalaman saya memelihara dan menjual tanaman hias aglonema ini lebih kerap di sebut sebagai dolar karmen karna sri rejeki merupakan tanaman berbatang seperti bambu namun lebih kecil. aglonema sendiri memiliki klasifikasi lebih tinggi yaitu araceae. untuk membudidayakan aglonema maka terdapat 3 cara yang cukup efektif  yang bisa di lakukan yaitu sebagai berikut :
Jenis Aglonema Termahal dan Cara Budidaya Tanaman Aglonema

cara 1. Stek batang

cara pertama yaitu dengan metode stek batang dengan cara ini anda bisa membudidaya kan aglonema dengan cara memotong bagian ruas indukan yang sudah cukup panjang dan kokoh, biasanya pohon aglonema akan menggugurkan daunnya yang telah layu dan menguning kemudian busuk, pangkal daun tersebutlah yang kemudian menjadi batang pohon aglonema, ketika sudah cukup lama batang tersebut akan menjadi lumayan panjang, dan anda bisa memotong nya untuk kemudian di tanamm di media baru, namun ada beberapa resiko ketika anda melakukan budidaya dengan cara ini, karna batang stek akan beresiko menjadi busuk apabila di rawat dengan tidak tepat. kemudian sebelum anda memotong batang aglonema hal yang perlu anda perhatikan adalah pastikan bahwa pohon aglonema tersebut dalam keadaan sehat, memiliki daun yang cukup banyak dan sisakan daun aglonema tersebut satu helai bisa agar tidak mati dan tetep bisa melakukan fotosintetis, aglonema yang tumbuh biasanya akan memiliki cabang saya sendiri jarang melakukan cara budidaya dengan metode ini, bahkan untuk beberapa jenis tanaman aglonema saya tidak terlalu yakin dapat berhasil dengan baik. namun jika anda ingin mencoba silahkan lakukan dengan hati-hati dan persiapan yang matang lalu coba anda bagikan hasilnya di komentar artikel ini.

Cara 2. Penanaman Benih

cara kedua untuk membudidayakan aglonema adalah dengan cara menanam melalui beni yang muncul dari bunga aglonema, biasanya jika kita tidak memperhatikan tanaman aglonema ini benih yang muncul dari bunga akan rontok begitu saja setelah tanaman ini mengeluarkan benih beberapa saat, caranya adalah ambillah benih atau biji bunga aglonema anda yang telah tua, jika bunga aglonema anda belum memiliki biji, maka tidak di sarankan untuk mengambil biji bunga aglonema milik tetangga, karna itu bisa merusak kerukunan dalam bertetangga, setelah anda memiliki benih rendam benih tersebut kuranglebih 1sampai 3 jam untuk mempermudah proses kecambah, dan kemudian tanamanlah di dalam media yang sudah di siapkan. selanjutnya silahkan berdoa dan rawat benih tersebut dengan baik agar tidak busuk berjamur atau malah terlalu kering, karna tanaman aglonema menyukai wilayah lembab dan sedikit basah namun tidak terlalu basah karna rawan untuk busuk.

Cara 3. Pemisahan tunas

cara budidaya aglonema yang ke 3 ini paling banyak di lakukan dan merupakan cara yang paling mudah untuk di lakukan mengingat bahwa tanaman agalonema ini pasti akan memiliki tunas dan pertumbuhannya lebih cepat dan  lebih berpotensi untuk berhasil jika di bandingkan dengan membiakan tanaman aglonema dengan cara yang lainnnya sehingga sepanjang pengalaman saya cara ini paling banyak di lakukan oleh para pembudidaya tanaman aglonema, caranya cukup mudah yaitu jika tranaman aglonema anda sudah memiliki tunas baru maka biarkanlah hingga tunas tersebut mimiliki setidaknya minimal 3 hingga 5 daun lebihbanyak jumlah daun akan membuat tanaman ini lebih baik namun 3 daun sudah sangat cukup untuk membuat tanaman ini bertahan hidup ketika anda melakukan pemisahan tunas. caranya adalah sebagai berikut : pertama angkatlah tanaman aglonema dari pot dan pisahkan tanah dari akar dengan sangat hati hati untuk mencegah akar rusak, namun jika sambungan tunas dapat terlihat anda bisa langsung memotong sambungan tunas tersebut dari induknya. langkah kedua adalah siapkan media tanam yang baru, untuk memindahklan tunas baru aglonema, pindahkan dengan hati-hati dan rawatlah di tempat yang teduh agar aglonema bisa berkembang dnegan baik. 

Perawatan

aglonema merupakan tanaman yang menyukai habiat yang teduh dan memiliki kelembaban yang stabil, jika terlalu banyak terkena sinar mataharri tanaman aglonema akan memiliki daun yang terlihat menguncup ke atas, namun jika kekurangan sinar matahari maka tanaman aglonema akan terlihat membusuk. namun ketika tanaman aglonema anda sehat maka daunnya akan lebar dan merekah. perwatan bunga aglonema ini cukup mudah. anda bisa menggunakan media berupa campuran tanah, skam, pupuk kandang, akar pakis dan pasir malang dengan komposisi yang tepat. 
yangperlu anda perhatikan bahwa keindahan tanaman aglonema ini terletak pada daunnya sehingga jika anda dapat membuat daunnya tetap mengkilap bersih dan indah maka tanaman aglonema anda akan selalu terlihat menyenangkan hati, cara perawatannya adalah cukup mudah, bagi penghobi skala kecil anda bisa mengusap daun aglonema dengan ampas kelapa sisa masakan dapur atau bisa juga mengusapnya dengan spons lembut sehingga daunnya tidak rusak, namun beberapa pecinta ektreme tanaman ini sering juga meggunakan susu, karna susu juga merupakan pupuk daun yang baik untuk tanaman aglonema. 

akantetapi kegiatan tersebut cukup merepotkan jika di lakukan oleh anda yang memiliki kesibukan yang cukup padat atau mengurusi aglonema dengan skala besar, olehkarena itu untuk menjaga daunnya tetp indah bisa anda lakukan dnegan  menyemprot daun aglonema dengan air secara rutin agar tidak berdebu dn delalu bersih, anda juga bisa melakukannya ketika menyiram tanaman aglonema ini.

dengan perawatan yang tepat tanaman aglonema ini dapat menjadi hiburan dan penyejuk hati di halaman anda.

nilai ekonomis

tanaman aglonema dari tahun ketahun masih selalu di minati oleh masyarakat, peminatnya tidak mudah lenyap atau sering di sebut musiman, pecinta tanaman aglonema ini bisa muncul dari berbagai kalangan dari lintas umur hingga lintas profesi yangberbeda mengingat tanaman ini sangat indah jika di plihara di dalam ruangan maupun di luar ruangan. tanaman aglonema dijual dengan harga yang stabil dari mulai belasan ribu hingga ratusan jutagantung keindahan dari daun dan jenis aglonema yang di jual,, untuk tanaman aglonema jenis daun merah biasanya lebih mahal karna memiliki daun yang lebi9h indah.bahkan harga beberapa jenis tanaman aglonema di jual dengan menghidtung berapa helai daun yang tumbuh, sangat menarik bukan, mengingat bahwa tanaman ini sangat mudah di budidayakan dan memiliki nilai  ekonomi yang cukup tinggi
jenis aglonema paling di gemari

ada beberapa jenis tanaman aglonema yang paling banyak di gemari karna keindahannya atau mungkin juga karna prestise harganya yang sangat mahal, beberapa jenis tanaman aglonema tersebut diantaranya adalah lady valentine yang bisa di bandrol dengan harga 162.000.000 rupiah di lazada. jenis lain yang juga cukup faforit misalnya aglonema kanza yang bisa di bandrol hingga jutaan rupiah, masih banyak lagi jenis aglonema yang banyak di minati oleh orang-orang dan memiliki harga yang cukup fantastis diantaranya adalah Red aglonema,aglonema harlequeen.aglonema dod anjani, aglonema jubileeaglonema lady falentine, aglonema allstar red, aglonema sumatra dan sebagainya.

Kamu juga bisa membaca artikel lain tentang tanaman hias dengan lengkap di www.ilmukebun.com

apapun jenis aglonema yang anda miliki rawatlah dengan baik dan penuh cinta, karna tanaman mengerti bagaimana caranya membalas budi, jika anda merawatnya dengan baik maka tanaman anda juga akan memberikan hasil yang sangat memuaskan, selamat berkebun dan mari kita buat lingkungan kita lebih hijau, sejuk dan indah.

0 Response to "Jenis Aglonema Termahal dan Cara Budidaya Tanaman Aglonema"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2