-->

Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !

Dunia tanaman hias di indonesia khusunya indor memiliki primadona baru dari gurun yaitu tanaman sukulen, nah dari perkembangan trend ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara merawat tanaman sukulen dan cara membudidayakannya dengan lengkap.
sukulen adalah  jenis tanaman yang memiliki cadangan air yang cukup banyak di batang maupun daunnya, biasanya tanaman sukulen merupakan tanaman gurun seperti sukulen mini dan kaktus, yang menarik adalah semua tanaman kaktus merupakan jenis sukulen, namun tidak semua sukulen berupa kaktus. dewasa ini, tanaman sukulen sangat di gemari oleh banyak orang di indonesia, oleh karena itu saya ingin berbagi bagaimana cara merawat tanamansekulen dengan benar dan membudidayakannnnya sendiri.

Panduan Lengkap Merawat Tanaman Sukulen (succulents) dan Cara Membudidayakannya.

Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !
tanaman sukulen/google

tumbuhan sukulen ini banyak di jadikan sebagai tanaman indor karna karakteristiknya yang tangguh, dan tidak banyak membutuhkan perawatan khusus, namun tanaman sekulen bukan berarti bisa di remehkan oleh anda, tanaman ini akan mudah di pelihara untuk yang mengerti bagaimana cara merawtnya, namun jika anda tidak terlalu memahami bagaimana menanam tanaman hias, jangan khawatir karna dalam artikel ini saya akan membagikan tips bagaimana merawat tanaman sukulen hingga cara membudidayakannya.

tanaman sukulen juga dikenal sebagai tanaman succulen melalui banyak literaturtanaman ini diartikan sebagai tanaman yang memiliki bagian yang menebal di salahsatu bagian tubuhnya (memiliki daging) yang berupa cadangan air ketika mengalami kekeringan, nah tanaman sekluen juga dianggap berbeda dengan tanaman kaktus loh, dari informasi yang di dapat di dekorrumah.com menyebutkan bawah tanaman sekulen merupakan penjenisan tanaman yang memiliki kelopak atau batang yang di gunakan sebagai cadangan air, sedangkan tanaman kaktus tidak memiliki  daun karna daunnya telah berubah menjadi duri untuk mengurangi penguapan, tapi menyuimpan cadangan airnya di dalam batang pohon kaktus, singkatnya, semua tanaman kaktus ini merupakan sekulen akantetapi tidak semua sekulen merupakan kaktus.

tanaman sekulen sendiri memiliki banyak jenis yang beraneka ragam bahkan bisa ratusan jenis loh, sekulen banyak di jual sebagai terarium, mulai dari tanaman mini yang kecil di dalam botol hingga yang berukuran sedang di dalam pot, banyak keunikan dari tanaman ini yang membuat para penghobinya jatuh cinta, selain kaarna dayatahan dan keindahannya, merawat sukulen juga harus dengan menggunakan perasaan, untuk kamu yang masih penasaran bagaimana cara merawat tanaman sukulen ini, silahkan simak di bawah ini.

cara merawat tanaman sukulen 


cara merawat tanaman sukulen itu sebenernya gampang, tapi juga harus di barengi dengan ilmu yang cukup, sebelum memutuskan untuk membeli tanaman, alangkah baiknya jika kita mempelajari karakteristik dan habitat asli tanaman tersebut, sukulen sendiri merupakan tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya yang cukup banyak, akan tetapi tanaan ini bisa tumbuh di dalam ruangan dengan beberapa pengecualian, seperti tingkat kelembaban dan intensitas cahaya yang memadai, misalnya saja di dekat jendela, jika salah perawatan tanaman sekulen ini bisa busuk atau keriput loh.

Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !
tanaman sukulen di alam


habitat tanaman sekulen ini biasanya tumbuh di wilayah yang kering, seperti gurun dan padang pasir, artinya kamu juga harus memahami, bahwa tanaman yang hidup di padang pasir biasanya akan memiliki cadangan air di bagian tubuhnya, dan tanaman ini tidak perlu terlalu sering di siram karna akan mengakibatkan kematian, sayang juga kan kalo mati, bukan tentang berapa harganya, tapi sesuatu bisa sangat berharrga jika di rawat dengan cinta. ceeeee.

jika anda memelihara tanaman ini di outdor usahakan untuk tidak sering terkena hujan, namu jika anda menggunakan media yang sangat cepat menyerap air, anda tidak perlu terlalu khawatir, tapi saran saya bagi kamu yang tinggal di daerah dingin yang sering hujan, lebih baik tidak mengambil resiko, masukan saja tanaman kamu saat musim hujan atau nisa menggunakan penutup dengan plastik.

pemilihan wadah/pot

memilih pot untuk tanaman sukulen tidak boleh di lakukan hanya dengan memandang unsur estetika atau keindahannya, namun juga harus memperhatikan fungsinya, pot untuk tanaman sukulen harus memiliki lubang di bagian bawah, akan lebih baik jika bagian bawah nya merupai jaring atau memiliki lebih dari satu lubang, karna seperti apa yang saya singgung di atas, tanaman ini tidak terlalu suka dengan lingkungan yang banyak air, jadi pot yang kamu gunakan harus sebisa mungkin bisa membuat air cepat mengalir keluar sehingga tanaman sukulen anda tidak mengalami kebusukan.

media tanam sekulen

selain memperhatikan pot untuk tanaman sukulen, kamu juga harus memperhatikanmedia yang di gunakan, kamu bisa melakukan percampuran antara sekam, pasir malang/atau pasir biasa, dan batu apung yang telah di hancurkan, bisa juga di campurkan dengan sedikit pupuk kandang. intinya, media yang kamu gunakan HARUSLAH media dengan tingkat penyerapan air yang tinggi dan cepat kembali kering, cepat ke bawah dan cepat menguap, karna tanaman sukulen ini mudah busuk dan habitat aslinya merupakan tanah gurun, jadi jangan terlalu memanjakan tanaman ini dengan sering-sering memandikannya, cukup satu kali seminggu menyiram tanah nya dan juga bisa dengan 2x seminggu jika anda meletakan tanaman anda di outdor, tapi perlu di perhatikan saat menyiram tanaman sukulen ini jangan terlalu basah, bisa dengan menyemprotnya atau menyiram secukupnya, pahami dengan baik tanaman anda dan rawatlah dengan hati-hati.

pencahayaan

sebetulnya, karna tanaman ini merupakan tanaman gurun, sekulen memerlukan 6 jam pencahayaan matahari, namun tidak berarti tanaman ini bisa di letakan di tempat panas tanpa perlindungan, dari pengalaman banyak penghobi sukulen, mereka mengatakan bahwa tempat yang baik untuk tanaman ini adalah di dalam gren house, atau dengan membuat atap transparan yang bisa melindungi tanaman ini dari hujan. selain itu tanaman sukulen masih bisa di tanam di dalam ruangan, dengan intensitas cahaya yang terang, juga dengan perawatan yang tepat, misalnya saja komposisi tanah dan penyiramannya, sesekali juga bisa di jemur di luar namun jangan terlalu panas, karna bisa membuat daun tanaman sukulen terbakar.

penyiraman

seperti telah banyak saya singgung di atas bahwa tanaman sekulen tidak perlu terlalu sering di siram, cukup di jaga tingkat kelembaban tanahnya saja, siram 1kali seminggu untuk tanaman di indor dan bisa 2x seminggu untuk tanaman outdor, tapi selalu di perhatikankebutuhan tanaman anda, karna bisa saja lingkungan akan berbeda, misalnya saja daerah pesisir yang panas akan membuat tanah menjadi cepat kering namun di daerah pegunungan yang basah, tanah akan lama kering dan rawan pembusukan batang sukulen anda.

pemupukan

tanaman kaktus dan sukulen ini merupakan tanaman gurun yang biasa hidup dengan lingkungan yang keras, selain terbiasa dengan air yang sedikit, mereka juga bisa hidup dengan unsur hara yang minim, jadi jangan terlalu sering melakukan pemupukan tanaman ini ya, kamu bisa memupuknya dengan pupuk kandang hingga urea, tapi beberapa penghobi melakukan teknik khusu agar sukulen mereka bisa berbunga.

perawatan lain

perawatan lain yang bisa kamu lakukan ketika merawat tanaman sekulen ini mislnya saja melakuakn penyemprotan ketika menyiram agar daun selal bersih dan tidak berdebu, selain itu anda harus mengecek apakah tanaman anda terserang jmur, bakteri atau sejenis nya atau tidak, kondisi tanahnya masih cukup baik atau tidak, semua ini bisa terlihat dan kesehatan tanaman anda, misalnya saja jika sukulen anda sedikit kriput menandakan bahwa tanaman anda mungkin kekurangan air, dan jika busuk berarti kebanyakan air, atau terserang jamur, langkah pengobatannya adahal, potong bagian sekulen yang busuk, jika belum merambat kesemua bagian tubuh, jangan melakukan peniraman terlebih dahulu dan ceklah pot anda, ada kemungkinan lubang pot tidak berfungsi dengan baik atau media tanah yang salah akan membuat air tergenang dan mengalami kebusukan.

harga tanaman sukulen.

harga tanaman sekulen sangat berfariasi, mulai dari 500 hingga ratusan ribu bahkan jutan, tergantung dengan jenis dan kondisi tanaman, bagi saya pribadi tanaman ini memiliki prospek bisnis yang cukup cerah dan bukan merupakan tanaman musiman, karna tanaman sukulen ini telah memiliki ruangannya sendiri di hati para peminat tanaman hias. malah sekarang ini banyakorang yang memasarkan tanaman sekulen mini sebagai cindramata pernikahan hingga acara penting lainnya.

cara menyambung tanaman sukulen kaktus

salahsatu jenis tanaman sekulen yang populer adalah kaktus mini, dan biasanya para pedagang dan pembudidaya memiliki teknik unik untuk memasarkan sukulen ini, mereka biasanya menyambungkan beberapa jenis kaktus yang berbeda menjadi satu, untuk menarik konsumen. biasanya kaktus dengan  model seperti ini lebih laku daripada kaktus biasa. namun bagaimana cara menyambungkannya ? nah begini caranya..

Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !
kaktus mini

pemilihan batang bawah


pilihlah batang bawah dari kaktus bintang atau jenis kaktus lainnya yang menurut anda cantik, anda bisa menggunakan pucuknya, hingga batangnya untuk melakukan penyambungan ini.

pemilihan batang atas

batang atas untuk kaktus mini biasanya menggunakan kaktus yang memiliki warna beraneka ragam, bisa merah, oranye, ungu hingga pink. pilih batang yang cukup besar untuk menyambung, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. potong dengan rata di bagian bawah batang.

cara menyambungkannya adalah terlebih dahulu batang bawah telah tumbuh akar/ bukan batang stek baru, potong bagian batang bawah agak meruncing namun bagian atas harus tetap datar untuk menempelkan batang atas, kemudian tempelkan batang atasu dan kencangkan dengan karet atau lakban, yang penting tidak goyang, dalam menempelkan batang ini pastikan menempel dengan benar karna jika tidak menempel batang atas akan mati, biarkan di tempat yang tidak terlalu panas selama beberapa minggu, setelah itu lepaskanlah karet pengikat batang tersebut. dan taraaaa, kaktus anda menempel dengan sempurna, anda bisa memotong durinya terlebih dahulu sebelum menempelkan batang tersebut.

cara budidaya tanaman sukulen

nah akhirnya kita sampai pada pembahasan untuk mencetak uang, setelah saya berbicara di atas panjang lebar hingga nilai ekonomis tanaman sukulen, selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana cara membudidayakan tanaman sukulen, membudidayakan tanaman sukulen itu ternyata gampang loh ada beberapa teknik budidaya yang bisa kamu lakukan, tapi sebelum itu, pastikan kamu memahami bagaimana cara merawat tanaman sekulen, mulai dari pemilihan pot, indukan hingga ruamh hidup tanaman ini, kuranglebih seperti artikel yang saya tulis di atas tadi.

Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !
budidaya sukulen dari daun

cara stek

tanam sukulen termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh, mereka bisa tumbuh dengan di stek atau dengan cara memotong batang dan menancapkannya ke media yang tepat, namun bukan berarti setelah di tancap bisa anda tinggal begitu saja, melainkan ada perawatan tertentu yang harus anda lakukan, misalnya saja dengan meletaknnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama beberapa waktu hingga akarnya muncul namun juga tidak boleh terlalu teduh, karna akan membuat tanaman ini menjadi busuk .

pemisahan anakan

pada umumnya beberapa jenis sukulen bisa memunculkan tunas baru atau anakan yang tumbuh di bawah tanaman induk, nah jika sukulen kamu sudah mengeluarkan tanaman anakan, maka langkah selanjutnya bisa kamu pisahkan dari sukulen dewasa tersebut untuk di perbanyak.

dari daun

cara pembudidayaan ini paling sering dilakukan karna sangat mudah dan efektif, kamu hanya perlu mengambil daun sukulen yang sudah tua, kemudian letakan di media tanam yang cocok, dan letakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama beberapa waktu, maka akan muncul akar dan tunas dari pangkal daun tersebut.

dari biji/benih

jika kamu mencari bibit atau benih sukulen, maka kamu akan menjumpai banyak sekali seller di internet yang menjual bibit tanaman sekulen ini, namun metode ini tidak saya rekomendasikan untuk kamu yang belum terlalu mengerti tanaman ini, lebih baik kamu membelinya yang sudah cukup sehat dan besar agar tanamn anda bisa berhasil tumbuh dengan baik dan menunjukan baktinya kepada anda.
mungkin anda juga ingin membaca : cara budidaya tanaman Bunga Mawar dengan mudah.

merawat sukulen yang hampir mati

pada beberapa kasus tanaman sekulen anda bisa saja mengalami layu atau busuk yang menyebabkan kemungkinan tanaman anda akan mati , tapi tidak perlu khawatir setelah membaca artikel ini semoga kamu tahu bagaimana cara penangannya yang tepat agar sukulen anda tetap sehat.

Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !
sukulen busuk

identifikasi penyebabnya

tindakan pertama jika sukulen anda kurang sehat adalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan tanaman sukulen anda tidak sehat, ini adalah langkah yang paling pentingsebelum mengambil tindakan selanjutnya.


jika daun kriput

penyebab daun kriput adalah kekurangan air, maka tambahlah penyiramannya.

jika daun busuk

ada kemungkinan daun busuk karna air tidak mengalir atau menggenang dalam polibag selain itu terlalu sering menyiram dapat menyebabkan masalah ini, disamping itu busuk pada sukulen juga bisa di sebabkan oleh jamur.


serangan jamur dan parasit lain

biasanya di tandai dengan pembusukan, atau adanya banyak binatang kecil yang menghuni sukulen anda.

penanganan yang bisa di lakukan adalah dengan cara mengetahui pasti apa yang menyebabkan sukulen anda mati.

nah itudia beberapa tips dari saya tentang bagaimana cara merawat tanaman sukulen dan cara membudidayakannya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tengtang tanaman sukulen, jangan lupa untuk selalu merawat tanaman sukulen anda dengan hati, agar suatu hari nanti tanaman anda dapat menunjukan baktinya. 

salam satu hobi.

0 Response to "Cara merawat Tanaman Sukulen Dan Membudidayakannya secara Lengkap !"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2